RPP Pesangon & Kompensasi PHK

RANCANGAN PERATURAN PEMERINTAH
  REPUBLIK INDONESIA

NOMOR … TAHUN …

TENTANG

PROGRAM JAMINAN KOMPENSASI PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang :
a. bahwa dalam rangka meningkatkan perlindungan
  pekerja/buruh yang diputus hubungan kerjanya, perlu adanya
  program yang menjamin dipenuhinya hak-hak pekerja/buruh
  melalui penghimpunan dana cadangan;

b. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud
  dalam huruf a dan sebagai pelaksanaan ketentuan Pasal 6
  ayat (2) Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang
  Jaminan Sosial Tenaga Kerja, perlu menetapkan Program
  Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja dengan
  Peraturan Pemerintah;

Mengingat :
1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik
  Indonesia Tahun 1945;

2. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha
  Perasuransian (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun
  1992 Nomor 13, Tambahan Lembaran Negara Republik
  Indonesia Nomor 3467);

3. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial
  Tenaga Kerja (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1992
  Nomor 14, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia
  Nomor 3468);

4. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun
  (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1992 Nomor 37,
  Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3477);

5. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang
  Ketenagakerjaan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun
  2003 Nomor 39, Tambahan Lembaran Negara Republik
  Indonesia Nomor 4279);

MEMUTUSKAN :

Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PROGRAM JAMINAN KOMPENSASI PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA.

BAB I
KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan :

1. Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja adalah program yang memberikan jaminan perlindungan terhadap hak pekerja/buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja.

2. Pengusaha adalah :

a. orang perseorangan, persekutuan atau badan hukum yang menjalankan suatu perusahaan milik sendiri;
b. orang perseorangan, persekutuan atau badan hukum yang secara berdiri sendiri menjalankan perusahaan bukan miliknya;
c. orang perseorangan, persekutuan atau badan hukum yang berada di Indonesia mewakili perusahaan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b yang berkedudukan di luar wilayah Indonesia.

3. Perusahaan adalah :

a. setiap bentuk badan usaha yang berbadan hukum atau tidak, milik orang perseorangan, milik persekutuan, atau milik badan hukum, baik milik swasta maupun milik negara yang mempekerjakan pekerja/buruh dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain;
b. usaha-usaha sosial dan usaha-usaha lain yang mempunyai pengurus dan memperkerjakan orang lain dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.

4. Pekerja/buruh adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain.

5. Penyelenggara Program adalah lembaga yang mengelola dana cadangan jaminan kompensasi pemutusan hubungan kerja.

6. Dana Cadangan Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja atau yang selanjutnya disebut Dana Cadangan adalah akumulasi dana yang dipupuk secara teratur oleh perusahaan yang pengelolaannya dilakukan secara terpisah dari kekayaan pengusaha atau perusahaan untuk memenuhi sebagian atau seluruh kewajiban pengusaha untuk membayar uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak kepada pekerja/buruh yang timbul akibat putusnya hubungan kerja berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

7. Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) adalah penghasilan tidak kena pajak untuk diri Wajib Pajak orang pribadi sebulan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan peraturan perundangan-undangan di bidang perpajakan.

8. Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan.

BAB II
PROGRAM JAMINAN KOMPENSASI PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA

Pasal 2

(1) Untuk menjamin kepastian pembayaran hak-hak pekerja/buruh atas uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak sebagaimana dimaksud Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, dibentuk Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja.

(2) Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan pengembangan program jaminan sosial tenaga kerja sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

(3) Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja diselenggarakan dengan metode Pemupukan Dana Cadangan.

(4) Penyelenggaraan Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja karena meninggal dunia, sakit berkepanjangan, atau cacat akibat kecelakaan kerja dapat dilakukan melalui asuransi.

Pasal 3

(1) Pengusaha wajib mengikuti Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja melalui metode Pemupukan Dana Cadangan.

(2) Pengelolaan Dana Cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh penyelenggara program yang terdiri dari :
a. PT Jamsostek (Persero);
b. Perusahaan asuransi jiwa; atau
c. Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

(3) Pengelolaan Dana Cadangan oleh perusahaan asuransi jiwa dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b dan huruf c, hanya dapat dilakukan apabila memberikan manfaat/jaminan yang lebih baik daripada yang dilaksanakan oleh PT Jamsostek (Persero).

(4) Untuk mengikuti Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pengusaha wajib mendaftarkan diri dan membayar iuran Dana Cadangan kepada penyelenggara program.

(5) Iuran Dana Cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya perusahaan untuk kepentingan perpajakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai Penyelenggara Program, mekanisme pendaftaran, pembayaran iuran Dana Cadangan dan pembayaran manfaat/jaminan diatur dengan Peraturan Menteri.

Pasal 4

Pembayaran jaminan kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja dilakukan setelah terdapat :
a. kesepakatan yang dituangkan dalam Perjanjian Bersama antara pengusaha dengan pekerja/buruh yang telah didaftarkan pada Pengadilan Hubungan Industrial;
b. putusan Pengadilan Hubungan Industrial yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap;
c. keputusan pengusaha bagi Pemutusan Hubungan Kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 160 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan; atau
d. putusan Pengadilan Niaga, bagi Pemutusan Hubungan Kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 165 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

BAB III
DANA CADANGAN

Pasal 5

(1) Dana cadangan merupakan pemupukan dana yang berasal dari iuran dan hasil pengembangannya.

(2) Pengusaha melakukan pembayaran iuran Dana Cadangan terdiri dari iuran beban kewajiban masa kerja lalu dan iuran masa kerja yang akan datang kepada penyelenggara program yang besarnya berdasarkan perhitungan aktuaria.

Usulan ayat (2)
Pengusaha melakukan pembayaran iuran Dana Cadangan kepada penyelenggara program, terdiri dari :
a. iuran beban kewajiban masa kerja lalu berdasarkan perhitungan aktuaria; dan
b. iuran masa kerja yang akan datang.

(3) Pembiayaan iuran beban kewajiban masa kerja lalu sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dapat dilakukan secara sekaligus atau bertahap sesuai dengan perjanjian tertulis antara pengusaha dengan penyelenggara program yang sekurang-kurangnya memuat :
a. masa angsuran maksimal rata-rata masa kerja yang tersisa; dan
b. nilai nominal atau nilai tunai pembayaran angsuran.

(4) Pembiayaan/besarnya iuran beban kewajiban masa kerja yang akan datang sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b sebesar 3% (tiga persen) dari upah sebulan dengan ketentuan paling tinggi 5 (lima) kali Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP).

(5) Perubahan besaran iuran sebagaimana dimaksud pada ayat (4) diatur lebih lanjut dengan Peraturan Menteri.

(6) Dalam hal perusahaan mengasuransikan peristiwa Pemutusan Hubungan Kerja karena meninggal dunia, sakit berkepanjangan, atau cacat akibat kecelakaan kerja, maka premi asuransi dapat diperhitungkan dengan iuran sebagaimana dimaksud pada ayat (4).

(7) Ketentuan lebih lanjut mengenai iuran beban kewajiban masa kerja lalu dan masa kerja yang akan datang sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) diatur dengan Peraturan Menteri.

Pasal 6

(1) Penyelenggara program berhak mendapat biaya pengelolaan Dana Cadangan.

(2) Penyelenggara Program wajib melaksanakan pendidikan dan pelatihan dalam rangka pengembangan dan pembinaan penyelenggaraan Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja.

(3) Biaya pengelolaan dana cadangan dan Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diatur lebih lanjut dengan Peraturan Menteri.

Pasal 7

(1) Perusahaan dapat memindahkan Dana Cadangan dari suatu penyelenggara program kepada penyelenggara program lainnya dengan memberitahukan kepada penyelenggara program semula paling lambat 3 (tiga) bulan atau 90 (sembilan puluh) hari kalender sebelum pelaksanaan pemindahan.

(2) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pemindahan Dana Cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Menteri.

Pasal 8

(1) Dalam hal terjadi Pemutusan Hubungan Kerja, pekerja/buruh berhak atas uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak, sesuai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

(2) Penyelenggara program wajib membayar kepada pekerja/buruh dari Dana Cadangan dalam hal terjadi Pemutusan Hubungan Kerja akibat peristiwa sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang didasarkan atas upah sebulan pekerja/buruh dengan ketentuan paling tinggi 5 (lima) kali Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP).

(3) Pengusaha wajib membayar selisih antara hak pekerja/buruh berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan atau Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, Perjanjian Kerja Bersama dengan jumlah yang dibayar oleh penyelenggara program sebagaimana dimaksud pada ayat (2).

Pasal 9

(1) Hak pekerja/buruh yang timbul dari program pensiun sebagaimana dimaksud pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun dapat diperhitungkan dengan manfaat Dana Cadangan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah ini.

