Contoh : Surat Kuasa

SURAT KUASA

Yang bertandatangan dibawah ini, saya :
Nama         : Calak bin Apes.
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat      : Jalan Arif Rahman Hakim No.38 Sukarame, Bandar Lampung.

Dengan ini memberikan kuasa kepada :
Asti Sri Purniyati, S.H., Advokat, berkantor di Jalan Kamboja No.3 Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung;

——————————————– K H U S U S ——————————————–

Untuk dan atas nama pemberi kuasa mewakili sebagai penggugat, mengajukan gugatan terhadap Datuk Rang Kayo bin Cekak di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, mengenai WANPRESTASI;

Untuk itu yang diberi kuasa dikuasakan untuk menghadap dan menghadiri semua persidangan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, menghadap instansi-instansi, jawatan-jawatan, hakim-hakim, pejabat-pejabat, menerima, mengajukan kesimpulan-kesimpulan, meminta sitaan (sita jaminan/sita revindicatoir), mengajukan atau menolak saksi-saksi, menerima atau menolak keterangan saksi-saksi, menerima atau menolak keterangan saksi-saksi, meminta atau memberikan segala keterangan yang diperlukan, dapat mengadakan perdamaian dengan syarat-syarat yang dianggap baik oleh yang diberi kuasa, menerima uang pembayaran dan memberikan kwitansi tanda penerimaan uangnya, meminta penetapan-penetapan, putusan, pelaksanaan putusan (eksekusi), melakukan peneguran-peneguran, dapat mengambil segala tindakan yang penting, perlu dan berguna sehubungan dengan menjalankan perkara, serta dapat mengerjakan segala sesuatu pekerjaan yang umumnya dapat dikerjakan oleh seorang kuasa/wakil guna kepentingan tersebut diatas, juga untuk mengajukan permohonan banding dan kasasi.

Kuasa ini diberikan dengan hak retensi serta dengan hak untuk melimpahkan (substitusi) baik sebagian maupun seluruhnya yang dikuasakan ini pada orang lain.

Bandar Lampung, 05 September 2007
  Pemberi Kuasa,

  dto
  (Calak bin Apes)

About these ads

29 thoughts on “Contoh : Surat Kuasa

  1. ass. mba sy mo nanya isi dr surat kuasa banding tu sma nggak ma srt kuasa mendampingi di pegadilan..???

    ratutebu: lihat dulu surat kuasa pendampingannya,, sudahkah disebutkan bahwa kuasa khususnya termasuk juga untuk pengajuan banding??

  2. Yth. Mbak Yang Baek Hati.
    di Tempat.

    Perkenalkan nama saya Drs. Zul Arif seorang PNS di Pemerintah Kota Batam, saat ini saya menghadapi sebuah masalah. Ada salah satu warga yang telah menggarap kebun seluas 7 Ha sejak tahun 1968, secara sepihak Otorita Batam mengalokasikan lahan beliau kepada pihak ketiga tanpa penyelesaian ganti rugi terlebih dahulu.
    Berbagai upaya telah dilakukan namun belum ada penyelesaian.
    Saya menerima Surat Kuasa mengurus permasalahan tsb. Pihak yang mendapatkan alokasi lahan dari Otorita tidak puas dan melaporkan saya kepada Walikota Batam sebagai PNS yang bertindak sewenang-wenang.
    Yang menjadi pertanyaan adalah ketika saya menerima kuasa secara pribadi menolong masyarakat yang ditindas dan dianiaya oleh pengusaha kaya yang dibekingi oleh pejabat, oknum anggota DPRD dan oknum polri, apakah sebagai PNS saya telah melanggar PP 30 Tahun 1980 ?
    Saya sudah membuat klarifikasi, namun nuansa intervensi oknum sangat kuat.

    Mhn sumbang saran, terima kasih atas bantuannya.

    Hormat Saya
    Drs. Zul Arif
    Perum Cendana Blok. C.4 No. 27
    Batam Centre – Batam
    Telp. 0778 – 7042009
    Hp. 0811 – 7001777
    email : joe_iip33@yahoo.com

  3. Dear Friends,

    terimakasih atas kunjungannya ke halaman ini, mohon maaf bila harus menunggu beberapa waktu sampai dengan mendapat balasan atas pertanyaan Bapak/Ibu/Sdr/i.

    sekali lagi terimakasih, mohon bersabar ya.. ^^

  4. Assalamualaikum … mau ikutan yah… mau kasih pendapat buat didiskusiin ke asti, kalau menurut saya selama bapak zul arif tidak melanggar ketentuan PP no 30 tahun 1980 tersebut khususnya BAB II tentang kewajiban dan larangan, pasal 2 dan 3, tidak akan ada masalah yang signifikan namun selama surat kuasa tersebut tidak dikuasakan kepada bapak dengan kapasitas bapak sebagai PNS (yang mungkin dalam hal ini bapak dapat menggunakan wewenang bapak untuk memperlancar segala sesuatunya )tidak akan ada masalah, buat jelasnya bapak bisa baca PP tersebut.

  5. To. Ratu Tebu & Mbak Yuan
    di tempat

    Tq, atas masukannya.

