Perjanjian Kerja Bersama (PKB)

Hubungan kerja senantiasa terjadi di masyarakat, baik secara formal maupun informal, dan semakin intensif didalam masyarakat modern. Di dalam hubungan kerja memiliki potensi timbulnya perbedaan pendapat atau bahkan konflik. Untuk mencegah timbulnya akibat yang lebih buruk, maka perlu adanya pengaturan di dalam hubungan kerja ini.

Dalam prakteknya, persyaratan kerja diatur dalam bentuk perjanjian kerja yang sifatnya perorangan. Perjanjian kerja ini dibuat atas persetujuan pemberi kerja dan pekerja yang bersifat individual. Pengaturan persyaratan kerja yang bersifat kolektif dapat dalam bentuk Peraturan Perusahaan (PP) atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Perjanjian Kerja Bersama atau PKB sebelumnya dikenal juga dengan istilah KKB (Kesepakatan Kerja Bersama) / CLA (Collective Labour Agreement) adalah merupakan perjanjian yang berisikan sekumpulan syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban para pihak yang merupakan hasil perundingan antara Pengusaha, dalam hal ini diwakili oleh Managemen Perusahaan dan Pekerja yang dalam hal ini diwakili oleh Serikat Pekerja, serta tercatat pada instansi yang bertanggung jawab dibidang ketenagakerjaan. Hal ini juga tertuang dalam Pasal 1 UU No.13 tahun 2003 Point 21.

PKB dibuat dengan melalui perundingan antara managemen dan serikat pekerja / serikat buruh. Kesemua itu untuk menjamin adanya kepastian dan perlindungan di dalam hubungan kerja, sehingga dapat tercipta ketenangan kerja dan berusaha. Lebih dari itu, dengan partisipasi ini juga merupakan cara untuk bersama-sama memperkirakan dan menetapkan nasib perusahaan untuk masa depan.

PKB di PT Gunung Madu Plantations yang berlaku saat ini adalah merupakan PKB periode ke 10 yang berlaku untuk tahun 2006-2007, terdaftar pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Tengah dengan Nomor Kep.568/25/D.6/2006. PKB saat ini berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2007. Masa berlakunya PKB paling lama 2 (dua) tahun dan dapat diperpanjang masa berlakunya paling lama 1 (satu) tahun berdasarkan kesepakatan tertulis antara pengusaha dengan serikat pekerja.

PKB juga merupakan suatu instrumen yang digunakan untuk untuk menjalankan hubungan industrial, dimana sarana yang lain adalah serikat pekerja, organisasi pengusaha, lembaga kerjasama bipartit, lembaga kerjasama tripartit, peraturan perusahaan, peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan, lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

PKB dibuat oleh serikat pekerja yang telah tercatat pada instansi yang bertanggung jawab dibidang ketenagakerjaan dengan pengusaha atau beberapa pengusaha. Penyusunan perjanjian kerja bersama dilaksanakan secara musyawarah, dibuat secara tertulis dengan huruf latin dan menggunakan bahasa Indonesia.

Perundingan pembuatan PKB berikutnya dapat dimulai paling cepat 3 (tiga) bulan sebelum berakhirnya PKB yang sedang berlaku. Dalam hal perundingan tidak mencapai kesepakatan, maka PKB yang sedang berlaku tetap berlaku untuk paling lama 1 (satu) tahun.

Dalam PKB, sedikitnya memuat tentang hak dan kewajiban pengusaha, hak dan kewajiban serikat pekerja serta pekerja, jangka waktu dan tanggal mulai berlakunya perjanjian kerja bersama dan tandatangan para pihak pembuat perjanjian kerja bersama.

Pelaksanaan PKB adalah wujud nyata usaha kita dalam mencapai hubungan industrial yang baik di PT Gunung Madu Plantations. Tentunya hal ini adalah merupakan tanggungjawab kita bersama. Setiap individu harus dapat memahami isi PKB tersebut. Dan apabila ada pertanyaan seputar ketentuan dalam PKB dapat ditanyakan langsung kepada Personalia, atau dapat melalui surat yang akan dibahas dalam rubrik ini.