(2) Dalam hal manfaat dari program pensiun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) lebih kecil nilainya dibandingkan manfaat Dana Cadangan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah ini, maka untuk memenuhi kekurangannya pengusaha wajib mengikuti Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja.

Pasal 10

(1) Dalam hal penyelenggara program adalah Dana Pensiun Lembaga Keuangan, hak pekerja/buruh dibayarkan secara sekaligus pada saat pekerja/buruh yang bersangkutan diputus hubungan kerjanya.

(2) Pembayaran hak pekerja/buruh secara sekaligus sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur lebih lanjut oleh Menteri Keuangan.

BAB IV
INVESTASI

Pasal 11

(1) Penyelenggara program wajib melaksanakan pengelolaan Dana Cadangan secara baik dengan prinsip kehati-hatian.

(2) Dana Cadangan dan hasil pengembangannya harus dicatat secara terpisah dari kekayaan penyelenggara program yang diselenggarakan oleh penyelenggara program yang bersangkutan.

(3) Dalam menerapkan prinsip kehati-hatian sebagaimana dimaksud pada ayat (1), penyelenggara program melakukan kegiatan investasi Dana Cadangan pada jenis-jenis sebagai berikut :
a. surat berharga yang diterbitkan oleh Negara Republik Indonesia;
b. Sertifikat Bank Indonesia;
c. deposito pada Bank Umum;
d. obligasi yang diterbitkan oleh Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Swasta yang berperingkat tertinggi melalui pasar modal dalam negeri;
e. saham yang diperdagangkan di Bursa Efek melalui pasar modal dalam negeri; atau
f. reksa dana.

(4) Pajak atas hasil pengembangan Dana Cadangan diperlakukan sama dengan hasil pengembangan program Jaminan Hari Tua program Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

(5) Ketentuan mengenai investasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan.

Pasal 12

Dana Cadangan tidak dapat dipinjamkan atau diinvestasikan kepada badan usaha dan/atau perorangan yang terafiliasi dengan komisaris, direksi, jabatan 1 (satu) tingkat di bawah direksi Penyelenggara Program, dan hubungan keluarga sampai dengan derajat kedua menurut garis lurus maupun garis samping termasuk menantu dan ipar.

BAB V
PELAPORAN

Pasal 13

(1) Penyelenggara program wajib membuat dan menyampaikan laporan secara berkala tentang pengelolaan Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja kepada Perusahaan Peserta Program dan Menteri.

(2) Ketentuan lebih lanjut mengenai bentuk dan tata cara pelaporan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Menteri.

BAB VI
PEMBINAAN DAN PENGAWASAN

Pasal 14

(1) Pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja dilakukan oleh Menteri.

(2) Dalam rangka pembinaan Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Menteri dapat mengikutsertakan organisasi pengusaha, serikat pekerja/serikat buruh dan pihak terkait.

(3) Pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Pemerintah ini dilakukan oleh Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan.

BAB VII
SANKSI

Pasal 15

(1) Pengusaha yang melanggar ketentuan Pasal 3 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan Pemerintah ini dikenakan sanksi administratif.

(2) Pengenaan sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa :
a. teguran lisan;
b. teguran tertulis;
c. pemberhentian sementara kegiatan usaha; atau
d. pembatalan dan/atau pencabutan ijin usaha.

(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai pengenaan sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur dengan Peraturan Menteri.

BAB VIII
KETENTUAN PENUTUP

Pasal 16

Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku setelah 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal pengundangan.

Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Pemerintah ini dengan penempatannya dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.

Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

DR. H.SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Diundangkan di Jakarta
pada tanggal

MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
  REPUBLIK INDONESIA,

ANDI MATTALATTA

LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR … TAHUN …

PENJELASAN

ATAS

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA

NOMOR … TAHUN …

TENTANG

PROGRAM JAMINAN KOMPENSASI PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA

I. UMUM
Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, pekerja/buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja pada dasarnya memiliki hak-hak atas uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima dalam hal memenuhi syarat-syarat yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tersebut. Namun demikian walaupun secara normatif hak-hak pekerja/buruh tersebut telah dijamin oleh Undang-Undang tetapi berhubung belum adanya kewajiban pengusaha mencadangkan dana secara dini untuk memenuhi kewajibannya membayar kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja apabila terjadi Pemutusan Hubungan Kerja terhadap pekerja/buruhnya, maka dalam banyak kasus Pemutusan Hubungan Kerjape pekerja/buruh tidak mendapatkan haknya atas uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima. Kondisi semacam ini sangat tidak memberikan kepastian atas hak-hak para pekerja/buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja. Oleh karena itu diperlukan Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja untuk menjamin tersedianya dana guna membayar hak-hak pekerja/buruh pada saat terjadi Pemutusan Hubungan Kerja.

Berdasarkan Pasal 6 ayat (2) Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja dimungkinkan adanya pengembangan program jaminan sosial tenaga kerja melalui Peraturan Pemerintah disamping program jaminan yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992. Oleh karena itu, untuk lebih menjamin tersedianya dana guna membayar kewajiban pengusaha terhadap pekerja/buruh pada saat terjadi Pemutusan Hubungan Kerja, pengusaha wajib mengikutkan tenaga kerjanya dalam Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja.

Dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah ini, diharapkan pengusaha lebih siap pada saat terjadi Pemutusan Hubungan Kerja karena telah tersedia dana yang menjamin hak-hak pekerja/buruh untuk memperoleh uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

II. PASAL DEMI PASAL.

Pasal 1
Cukup jelas.

Pasal 2
Ayat (1)
Cukup jelas.

Ayat (2)
Cukup jelas.

Ayat (3)
Cukup jelas.

Ayat (4)
 Yang dimaksud dengan “cacat akibat kecelakaan kerja” dalam ayat ini adalah cacat akibat kecelakaan kerja yang mengakibatkan pekerja/buruh tidak dapat melakukan pekerjaannya setelah melampaui batas waktu 12 (dua belas) bulan.

Perusahaan asuransi dalam menyelenggarakan Program Jaminan Pemutusan Hubungan Kerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan dibidang usaha perasuransian.
Pasal 3
Ayat (1)
  Cukup jelas.

Ayat (2)
Huruf a
Yang dimaksud dengan “PT Jamsostek (Persero)” adalah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja dan peraturan pelaksanaannya.

Huruf b
Yang dimaksud dengan “asuransi jiwa” adalah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian.

Huruf c
Yang dimaksud dengan “Dana Pensiun Lembaga Keuangan” adalah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun

Ayat (3)
 Manfaat/jaminan yang lebih baik yang dimaksud dalam ayat ini meliputi besarnya manfaat/jaminan dan/atau besarnya biaya penyelenggaraan.
Ayat (4)
 Cukup jelas.

Ayat (5)
 Cukup jelas.

Ayat (6)
 Cukup jelas.

Pasal 4
  Cukup jelas.

Pasal 5
Ayat (1)
  Cukup jelas.

Ayat (2)
  Perhitungan aktuaria dilakukan oleh aktuaris tidak terafiliasi dengan Badan Penyelenggara.

Ayat (3)
  Cukup jelas.

Ayat (4)
Yang dimaksud dengan upah sebulan dalam menghitung iuran,/membayar iuran ini adalah upah yang digunakan dalam ketentuan yang mengatur dasar perhitungan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak.

Ayat (5)

Cukup jelas.

Ayat (6)
  Cukup jelas

Ayat (7)
  Cukup jelas

Pasal 6
  Cukup jelas.

Pasal 7
Cukup jelas.

Pasal 8

Ayat (1)
  Cukup jelas.

Ayat (2)
  Cukup jelas.

Ayat (3)
Dalam hal hak pekerja/buruh ter-PHK menurut UU No. 13 Tahun 2003 atau lebih besar dari Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, Perjanjian Kerja Bersama dari Dana Cadangan yang terkumpul pada Penyelenggara Program, maka kekurangannya dibayar oleh Pengusaha dengan contoh perhitungan sebagai berikut :

Perusahaan A mempekerjakan 112 orang pekerja/buruh sejak bulan Oktober 2000, pengusaha mengikutkan seluruh pekerja/buruh pada Penyelenggara Program pada bulan Oktober tahun 2007.
Upah pekerja/buruh antara Rp.800.000,00- s/d Rp.15.000.000,00 perbulan dengan rata-rata Rp. 2000.000,00 perbulan. Selama 36 (tiga puluh enam) bulan Dana Cadangan Kompensasi PHK yang telah terkumpul diperkirakan sebesar Rp. 241.920.000,00.
Kemudian pada tanggal 29 Oktober 2010 pekerja/buruh X meninggal dunia. Pekerja/buruh X tersebut mempunyai upah Rp.15.000.000,00 perbulan.
Hak pekerja/buruh atas Uang Pesangon, Uang Penghargaan Masa Kerja dan Uang Penggantian Hak adalah :

- Uang Pesangon 2 x 9 bulan upah = 18 bulan upah = Rp. 270.000.000,00
– Uang Penghargaan Masa Kerja = 4 bulan upah = Rp. 60.000.000,00
– Uang Penggantian Hak = 15 % x 22 bulan upah = Rp 49.500.000,00

Jumlah = Rp. 379.500.000,00

Pembayaran dari Dana Cadangan Kompensasi PHK oleh Penyelenggara Program adalah berdasarkan upah sebulan sebesar 5 kali PTKP :

- Uang Pesangon 2 x 9 bulan upah = 18 bulan upah = Rp. 99.000.000,00
– Uang Penghargaan Masa Kerja = 4 bulan upah = Rp. 22.000.000,00
– Uang Penggantian Hak = 15 % x 22 bulan upah = Rp. 18.150.000,00

Jumlah = Rp. 139.150.000,00

Dengan demikian pengusaha harus membayar selisih hak pekerja/buruh X sebesar Rp. Rp. 379.500.000,00 -139.150.000,00 = Rp. 239.850.000,00

Pasal 9
Cukup jelas.