    Saat ini persoalan tsb udah di sampai di walikota.
    aneh bin ajaib Badan Kepegawaian membuat Nota Dinas berdasarkan tembusan surat pengaduan, dan meminta tandatangan Walikota untuk Surat Perintah memeriksa saya.
    Sementara itu disposisi Walikota adalah : “Sdr. Zul Arif beri penjelasan secara tertulis”.
    Patut diduga intervensi Oknum DPRD sangat kuat dalam kasus ini.
    Insya Allah saya siap di periksa, karena apa yang saya lakukan adalah keprihatinan saya terhadap sebuah keluarga miskin yang dizholimi, diinjak-injak harkat dan martabatnya.
    kapan Pemerintah di republik ini bisa berubah, akan menjadi pelayan masyarakat kah atau menjadi pelayan pengusaha ???

  6. alo om dan tante sekalian. saya mo nanya neh. ada ga perbedaan mendetail mengenai “surat kuasa” dan “surat kuasa khusus”. mengenai contoh surat kuasa yang di posting tante… tante asti yah namanya?? itu untuk nama pemberi kuasa harus berderat nama:.., pekerjaan:..; atau bisa juga dibuat jadi satu alinea saja sambung smua. o iya tante untuk pihak2 yang disebutkan dalam surat perlu tandatangan atau tidak.. sekian dari saya thanx

    ratutebu: surat kuasa kan yang penting ada pihak2 nya, yang mau menguasakan, dan yang mau nerima kuasa, trus mau nerima kuasa.. ada hal yang dikuasakan, dan hal tersebut tidak bertentangan dengan hukum.. apa lagi yaaa?? ada pulpen, ma kertas buat nulis.. *sukur2 kalo ada kompi, trus ditandatangani diatas matrai.. udah deh.. soal format si bisa gimana ajah.. ssemoga membantu yaaa.. ^^

  7. kalo surat kuasa khusus dalam perkara TUN itu sama Dengan Surat Kuasa Diatas Gak mba?

    ratutebu: kalo surat kuasa kan tinggal nyebutin ajah untuk menguasakan apa.. ^^

  8. boleh nanya nih kalu buat surat kuasa untuk menagih hutang bagaimana caranya?
    maksudnya saya memberi kuas ke A untuk menagih hutang B.

    ratutebu: kira-kira sama kya gini juga kok.. :)

  9. langkah awal yang harus dilakukan dalam pembuatan surat kuasa,,gmn?

    ratutebu: ada pihak-pihaknya.. ada pulpen, kertas dan materai.. hehehehe :mrgreen:

  10. Maaf yah mbak mau nanya dikit nih kok dalam surat kuasa tersebut di atas yang mbak contohkan ada kata “juga untuk mengajukan permohonan banding dan kasasi” kayaknya gak bisa gitu deh mbak, surat kuasa itu kan harus khusus. jadi gak bisa di gabung dengan surat kuasa banding atau kasasi, karena surat kuasa banding dan kasasi di buat sendiri dengan mengkhususkan padabanding atau kasasi

    maaf sebelumnya saya cuma ingin tuker pendapat aja

    ratutebu: ok, terimakasih yaaa.. *mudah2an pada baca ampe ke komentar.. ga cuma di copas ajah.. :)

  11. ass .
    mw tanya boleh ?
    bedanya surat kuasa umun dg surat kuasa khusus apa ya mbak ?

    thx b4

    ratutebu: surat kuasa umum??? *bengong* ada juga surat kuasa khusus, karena surat kuasa itu dikhususkan untuk melakukan suatu hal khusus.. begonoh..

  12. misi mbak Ada gak contoh surat kuasa yang lain ya ?????

    ratutebu: ada banyak.. inih salah satu contohnyah.. sudah memenuhi standar kok..

  13. Dengan hormat,

    Saya minta tolong dikirim ke email saya, contoh Surat Kuasa Mutlak/Khusus atau apapun namanya yang intinya bahwa Surat Kuasa dimaksud adalah untuk memberi Kuasa sepenuhnya untuk Menjual Sebidang Tanah darin Pemilik ke Penerima Kuasa tsb, seperti Menentukan Harga Jual sampai proses negosiasinya, menerima uang hasil penjualannya, dll, pd pokoknya kuasa mutlak sebagai layaknya pemilik.

  14. Ass. Saya mohon petinjuk , bagai mana caranya kalau mau beli lahan kebun tapi surat lahan kebun itu belum ada, apakah pembelian dan surat suratnya masih melalui PPAT atau cukup bawah tangan dulu dikeathui Kepala Desa baru di daftarkan ke PPAD, mohon petunjuk dan tolong kirimkan ke emaiul saya Trim

  15. Masyarakat khususnya di Pedesaan punya ban yak lahan tapi belum di daftarkan ke Badan Pertanahan atau belum ada surat suratnya sama sekali mohon sosialisasikan ke Desa desa Khususnya desa terpencil dan m ohon dikasihkan petunjuk atau buku pedoman tentang hak milik tanah, karena masyarakat menganggap karena sudah ada tanda tanamannya sudah menjadi hak milik sepenuhnya tapi surat suratnya tidak ada sama sekali ahirnya akan merugikan negara sebagai pendapatan pajak dan merugikan masyarakat sendiri tanahnya sering diserobot oleh orang orang yang berdasi. trim

  16. situs ini sangat menarik,betul kuasa mutlak tdk dibolehkan tapi masih rancu nih apa beda kuasa mutlak dan kuasa pada umumnya……?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s