Sumber :
•Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan
•Suwarto. 2006. Hubungan Industrial Dalam Praktek. Penerbit Asosiasi Hubungan Industrial Indonesia, Jakarta.
•PKB tahun 2006 – 2007 antara PT Gunung Madu Plantations (PT GMP) dengan Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Seluruh Indonesia PT Gunung Madu Plantations (PUK SPSI PT GMP)

-Created by. Asti SP-
untuk dimuat di tabloid TAWON PT Gunung Madu Plantations

About these ads

21 thoughts on “Perjanjian Kerja Bersama (PKB)

  1. >>mas rayyan,,

    iya,, tabloid tawon,, itu tabloid khusus untuk komunitas PT GMP,, rencananya akuw sama tmen2 dari divisiku,, (Human Resources & General Services) mau bikin rubrik konsultasi tentang seputaran HRGS,, nah itu tulisan awalnya,,bagaimana??? bagus ga?? kalo ada yang kurang kasih tau dunkkk,, thanks,,

  2. Koran tawon bagus,cuma isinya gak bisa dibuka di internet,kan koran tawon yang baca bukan orang tuanya saja yang bekerja di PT.GMP,anak karyawannya pun ingin tau perkembangan apa terjadi Lingkungan PT.GMP,spt anak GM yang kuliah di pulau jawa gitu lho.jadi publikasikan dong,spt koran2 yang ada diluar GM lewat internet (Kan sudah ada Internet (Spt diiklan TV)),meskipun hanya untuk kalangan PT.GMP.upsss!!! tanya punya tanya?orang PT.BMM boleh ikut ningbrung kagak?Alun – alun Udanne Deres,Matur Suwun Gusti Allah Sing Bales.

  3. trus, secara jelasnya apa aja yang dirundingkan.
    keliatannya biasa aja yah, gimana soal outsourcing yang meraja rela, skala upah yang gak dimiliki oleh mayoritas perusahaan di Indonesia??

  4. emank sama yah
    perjanjian kerja bersama dengan kesepakatan kerja bersama?
    trus kalo collective bargaining gimana tuh mbak bisa dikategorikan juga gak dalam perjanjian kerja bersama.
    thanks

    ratutebu: sebelum presidennya pak gusdur.. namanya KKB, tapi setelah beliau menjabat diganti jadi PKB.. hehehehe.. ntah bener atau hanya guyonan diantara praktisi HR sajah.. jaman dulu sebelum KKB, dikenal juga dengan nama CLA (collective labor agreement) jadi mungkin sama sajah dengan collective bargaining.. asal bargain nya antara pekerja dan pengusaha loh.. soalnya kalo cuma disebut collective ajah kan bisa siapa ajah yang melakukan bargain.. tull ga??

  5. Sekiranya pihak instansi ketenagakerjaan di kab/kota harus sigap menangani masalah buruh/proletar yg selalu diperbudak oleh kapitalis kapitalis indonesia Ingat hidup cuma sekaali saudaraku yang akan diper tanggung jawabkan pada TUhan YME

  6. Kami adalah buruh PT juishin indonesia yg tergabung pada SBSI 1992.usia PK kami sekarang genap satu tahun diperjalanan kami utk mewujudkan serikat tidak mudah.intimidasi. Mutasi s/d terjadinya 8 pengurus Ter PHK namun kami tetap bert ahan sampai sekarang

  7. Kami sudah ajukan surat permohonan PKB keperusa haan namun belum dapat ja waban s/d sekarang . Dgn tidak ada jawaban apakah mesti DEMO senjata yang ampuh utk wujudkan PKB diperusahaan go internasio nal .buruh adalah pilar negara buruh

  8. Customers love that one of a kind item, for themselves or to purchase for a gift.
    Everybody’s been to a home party at one time or another and bought items that can’t be found in stores.
    Almost every city and town has its own craft and art fairs.