Pasal 10
  Cukup jelas.

Pasal 11
Cukup jelas.

Pasal 12
Cukup jelas.

Pasal 13
  Cukup jelas

Pasal 14
  Ayat (1)
Pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan program jaminan kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja dalam peraturan Pemerintah ini dilakukan secara berkoordinasi dengan Menteri Keuangan.

Ayat (2)
Cukup jelas.

Ayat (3)
Cukup jelas.

Pasal 15

Cukup jelas.

Pasal 15
Cukup jelas.

Pasal 16
Tenggang waktu 6 (enam) bulan dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada penyelenggara program untuk mempersiapkan pelaksanaan Program Jaminan Pemutusan Hubungan Kerja.

TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR …

215 thoughts on “RPP Pesangon & Kompensasi PHK

  1. Ping-balik: Sosialisasi RPP Jaminan Kompensasi PHK « Ratu Tebu Weblog

    • saya bekerja dari bulan 01 oktober 2005 s/d 12 pebr 2011, saya di PHK oleh perusahaan. saya tidak pernah dapat uang lembur, uang cuti tahunan, uang cuti haid, kalau sakit uang kerjinan dipotong dan tidak dapat uang kesehatan, kalau telat dipotong uang kerjinan, Hari libur Lebaran – cuti bersama gaji saya diberikan sesuai hari aktif kerja yaitu uang transpot, gaji pokok, uang makan, uang kerajinan. Komposisi gaji saya berubah2. mis : Gaji bulan jan 2005 – GP : 1.500.000 tetapi Th 2010 Gaji pokok berubah menjadi 500.000 apakah ada peraturan depnakernya tidak ? Jamsostek baru diberikan pada th. 2010 sedangkan peruhaan sduah berdiri sejah th. 1995 dan tunjangan jamsostek yang diberikan peruhaan hanya JHT sebesar minimum upah buruh yang diberikan Jamsostek yaitu dari dasar GP 1.300.000 saja. tks

      • saya kok bingung ya pak/bu?
        bisa minta tolong dijabarkan saja, UMK didaerah bapak/ibu berapa, gaji pokok berapa, tunjangan yang diberikan tetap (tidak tergantung kehadiran) berapa?

        kalo saya lihat, uang kerajinan ini semacam tunjangan kehadiran ya? jadi sifatnya tidak tetap, hanya diberikan jika ybs hadir. betul?

    • Saya mau tanya, apakah Program Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja berlaku sejak kapan? Berapa Nomor Peraturan Pemerintah mengenai tsb?

      Hitungan PTKP, apakah sesuai PTKP dari pihak perpajakan yang berlaku saat tahun tersebut dihitung?

      Thanks

    • saya mau tanya miss, selama ini saya digaji all in misalkan aja 5 jt dan tercantum di PK.trus sekarang mau dirubah ke basic dengan gaji 1.5 jt tapi ditambah dengan lembur tentunya.kami keberatan kerena klu cuti pasti gaji kurang karena tak ada lembur.yg saya mau tanya hak apa yg kamidapat jika kami tidak menerima perubahan gaji tersebut dan mengundurkan diri. apa ada aturan yang mengatur hal perubahan gaji all in yang dirubah ke gaji sistem basic yg mendapat lembur..bls ke emailku miss..trimakasih

  2. saya mengundurkan diri oktober 2007 sampai 29 desember belum selesai alasannya harus menyelesaikan kewajiban padahal kewajiban bisa diambil dari hak2 saya minta tolong kemana saya bisa konsultasi terima kasih

  3. >>Yacob Yahya

    *mikir* sampe sekarang siy itu yang terakhir.. ok,, kita pantau bersama-sama..

    >>Bimo

    sebelum bisa menjawab pertanyaan Saudara Bimo, saya perlu informasi tambahan tentang hal-hal berikut:
    1. Mengundurkan diri sudah sesuai prosedur kan??
    2. Sudah pernah mencoba “bertemu” dengan wakil dari management perusahaan? mungkin kewajiban disini bukan hanya nilai yang dapat dikompensasikan dengan hak anda, bisa jadi tentang keberlanjutan “tugas” yang selama ini anda jalani.
    bisa saja kan??
    3. Sudah ada SP/SB blum?? ikut sebagai anggota kah?? kalau iya, coba dikonsultasikan dengan mereka dulu.

    terimakasih sudah mampir,, silahkan mampir lagi,,

  4. selamat malam,miss
    saya dari Federasi Serikat Pekerja Tekstil Sandang Dan Kulit.
    saya ingin sekali mendapatkan informasi-informasi tentang dunia buruh baik dalam maupun luar
    karena sejak ini saya sedang merintis dalam organisasi perburuhan di bogor raya dan sekitarnya.
    oleh karena itu saya harap dapat mencarikan bantuan dana guna saya untuk memperlancar saya beracara di pengadilan hubungan industrial bandung karena undang-undang ketenaga kerjaan sekarang di tutuk buruh harus bisa beracara saya sudang sering sekali beracara ke pengadilan yang mana beberapa putusan pengadilan hubungan industrial sudah pernah saya lakukan tetapi yang menjadi kendala saya kesulitan dana sedangkan saya gak tega melihak ketika pekerja meminta batuan untuk pembelaan di karenakan kondisi saya sangat sulit apa lagi saya harus pulang pergi ke bandung persidang satu kasus harus sampai 13 kali kadang lebih dan saya pendidikan hanya sampai STM sering di hadapi lawan hampir semua lawyer maka dari itu maaf saya memberanikan diri bagaimana saya bisa mendapat bantuan agar nawaitu saya ini dapat berjalan dengan lancar aku harap suatu hari mas bisa bantu aku dalam menyusun juga gugatan yang baik dan serta bemberikan informasi serta saran guna memperlancar organisasi yang sedang saya rintis untuk pembelaan pekerja-pekerja yang mempunyai masalah dengan perusahaannya.adapun saya sedang semangat-semangatnya untuk melakukan pembelaan beracara ini mukin dikarenakan saya masih bujangan kali yach miss

    demikian permohonan ini saya sampaikan, dan terima kasih atas perhatianya.
    saya berharapkan sekalikerjasamanya kedepan.

    hormat saya,

    Bambang Praditio
    ketua dewan pimpinan cabang federasi serikat pekerja textile sandang dan kulit
    Komplek nanggewer indah jl.mawar no 26
    Cibinong – Bogor 16912
    Jawabarat – Indonesia

    Hp. 081383155025

  5. @dobelden
    knapa rupanya sampe begitu??

    @bambangpraditio
    kalau masalah dana, bukannya setiap SP/SB maupun organisasi pengusaha, masing-masing punya kas dari iuran anggotanya,, bantuan dana biasanya diperoleh dari organisasi yang tingkatannya lebih tinggi, misalnya tingkat pusat atau konfederasi,, begitu,, mudah2an dapat membantu,, ganbatte ne!!

    • salam kenal semua …..
      saya mau tau nich bagaimana caranya kalau saya mau menanyakan ke ratutebu untuk masalah saya? tentang phk.

  6. RPP ini disahkan kapan bln/tgl/thn dan siapa yang mengesahkan? dan kapan diberlakukannya RPP ini? dan apakah RPP ini sudah tidak ada perubahan lagi? mohon jawabannya (P E N T I N G !!!!!)
    Makasih banyak sebelumnya
    Wassalam

    ratutebu: masih RPP, belum disahkan, masih terjadi kontroversi dimanah-manah.. terimakasih kembali..

  7. APAKAH DALAM UU DEPNAKER ADA KETENTUAN UANG PESANGON PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA UNTUK DIREKSI?TRIMS UNTUK JAWABANYA

    ratutebu: saiia rasa kalo direksi hak-haknya dan lain-lain diperhitungkan melalui RUPS bukannya? kan gajinya dan pengangkatannya juga oleh RUPS??

  8. Hi Mba Ratu, saya mau tanya donk tentang rumusan perhitungan dana pesangon dengan masa kerja 28 tahun, perhitungan pensiun dini dengan masa kerja 28 tahun, pasal berapa dalam UU ketenagakerjaan yang mengatur tentang rotasi/mutasi karyawan & apakah tercantum dlm UU ketenagakerjaan ttg kompensasi Rotasi/Mutasi Karyawan. Bs direpaly ke email saya di cisconorton@yahoo.com

    sebelum dan sesudahnya makasih banyak ya..

    Jimmie

    ratutebu: ketentuannya ada dalam UU 13 / 2003, silahkan dilihat kembali. sedangkan mengenai Rotasi/Mutasi karyawan adalah Hak Pengusaha. biasanya dalam kontrak selalu dicantumkan bahwa “Pekerja Bersedia ditempatkan dimana saja”. semoga membantu. terimakasih..

    • Met pagi mba ratu’ saya mau tanya apakah ada undang undang yag mengatur kompensasi pensiun mendapatkan minimal 35 x gaji, sedangkan di tempat saya bekerjaa hanya mengacu kepada undang undang no 13 mohon jawaban mba ratu trima kasih
      salam

      Nurdin

  9. Lam kenal…
    Biasanya kalo kerja harian dapat pesangon gak?

    ratutebu: setahu saiia, harian itu tidak masuk dalam kategori karyawan organik, maka dari itu (kalo bener harian itu karyawan kontrak lepas) maka tidak berhak dapat pesangon.. gitu.. mudah2an membantu..

  10. Saya kerja di konsultan tehnik PMA di Jaksel baru 31 bln dengan gaji Rp. 3700000 + tunjangan lembur, PPH+Asuransi di tanggung PT. Saya akan segera di PHK namun tanpa dasar kesalahan + SP dr manager. Saya ingin tanya ke Ibu: 
1. Bagaimana mengenai perhitungan pesangon saya. 2. Apakah saya dapat mengajukan pengajuan PHK karena manager saya telah melakukan tindakan2 yg sifatnya subjektif seperti mengancam akan memPHK, mencari2 kesalahan, menskorsing tanpa SP.
    Terima kasih.
    Salam

  11. SEREM!!!!!

    BAHAYANYA JKA PERUSAHAAN BESAR (MULTI NATIONAL COMPANY) PUN IKUT PERATURAN YANGN RENDAH (NORMATIVE) INI,

    EXPLORED US WHILE YOU CAN

  12. Heheheheh….biasanya yang udah kerja 7 tahun terus menerus disatu perusahaan malah mengharapkan PHK, karena 2n masa kerja hanya sampe tahun ke 7 aja.

    makasih atas postingannya bu ratu, teringat masa lalu saat dag dig dug mendengar kata kata PHK rame dibicarakan dikantor…eh tapi sekarang malah sering berharap kapan ya ada PHK dan kalo bisa continue service…

    maklum deh, punya pengalaman kerja di perusahaan yang sering diperjual belikan

  13. Salam kenal sebelumnya. Saya ingin menanyakan apakah ada seorang pengusaha menyuruh karyawannya mengundurkan diri padahal ia sudah berstatus kareyawan tetap dan bekerja lebuh dari 3 tahun dan tanpa ditawari pesangon??
    Lalu apakah ada ketentuannya sebuah CV harus mengubah status menjadi PT??
    terimakasih. Mohon dibantu. menyangkut nasib saya dan keluarga

    ratutebu: ada saja.. karena kalo mengundurkan diri kan tidak ada kewajiban membayar pesangon.. kalo dari CV jadi PT, kan jadi berbadan hukum, artinya bisa menjadi subjek hukum.. gitu sii..

    • Ass Mbak , , , ,
      saya cuma mau tanya apakah ada hak untuk orang yang mengundurkan diri dalam masa kerja lebih dari satu tahun dan kurang dari dua tahun ? ? ? ? ?

  14. Minta mengundurkan diri berarti PHK dari pihak Perusahaan dong. Kalo ada alasan PHK dan Perusahaan bersedia membayar pesangon, saya rasa itu adalah hak Perusahaan. CV harus mengubah status jadi PT? Saya rasa itu adalah hak pemilik perusahaan. CV dan PT kan masing2 ada segi plus minusnya.

    ratutebu: kalo Pemutusan Hubungan Kerja karena pengunduran diri kan perusahaan tidak wajib bayar.. trus mengenai perubahan status itu kan karena yang termasuk dalam badan hukum sekarang PT aja.. CV ga lagi.. rasanya si gitu.. :mrgreen: kalo salah, silahkan diperbaiki..

  15. Mohon penjelasan untuk 2 jawaban saya :
    1. saya sudah bekerja selama 12 tahun waktu berjalan, berapa kali gaji kan pesangon yg saya terima bila saya mengajukan resign ?
    2. Uang THR, saya sudah bekerja 6 bulan waktu berjalan, berhak kah saya mendapatkan THR ???
    terima kasih

    ratutebu: waaahhh.. ini si ada di UU 13.. silahkan dibaca sendiri yaaa.. ada kok di salah satu halaman saiia link untuk UU13.. ^selamat membaca^

  16. saya mau tanya soal pesangon yang dibayar mundur hingga 6-9 bulan apakah itu sah dengan undang undang yang berlaku?trus selama menunggu pesangon keluar apa saya masih berhak mendapatkan gaji pokok?karna selama ini saya tidak mendapatkan gaji itu!tolong bls ke emailku ya trims!

    ratutebu: saiia kok baru denger ttg pesangon mundur inih.. :)

  17. saya minta contoh surat apabila terjadi phk maka uang yang saya terima ,akan dialihkan ke bank sebagai pengganti cicilan

    ratutebu: biasanya ada perjanjian dari bank untuk hutang yang menggunakan gaji sebagai jaminan..

  18. Ibu Ratu Tebu yang baik,

    saya sudah bekerja lebih dari 10 tahun di perusahaan milik perorangan (tapi omzetnya mencapai miliaran rupiah per tahun), tapi di perusahaan ini tidak ada jaminan apapun termasuk jamsostek, perhitungan lembur juga tidak sesuai depnaker, dll.

    1,5 bulan yang lalu, karena hari itu saya tidak bisa lembur sampai pagi (lemburan dadakan untuk pekerjaan yang sebenarnya bukan tanggug jawab saya) maka saya diancam akan dikeluarkan. Karena kata-kata pedas sudah sering diucapkan bos setiap kali terjadi hal-hal yang tidak sesuai kemauan bos, akhirnya saya menyatakan bersedia dikeluarkan.

    Keesokan harinya, hal ini juga sudah dibicarakan dengan HRD (seorang sarjana hukum) dan katanya akan dihitungkan pesangonnya. Perhitungan pesangon dari HRD ternyata tidak sesuai UU 13 yaitu hanya sebesar perhitungan minimal (untuk perusahaan yang bangkrut) dan itupun disertai ucapan bahwa akan ditawar karena perusahaan tidak mampu (mana mungkin, perusahaan ini beromzet miliaran rupiah).

    Kemarin saya diminta untuk tetap di perusahaan dan akan diberi SP saja. Tapi saya mendapat bocoran dari temen, bahwa ini hanya trik pengusaha saja untuk menjebak saya. Supaya akhirnya saya memilih mengundurkan diri tanpa pesangon. (trik ini memang pernah diujicobakan kepada banyak teman sebelumnya).

    Pertanyaan saya. bagaimana cara saya melindungi diri saya dari perangkap ini. Kemarin saya sudah berkali2 menolak tawaran ini. Saya ingin dikeluarkan baik-baik tapi tentu saja juga tidak ingin hak-hak saya dijahati.

    Mohon tanggapannya bisa dikirim ke alamat e-mail saya, karena ada beberapa hal yang confidential yang susah saya tulis disini.

    Terima kasih banyak sebelumnya. Maaf saya menulisnya terlalu panjang, saya sangat membutuhkan bantuannya.

    ratutebu: baiklaahh.. via japri sajah yaaa.. atau contact saiia via YM

    • ibu ratu tebu yang baik, semoga masihmau mendengarkan curhat saya. dulu hampir tiap hari saya menunggu jawaban ibu tapi belum keluar juga. baru sekarang saya membukanya. maaf tapi kejadian yang seperti sudah diperkirakan sebelumnya telah terjadi lagi, perusahaan mulai bikin gara-gara lagi supaya orang tidak betah bekerja. tapi kali ini ada lebih dari 1 orang yang diteror, buktinya sebelum lebaran kemarin aja terjadi exodus besar-besaran karena ga tahan lagi…. aduh, bos menang besar nih.
      I really need your asisten. japri itu maksudnya apa ? dan kalau lewat ym saya kontak ke alamat mana? terima kasih.