  9. Beginning a business you love is not as difficult to do
    as it may seem. An alternative way of making money online is by joining various programs and promoting their products and getting checks from them.
    It isn’t necessary a scam that has hit them but more not putting the
    effort in to achieve, thus calling it a scam later to save face.

  10. This principle essentially implies that an organization must
    apply only such pricing to all its divisions and subsidiaries as it
    would apply to an unrelated party. So far as business is concerned, each capitalist and enterprise proprietors in the trade has just one
    purpose: to build up as many clients as possible. We must abide by these
    clear-cut ticklers to ensure that we can easily select the right 1:
    – Ask somebody from your market or profession.

  11. The Lockitron attaches to the deadbolt of your door and will recognize
    your Smartphone when you get home for a hands-free
    unlocking mechanism. The smartphone landscape is ever changing, and 2012 has seen
    the birth of some super phones that have taken the world by
    storm. It is important very important to practically test a Smartphone before
    you buy it because this helps you to see if the features
    advertised are present and if they work as promised.

  12. Fathers Day is just around the corner and this little craft make the perfect gift for dad on his special day of the year.
    ‘Of course she is bluffing, but I really don’t care what she does
    and says,’ Cive said of Hyatt’s guarantee of a knockout finish.

    That way you can move on to other projects and not get hung up in the binding process.

  13. These angry birds are shot from a slingshot with the aim of targeting and destroying bad green
    pigs that have earlier taken the eggs. That is a ways off and only time will tell if this hot property will continue to be popular by the release date.

    Angry Birds for Android phone version is not different from i –
    Phone one.

  14. Weigh yourself on the Maintenance New Scale, a nearly foolproof
    way to predict the scale of tomorrow (Explanation contained
    in The Thin Commandments Diet). Think of it as a life line
    in your day to day activities. Many people continue
    eating the offending foods without realizing that it could slow
    and even prevent weight loss.

  15. A third way to save time when you are grocery shopping is to make sure you do not stop to talk to anyone and do not make any calls on your cell phone.
    Although fuel prices have recently declined from
    unprecedented highs this past autumn, it is unlikely that the
    new frugality stimulated by the necessity to cut back on driving will
    soon go away. Part two guides you from aisle to aisle showing you why you should make wise choices for health’s sake.

  16. They need it to remain healthy, they use it to bathe and become clean, they watch it in the news (which might feature water as
    either the source of life or death), and it inevitably makes an impact no matter where you go.
    The true lover is the man who can thrill you through kissing your forehead or smiling into your eyes or just
    looking into space. “If we could first know where we are, and whither we are tending, we could then better judge what to do, and how to do it.

  17. You might want to contact these clients yourself discreetly
    so you can inquire into their Organic Search Engine Optimization
    experience with that SEO player. It will take longer to get
    lots of links but everyone will count and Google will not penalize your site.
    A single product can be mapped onto multiple categories and this is great because often certain
    products tend to fall under 2 or more categories.

  18. Once Robin transforms Bottom’s head into one of an ass and enchants the fairy queen with the love potion, Titania praises the weaver’s supposed beauty with
    tremendous passion and refers to his braying as the song of an angel.
    Turkey has become a popular destination for yacht charters.
    They will also work with you in planning a workable financial plan.

  19. Yes, let’s put together your total refund when you display signs of the Nets.
    Everyone knows that airplane meals are not familiar with today’s most effective ‘walking aids and walking frames for the originals.
    Villa Costa Blanca however they receive you off to IMDB to see posters of well-known
    bullfights, paintings of bullfighters, plus even
    bulls heads.

  20. Today, I went to the beachfront with my kids.
    I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter
    and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She
    placed the shell to her ear and screamed. There was a hermit
    crab inside andd it pinched her ear. She never wants to go back!
    LoL I know this is totalky off topic but I had tto tell someone!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s