  19. Perhitungan persangon apabila ada phk dan pesangon apabila kami mengajukan pensiun dini

    ratutebu: perusahaannya mengizinkan pensiun dini ga?? kalo iya, silahkan liat perhitungan pensiun di UU 13, nti dibandingkan lagi.. kalo kurang jelas, silahkan hubungi saiia via japri, ke YM ajah..

  20. Mba Ratu saya karyawan tetap di sebuah perush Garment milik wn korea (PMA),saya sudah 3x kena SP a.l : suatu saat saya kena SP1 alasan sp itu keluar karena saya salah memberi informasi padahal saya bukan salah memberi informasi izin pengoperasian perusahaan, padahal saya memberi peluang kemudahan.
    SP2 terbit suatu hari saya tidak masuk kerja dan saya mnta izin via telp ke personalia ( perlu di ketahui jabatan saya manager ),
    alasan terbit sp2 keluar karena saya tidak minta izin ke GM.
    SP3 terbit minggu yang lalu setelah Pemilu saya kebtulan dpt tugas pengamanan pemilu di tempat saya tinggal, karena badan saya saya sakit saya pergi ke dokter dengan meinta srt izin tdk masuk dari dokter dan pada saat itu saya sudah informasikan ke GM dan saya kirim via Fax ttg ketidak hadiran saya , namun apa yg terjadi SP3 muncul dengan alasan bahwa saya sering tidak masuk.

    Pertanyaan saya:
    1. Dari ke 3 SP tersebut apa kah ada hak saya bila saya di PHK .
    2. Andaikata PHK jatuh pada diri saya apakah saya dapat menuntut perusahaan tersebut?

    Kami tunggu jawabannya
    Terimakasih,
    suryo kusumo

  21. Hallo All
    saya udah bekerja 20 tahun diperusahaan sekarang saya mau di PHK ada yang tahu gimana Hitung hitungan berdasarkan undang undang
    trus saya baru dimasukan jamsostek tahun 2000 oleh perusahaan padahal kerja saya dimulai tahun 1987
    gimana tuh penyelesaianya sebagai bahan nego dengan perusahaan
    terimakasih sebelumnya
    Salam dari Batam

  22. Mau tanya neh soal perhitungan pesangon yang diterima, krn saya tlh berkerja lebih dari 4thn3bln, namun dengan alasan perampingan perusahaan dikarenakan tidak ada project maka saya terkena PHK. dalam struk gaji telah tertulis tunjangan kesehatan…. Krn menurut perusahaan saya tidak berhak mendapatkan tambahan 15% dr pesangon untuk kesehatan… Tolong perhitungannya di email ke alamat email saya… Terima kasih.

  23. saya seorg tenaga kerja koperasi PLN masa kerja 13 thn yang akan di migran ke PJTK (PT),pertanyaan saya : apakah saya dapat menerima pesangon dari koperasi PLN yang akan memindahkan saya ke PJTK (PT),dan saya akan dikerjakan di PJTK mulai dari 0 masa kerja.
    perhitungan pesangon saya caranya gimana,mohon bantuannya

  24. saya kena phk berapa pesangon yg saya terim, saya bekerja selama 3 tahun,gaji saya terima terakhir 3.500.00,terimakasih banyak atas perhatiannya

  25. Mohon bantuannya untuk konsultasi Undang-Undang Tentang Yang Mengatur Hak Karyawan karena ada teman saya, ia bekerja sebagai manager di perusahaan PT.XYZ,Tbk dengan masa kerja 11 tahun, sebelumnya dia tidak pernah dapat Surat Teguran ataupun Surat Peringatan SP, tidak pernah absen bahkan cuti atau off pun disuruh kerja tetapi karena kunjungan Boss dan dilihat area kurang standard maka dia dimaki-maki akan di pecat, Boss pernah pecat staff gara-gara lupa nyalain lampu, kira-kira langkah yang harus diambil untuk teman saya gimana? Hak apa saja yang bisa diperjuangin?

  26. Saya bekerja di yayasan selama kurang lebih 6,8 th, saya di PHK karena dg alasan dirumahkan dulu karena juga alasannya setiap dipindahkan ke departemen lain selalu ada masalah dan saya belum pernah mendapatkan SP1 s/d 3 saya ditawarkan mendapatkan uang pesangon 7 dari masa kerja 6,8 th, 3 dari masa bakti bekerja dan 3 kali atas kebijakan dari ketua yayasan, Yang ingin saya tanyakan adalah memang seperti itukah perhitungannya. Atau bagaimana ya ?

  27. Saya bekerja di yayasan selama kurang lebih 6,8 th, saya di PHK karena dg alasan dirumahkan dulu karena juga alasannya setiap dipindahkan ke departemen lain selalu ada masalah dan saya belum pernah mendapatkan SP1 s/d 3 saya ditawarkan mendapatkan uang pesangon 7x dari masa kerja 6,8 th, 3x dari masa bakti bekerja dan 3x atas kebijakan dari ketua yayasan. Jadi total yang didapat adalah 13x gaji pokok. Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana perhitungan pesangon yg seharusnya saya dapatkan,terimakasih ?

  28. salam kenal…

    saya bekerja dprusahaan agent properti n’ saya sudah bekerja selama 5 thn…baru2 ini sy terkena PHK. tetapi uang pesangon yg sy dptkan sy rasa tidak sesuai, karena sy tdk mendapat perincian yg jelas ttng perhitungan pesangon karena PHK!!!
    Yg sy ingin tnyakan bgmn perhitungan utk pesangon PHK?

  29. saya telah di phk karena pabrik di tutup tahun 2007 setelah melalui sidang pengadilan karyawan berhak mendapatkan pesangon tetapi hingga saat ini pesangon belum juga turun…mohon bantuannya kemana kita harus melaporkannya…terimakasih

  30. tanya pak ya… kalau karyawan dlm masa percobaan dan statusnya karyawan kontrak meninggal apa dapat pesangon sedangkan karyawan ini belum masuk jamsostek, tq

  31. Seandainya Suatu Perusahaan A ( Perusahaan msh dalam kondisi Sehat dan masih Berdiri )Ingin Mendirikan Perusahaan Baru(B)dan Untuk Karyawan di Peruhaan A (masa kerja Lebih dari 10 tahun )tsb di PHK tanpa sebab dgn tujuan agar karyawan di Perusahaan A diharapkan pindah ke Perusahaan B menjadi karyawan Kontrak.
    Yang Ingin saya tanyakan,
    1.Apakah tindakan yg dilakukan Perusahaan tsb Benar?
    2.Seandainya tindakan tsb salah Kemanakah kita harus
    mengadu?
    3.Bagaimanakah cara menghitung uang pesangonnya?

    Demikian Pertanyaan dari saya, dan sebelumnya kami sampaikan banyak terima kasih.
    jawaban dan Petunjuknya kami kami tunggu

  32. selamat siang..
    saya mau tanya tentang hak hak karyawan kontrak setelah perusahaan itu di tutup..
    apakah sisa kontrak yg ada harus di bayar oleh perusahaan.??

    terima kasih..

  33. saya mau tanya,karna saya tidak mengerti masalah hukum ketenaga kerjaan,kalau saya mengundurkan diri masa krja 4 tahun berapa kompensasi yg saya dapat 1 bulan gaji saya satu juta.tolong kasih jawaban,terima kasih

  34. Sy mau menanyakan tentang pesangon masa kerja 9 tahun. Soalnya sy ga tau pastinya ‘UMR’ tempat hiburan malam(karaoke)di bandung.kisaran gaji yg sy terima saat ini Rp 1.139.000,-.Mohon d bantu.Thanks

    • bisa cek ke UU 13 tahun 2003 pasal 156 :

      1. Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja, pengusaha diwajibkan membayar uang
      pesangon dan atau uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang
      seharusnya diterima.

      2. Perhitungan uang pesangon sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit sebagai
      berikut :
      a. masa kerja kurang dari 1 (satu) tahun, 1 (satu) bulan upah;
      b. masa kerja 1 (satu) tahun atau lebih tetapi kurang dari 2 (dua) tahun, 2 (dua)
      bulan upah;
      c. masa kerja 2 (dua) tahun atau lebih tetapi kurang dari 3 (tiga) tahun , 3 (tiga)
      bulan upah;
      d. masa kerja 3 (tiga) tahun atau lebih tetapi kurang dari 4 (empat) tahun, 4
      (empat) bulan upah;
      e. masa kerja 4 (empat) tahun atau lebih tetapi kurang dari 5 (lima) tahun, 5 (lima)
      bulan upah;
      f. masa kerja 5 (lima) tahun atau lebih tetapi kurang dari 6 (enam) tahun, 6 (enam)
      bulan upah;
      g. masa kerja 6 (enam) tahun atau lebih tetapi kurang dari 7 (tujuh) tahun, 7
      (tujuh) bulan upah;
      h. masa kerja 7 (tujuh) tahun atau lebih tetapi kurang dari 8 (delapan) tahun, 8
      (delapan) bulan upah;
      i. masa kerja 8 (delapan) tahun atau lebih, 9 (sembilan) bulan upah.

      3. Perhitungan uang penghargaan masa kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
      ditetapkan sebagai berikut :
      a. masa kerja 3 (tiga) tahun atau lebih tetapi kurang dari 6 (enam) tahun, 2 (dua)
      bulan upah;
      b. masa kerja 6 (enam) tahun atau lebih tetapi kurang dari 9 (sembilan) tahun, 3
      (tiga) bulan upah;
      c. masa kerja 9 (sembilan) tahun atau lebih tetapi kurang dari 12 (dua belas) tahun,
      4 (empat) bulan upah;
      d. masa kerja 12 (dua belas) tahun atau lebih tetapi kurang dari 15 (lima belas)
      tahun, 5 (lima) bulan upah;
      e. masa kerja 15 (lima belas) tahun atau lebih tetapi kurang dari 18 (delapan belas)
      tahun, 6 (enam) bulan upah;
      f. masa kerja 18 (delapan belas) tahun atau lebih tetapi kurang dari 21 (dua puluh
      satu) tahun, 7 (tujuh) bulan upah;
      g. masa kerja 21 (dua puluh satu) tahun atau lebih tetapi kurang dari 24 (dua
      puluh empat) tahun, 8 (delapan) bulan upah;
      h. masa kerja 24 (dua puluh empat) tahun atau lebih, 10 (sepuluh) bulan upah;

      4. Uang penggantian hak yang seharusnya diterima sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
      meliputi :
      a. Cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur;
      b. biaya atau ongkos pulang untuk pekerja/buruh dan keluarganya ke tempat
      dimana pekerja/buruh diterima bekerja;
      c. penggantian perumahan serta pengobatan dan perawatan ditetapkan 15% (lima
      belas perseratus) dari uang pesangon dan atau uang penghargaan masa kerja
      bagi yang memenuhi syarat;
      d. hal-hal lain yang ditetapkan dalam perjanjian kerja, peraturan perusanaan atau
      perjanjian kerja bersama.

      5. Perubahan perhitungan uang pesangon, perhitungan uang penghargaan masa kerja, dan
      uang penggantian hak sebagaimana dimaksud pada ayat (2), ayat (3), dan ayat (4)
      ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.

      • Kepada Yth,
        Ibu ratutebu
        mohon penjelasanya saya sudah bekerja pada satu lembaga terkenal atau yayasan kegiatan sosial selama 5 tahun (mulai dari bulan juli 2007 s.d sekarang memasuki bulan juli awal tahun 2012)
        Saya mempunya masalah dengan pihak luar katakan saya ada taguhan hutang kartu kredit yg belum terbayarkan karena memang belum ada uang untuk membayar selama 3 bulan ,kemudian mulai ada telepon dari pihak luar yang sering menggangu kenyamanan kantor,kemudian saya juga pernah mengjaukan pinjaman untuk membayar hutang tsb.tapi lama kelamaan respon dari pihak kantor tidak ada lalu saya ditegur oleh pihak HRD Legal yang baru bekerja selama 3 bulan sudah berbicara dan menyatakan saya akan di PHK karena dinilai kinerja saya menurun dan melalaikan tugas kerja yang diakibatkan masalah yang saya hadapi .karena dilihat kondisi kantor jam kerja di yayasan juga tidak disiplin siapapun bisa keluar masuk tanpa harus lapor.
        Dan saya merasa ini ada pilih kasih ,atau mungkin pihak yayasan sudah tidak suka atau memang ada niat mencari-cari kesalahan saya yang mereka buat sebagai dasar alasan teguran.Kemudian HRD memberikan surat secara tertulis untuk saya tanda tangani,
        yang menjadi pertanyaan saya apakah saya berhak menuntut karena bekerja selama 5 tahun dengan loyalitas yg tinggi tanpa dibayar lembur,bahkan uang makan dan transport sendiri hanya diberikan 50% dari yang ditetapkan dan itupun kena potongan jika masuk terlambat,dan apesnya jika tidak masuk ataupun cuti hak kami uang makan dan transport tersebut hilang.
        Saya hanya ingin jelas apa hak saya sebagai pekerja jika pada apa tenaga yang kami berikan bahkan sampai loyalitas waktupun tak ada artinya dengan dibandingkan masalah yang saya hadapi sekarang dinilai menjadi penyebab surat-surat teguran ini dikeluarkan.
        Dan jika memang saya akan dipecat atau di phk ,apa hak yang saya dapatkan? yang ada hanya catatan buruk,dan hasil kerja saya selama 5 tahun dengan loyalitas tinggi atau bentuk apapun untuk perkembangan yayasan tidak ada artinya.
        perlu diketahui:
        Gapok 2.300.000
        Uang makan 20.000 /hari
        Uang Transport 15.000/hari
        Uang THR (setiap 1x tahun)
        Uang tunjangan (tidak ada0
        Uang kesehatan (sistem remburse 80%) itu kalopun ada
        Uang Cuti atau Tidak Cuti (tetap hangus)
        Uang pinjaman /koperasi (tidak ada)

        Mohon penjelasan ya bu.
        Terimakasih

  35. Bu Asti,
    Saya mau tanya, bagaimana dengan PHK karena perusahaan bangkrut/pailit, apakah harus bayar UP-UPMK-UPH juga ke karyawan? Dalam arti bangkrut, bahwa perusahaan baru berdiri dua tahun dan benar-benar merugi selama dua tahun (tidak ada pemasukan sama sekali).
    Terima kasih atas perhatiannya.

    • bangkrut kan ada penetapannya.. tidak serta merta menetapkan diri bangkrut pak..

      segala asetnya digunakan terutama untuk membayar peangon karyawannya..

      mudah2an membantu yaaa.. :)

  36. ass…sy mw tanya kepada rubrik ini,saya bekerja di suatu perusahaan autshorsing sebagai tenaga pengaman/satpam.selama ini uang pesangon jika contrak berakhir di bayar dengan hitungan yg ada di uu.yang mau saya tanyakan perusahaan pemegang terbaru ini mengatakan jika contrak berakhir / di putus hubungan kerja mk tidak ada pesangon.apakah benar ada uu nya yg terbaru mengatur ini..?ke 2 yang mau saya tanyakan jika kita seagai karyawan lapangan yang bekerja 12 jam tanpa istirahat maka perhitungan lemburnya berapa jam..? atas jawabannya di tunggu

    BALAS

    • sepanjang outsourcing dilaksanakan sesuai ketentuan undang-undang, tidak ada pihak yang di rugikan.

      memang, perusahaan yang melakukan outsource tidak wajib bayar pesangon (dengan catatan: dilakukan seuai undang-undang).

      perhitungan lembur dihitung terhadap kelebihan jam kerja setiap hari nya.. :)

  37. saya sedang hamil masuk 9 bln dan sudah mendapatkan ijin utk cuti 3 bln terhitung pertengahan bln mei 2010 s/d pertengahan agustus 2010….
    tetapi awal bulan mei 2010 ini (tgl 04 mei 2010) saya kena phk dengan alasan tidak ada lg pekerjaan yg kosong utk saya.
    saya sudah bekerja di tmpt ini terhitung sejak tgl 3 juli 2006 – 04 mei 2010.
    untuk itu saya ingin tahu perhitungan pesangon dll nya, karena mulai besok (tgl 05 mei 2010) saya sudah tdk bekerja lg di tmpt ini.
    saya jg ingin menanyakan ttg hak cuti yg sudah saya ajukan, karena biasanya kan kalau cuti melahirkan tetap mendapatkan gaji pokok. apakah hak itu msh bs saya perjuangkan?
    saya mohon balasan secepatnya, karena saya merasa tidak diperlakukan dgn adil.
    saya sangat berterima kasih atas perhatiannya.

    TOLONG DIBALAS SECEPATNYA
    TERIMA KASIH

  38. Ratutebu yth,
    Saya telah bekerja diperusahaan korea selama 1 tahun, tanpa ada pengangkatan karyawan tetap.
    Kebetulan saya bekerja di bagian sales, dan perusahaan tiba-tiba memPHK saya dengan alasan sales saya tidak masuk target (tidak ada peraturan tertulisnya).
    Yang jadi pertanyaan saya, apakah saya berhak mendapat uang pesangon. Kalau iya ,berapa yang seharusnya saya peroleh dan hak-hak apa saja lainnya yang saya dapat?
    Tolong dibalas secepatnya, karena saya masih menggantung kasus ini.

    Terima kasih

  39. assalamu’alaikum,
    saya bekerja disebuah bengkel sebagai admin selama 11 th, dan selama itu gaji saya masih berada di bawah UMR, saat ini saya berniat untuk resign, apa sajakah hak2 yang harus saya terima? dan bagaimana cara perhitungannya?
    Terima kasih.

  40. Salam sejahtera Bung/Non, saya bekerja di shipyard sudah 3 tahun 5 bulan. Sejak setahun yg lalu saya sengaja bekerja bermalas-malasan dgn harapan diPHK oleh perusahaan dgn uang pesangon yg memuaskan. Ternyata sy cm dapat 2 bln gaji ditambah tunjangan lainnya sehingga totalnya cm 3,5 jt. Sepertinya UU yg ada banyak memihak pengusaha, bagaimana nasib karyawan ya? Apa ada cara biar sy mendapat yg sy inginkan mengingat PHK saya bkn dikarenakan tindakan kriminal? Thanks

  41. Saya bekerja di klinik sdh 26 th,
    Karena bangunan berikut kliniknya mau dijual, tiba2 disuruh cari tempat kerja lain.semua karyawan juga diberlakukan sama
    Itu artinya sama dengan di PHK.
    Selama ini saya gajinya boleh dibilang tidak sesuai dng masa kerja saya.
    yg ingin saya tanyakan:
    – Berapa pesangon yg saya terima dng masa kerja yg begitu lama?

  42. Saya bekerja di sebuah perusahaan, kurang lebih 5 Tahun, diperusahaan kurang begitu bonafit. selama saya bekerja upah kenaikan sangat tidak sesuai dalam tiap tahunnya. yang ingin saya ketahui :
    -tentang per undangan ketenagakerjaan yang sekarang ditetapkan sebagai bahan acuan standart hukum ketenagakerjaan. (biswa dalam format pdf yang dapat di download/ link address).
    -Perhitungan pesangon yang seharusnya diterima. ato contoh jika misalkan GP saya 1,5jt
    -Macam ato kategori Perhitungan pesangon karyawan dalm pemutusan hubungan kerja (PHK,kriminal,mengundurkan diri, dll).
    TOLOONG secepatnya jika ada yang mengetahui untuk dapat membantu saya. Urgently..!!
    email:microtech8224@yahoo.com

  43. Hello saya sudah bekerja di kota x dan mendapatkan gaji tidak sesuai dengan apa yang banyak lihat di perundangan salary sesuai dengan tugas yang saya emban dibidang ketehnikkan.

    Selama 5 tahun sudah saya bekerja, dimana pada awal waktu saya deterima di PT.xXx. dan dalam pengembangan dibidang devisi automatisasi dan technologi elektronik berkembang, hingga akhirnya dibentuk devisi tersebut dan di kepalai oleh kakak dari perusahan xXx dan ssegala management dan administrasi model terlepas sendiri. dan tidak ada kejelasan dimana posisi saya…. sampai akhirnya xXx membuat ijin DEPNAKER??? semua karyawan devisi xXx terdaftar dan untuk devisi baru sungguh tidak ada kejelasan terdaftar. dan akhir2 ini devisi abaru tersebut dalam keadaan sangat tidak sehat. Bagaimana saya seharusnya karena devisi baru akan ada mutasi ke kota lain dan pengurangan tenaga…. dan penggabungan devisi baru tersebut mnjd 1 ke xXx…..dengan 1 kepala penanggung jawab bisa disebut direktur……. comen dan nasehat dari teman2x akan sangat berharga buat saya…..

    email:microtech@yahoo.com.

  44. Hello saya sudah bekerja di kota x dan mendapatkan gaji tidak sesuai dengan apa yang banyak lihat di perundangan salary sesuai dengan tugas yang saya emban dibidang ketehnikkan.

    Selama 5 tahun sudah saya bekerja, dimana pada awal waktu saya deterima di PT.xXx. dan dalam pengembangan dibidang devisi automatisasi dan technologi elektronik berkembang, hingga akhirnya dibentuk devisi tersebut dan di kepalai oleh kakak dari perusahan xXx dan ssegala management dan administrasi model terlepas sendiri. dan tidak ada kejelasan dimana posisi saya…. sampai akhirnya xXx membuat ijin DEPNAKER??? semua karyawan devisi xXx terdaftar dan untuk devisi baru sungguh tidak ada kejelasan terdaftar. dan akhir2 ini devisi abaru tersebut dalam keadaan sangat tidak sehat. Bagaimana saya seharusnya karena devisi baru akan ada mutasi ke kota lain dan pengurangan tenaga…. dan penggabungan devisi baru tersebut mnjd 1 ke xXx…..dengan 1 kepala penanggung jawab bisa disebut direktur……. comen dan nasehat dari teman2x akan sangat berharga buat saya…..

    email:eevrybody@yahoo.com

  45. Pak, Untuk Perhitungan/Uang penghargaan bagi karyawan yang mengudurkan diri gimana ya?

    karyawan yg mengundurkan diri cuman dapat uang penghargaan?

    sebelumnya Trims.

  46. Hii…
    Saya mw tanya memang peraturan pemerintah ttg pesangon karyawan yg baru (pmeecatan) hanya mendapat pesangon 1xbulan gaji dan itu pun dgn min bekerja slm 10th,apakah benar??

    Trims y….

  47. terkadang disnaker setempat tidak bisa dipercaya karena ada trik permainan money politik antara pihak disnaker bagian PHI dengan pihak MANAGEMENT PERUSAHAAN atau company, kalau sudah begini kita mau ngadu kemana sedangkan penjelasan RPP di atas belum di sahkan.

  48. ibu ratu tebu yg baik,saya seorang kary.yg bekerja selama 8 thun.dgn uang gaji rp. 1 jt perbulan & uang makn + insentif rp 600rb perbln.perusahan mau ada pengurangan karyawan berapa uang pesangon yg akn saya dpt?saya baca peraturannya gk mudeng.tolong ya dijawab ya…..

  49. Saya sudah bekerja selama 7 bulan, kemudian di PHK tanpa alasan, dan tidak mendapat uang pesangon. apakah tindakan perusahaan yang tidak mengeluarkan pesangon untuk saya dengan alasan belum bekerja setahun itu benar?

  50. perusahaan ini berdiri th 2004, pemegang saham ada 3 orang dan KTV ini selama 5 tahun mengalami keuntungan terus,saya bekerja 5tahun 8bulan, perusahaan tempat kerja bidang jasa (KTV), jmlh pekerja 60an orang, singkat kata karena ada sesuatu hal GM kita di berhentikan, 1,5 tahun kemaren modal sdh lama kembali, tapi baru 1,5 th kemarin saham 1 orang di jual dan dipindah tangankan sama yang baru dan skrg setelah 1 th ternyata baru dipegang sama owner yang baru tsb perusahaan merugi, wajar merugi karena baru memimpin sudah mengeluarkan dana besar yang sebetulnya belum cocok untuk saat ini, yang ingin saya tanya “bagaimana perhitungan untuk pesangon pekerjanya” karena kayaknya perusahaan mau sewenang2, menurut mereka karena perusahaan merugi.! Dan perlu saya tambahkan, penjualan saham tersebut kami semua tdk pernah diberitahu secara tertulis dan kamipun tidak di putus dulu kontraknya, karena menurut kami yang ditakutkan nanti terjadi seperti ini, ternyata benar. tolong penjelasannya. terima kasih atas penjelasannya.

    mandoku_plj

  51. Terima kasih atas forum ini dibuat,

    perusahaan ini berdiri th 2004, pemegang saham ada 3 orang dan KTV ini selama 5 tahun mengalami keuntungan terus,saya bekerja 5tahun 8bulan, perusahaan tempat kerja bidang jasa (KTV), jmlh pekerja 60an orang,

    akan tetapi selama empat tahun kami tidak diberikan gaji yg benar (standar depnaker) dan begitu juga kenaikan 1 tahun 1x pun belum tentu.
    Singkat kata karena ada sesuatu hal GM kita di berhentikan, 1,5 tahun kemaren modal sdh lama kembali, tapi baru 1,5 th kemarin saham 1 orang di jual dan dipindah tangankan sama yang baru dan skrg setelah 1 th ternyata baru dipegang sama owner yang baru tsb perusahaan merugi, wajar merugi karena baru memimpin sudah mengeluarkan dana besar yang sebetulnya belum cocok untuk saat ini, yang ingin saya tanya “bagaimana perhitungan untuk pesangon pekerjanya” karena kayaknya perusahaan mau sewenang2, menurut mereka karena perusahaan merugi.! Dan perlu saya tambahkan, penjualan saham tersebut kami semua tdk pernah diberitahu secara tertulis dan kamipun tidak di putus dulu kontraknya,
    karena menurut kami yang ditakutkan nanti terjadi seperti ini, ternyata benar. tolong penjelasannya. terima kasih atas penjelasannya.

    mandoku_plj

  52. terima kasih telah diberi kesempatan:

    saya mau diberikan contoh surat laporan kepada disnaker bahwa perusahaan kami sudah membayarkan uang pesangon kepada karyawan kami dalam hal pemutusan kerja diperusahaan kami.

    terima kasih….nora

  53. saya mau sedikit tanya nih, di tempat saya bekerja, saya kebagian tugas melakukan layoff tenaga security yang sudah berstatus tetap, yang sudah bekerja cukup lama, ada yang 20 tahun dan 3 tahun paling cepat.

    nah fakta yang saya dapatkan bahwa selama mereka bekerja, mereka tidak pernah dibayarkan lembur (karena gaji mereka bukan saya yang melakukan perhitungan)

    sekarang mereka menuntut hak mereka itu

    yang ingin saya tanyakan, berapa lamakah kurang hitung lembur dapat dilakukan? apakah benar 2 tahun kebelakang? seperti yang teman2 di Newmont kemarin itu?

    mohon pencerahan, apabila ada dasar hukumnya tolong saya bisa di info

    terima kasih sebelumnya.

  54. ASW buk ratu,saya sudah bekerja selama 5 (tahun) di perusahaan sibyar be selama 1 tahun dua bulan pertama .gaji saya dinaikkan sebanyak 3500 000 rp setelah 5 bulan .Jabatan saya dipinndah kan jadi safety ,tapi gaji saya ditunkan lagi menjadi UMK tampa konpermasi telebih dahulu . apakah undang undang seperti itu ada di disnaker,saya mohon sekali penjelasanya dan langkah apa yang harus saya lakukan ,sekarang bos mencari alasan supaya saya di PHK, dan juga jamsostek saya cuma di setorkan selama 4 tahun .dan saya harus mengadu kan kemana ,terima kasih

  55. saya kerja 8 th sbg sales/marketing diperusahaan PT …….sebagai distributor farmasi yg akan ditutup bkn krn pailit. Setiap bulan sy menerima Gaji Pokok + Komisi + Uang makan. Tanpa uang kesehatan, uang cuti, tunjangan jabatan tetap,tunjangan masa kerja tetap,tunjangan keluarga tetap,uang transportasi. Yg ingin sy tanyakan : 1. Brp UMR Bandung u/ seorang sales/marketing . 2. Brp kompensasi yang akan diterima saya, terimakasih mohon dibalas

  56. maaf mass saya mau bertanya. saya udah berkerja selama 4thn 10 bulan dan saya di phk tampa penjelasan dan saya udah berusaha untuk menjumpai manejemen saya tempat bekarja tetapi tidak ada respon dan tanggapan, dan hanya dijanjikan pesangon sebesar rp 8,320,000. sedangkan gaji pokok saya plus tunjangan sebesar 4,920,000 jadi bagai mana yg harus saya perbuat tolong kepada mass apa yg harus saya lakukan seterusnya …… mohon petunjuknya………..

  57. halo, saya seorang karyawan swasta yang bekerja di suatu perusahaan swasta selama 23 bulan. awalnya saya dikontak selama 1 tahun, tapi kemudian pimpinan saya mau saya tetap bekerja di perusahaan itu tanpa ada ikatan kontrak. karena saya butuh pekerjaan untuk biaya hidup, saya kemudian menyetujui untuk tidak terikat kontrak namun masih tetap bekerja di perusahaan itu. bulan lalu pimpinan saya memberitahu bahwa mereka akan menutup usaha mereka akhir bulan ini (Feb 2011). yang mau saya tanyakan: apakah saya berhak mendapatkan pesangon? bila iya, berapa besar yang bisa saya terima?
    saya benar benar butuh jawaban, dan berharap bisa mendapat jawaban ASAP *if possible*, langsung melalui e-mail saya.
    terima kasih.

  58. saya bekerja di pt carvil abadi tempatnya di pergudanagan nila kandi no5 &6 penjaringan jakut .saya krj puluhan thn dan sekarang gaji saya 1.300.000perbulan(2011) jamsostek jg ga ada uang kerajinan ga ada klo ga masuk di potong ,

  59. assalamu’alaikum wwb……….
    saya mau tanya. saya bekerja di PT. ASSA Sibolga bagian pengolahan ikan. saya bekerja sejak 14 mei 2007 sebagai kryawan lepas. tapi pada 31 Maret 2009 saya diberikan SK sebagai STAF MARKETING. tapi karna saya selalu mendapatkan tekanan dari direktur yg baru yaitu adik dari pemilik perusahaan saya akhirnya mengundurkan diri 5 februari 2011. pertanyaan saya : Apakah saya berhak mendapatkan pesangon atas kinerja saya selama hampir 2 tahun?

  60. saya sudah bekerja selama 15 tahun, gaji terahir saya Rp 1juta + uang makan premi Rp 500rb, says akan dipensiunkan dini oleh perusahaan, berapa kira2 pesangon yang saya terima….]
    dan apa saja kewajiban yg diberikaan perusahaan kepada saya…
    sepertinya perusahaan semena-mena terhadap karyawannya
    mohon pencerahaannya….
    sebelumnya saya ucapkan trima kasih atas pencerahannya….

  61. salam smua,
    saya resign dr prusaan saya yg bergerak di bidang perhotelan.
    saya kerja sudah 17 tahun lamanya , dngan uPah UMR (jakarta)
    mau minta tolong,gimana perhitungan upah cuti,upah kesehatan,blom keluar.
    minta bantuannya ,soalnya saya tidak mendapat hitungan yg jelas.
    soalnya saya hanya mendapat dana yg tidak sesuai dngan lamanya kerja saya,..
    minta bantuannya ya,..
    trima kasih sebelumnya,..

  62. Yth. Ratu tebu
    Ibu Ratu Saya Pegawai tetap di Bank BUMN yang memiliki program khusus pengunduran diri sukarela yang didalam poin2nya apabila memenuhi syarat dan disetujui maka mendapat pesangon (untuk masa kerja dan grade saya 28,10 x thp), UPMK, Uang Pisah, pangganti uang perumahan..kemudian saya mengikuti program tersebut dan mengajukan surat pada tanggal 20 Desember 2010 dan saya masih terus bekerja sampai dengan tanggal 31 Januari 2011 kemudian pada tanggal 7 Februari 2011 saya menerima surat panggilan 1 dan 2 secara bersamaan walaupunn surat panggilan 1 tertanggal 2 Februari 2011 tapi sampai ketangan saya tanggal 07 Februari 2011 bersamaan dengan surat panggilan 2 yang diantarkan ke rumah oleh karyawan Bank BUMN tersebut,saya komplain kenapa ada surat panggilan tapi oleh atasan disuruh jawaban tertulis dan saya balas dengan jawaban tertulis,kemudian setelah itu tidah ada khabar apakah peermohonan pengunduran diri saya melalui program tersebut diterima atau tidak sampai dengan tanggal 27 april 2011 saya menerima surat PHK Aatas permintaan sendiri tetapi isinya karena mangkir…dan tidak mendapat pesangon seperti yang dijanjikan hanya pengembalian iuran saya dan UPMK..itupun sampai sekarang belum saya terima hanya tertulis di SK PHK. bagaimana pendapat ibu? kemana saya harus mengadu? apakah saya bisa menuntut perusahaan tersebut.Terima kasih.

  63. Salam…

    Di perusahaan tmpat sy bkerja, bila terlambat msk kantor sebanyak 6 kali dlm sebulan, kary dianggap melakukan pelanggaran dan akan dikenakan SP, dari SP 1 sampai dengan SP 3 jika p elanggaran yg sama dilakukan berturut turut kurang dari 6 bulan. Saat ini karena suatu kondisi, sy berencana sengaja melakukan pelanggaran tsb hingga mendapatkan SP 3. Yg ingin sy tanyakan apakah sy yg sudah bekerja slama 10 thn ini berhak atas pesangon sesuai perhitungan disnaker, bila SP3 berhasih sy dapatkan?

    Salam,
    opie

  64. salam… maaf sebelumnya,saya awam tentang ketenaga kerjaan.Bapak saya kerja di PT kerja dari tahun1991 bulan 6…sampai sekarang dari jumlah karyawan 10 orang sampai jumlah karyawan _+120 status karyawan gak jelas,disebut kontrak juga bukan karena gk pernah tanda tangan kontrak,di sebut karyawan tetap juga tidak karena gk jelas SK nya.Bapak saya kerja di bagian TENAGA AHLI,Sekarang umur bapak saya…tenaga sudah lemah,sering sakit2an.Kemarin hari jumat tgl 6/5/20011ngajuin pensiun.tapi bosnya nahan katanya perusahaan masih membutuhkan tenaga bapak saya …Sedangkan bapak saya sudah tua…Saya mohon penjelasannya.Bagaimana caranya agar bapak saya bisa mengundurkan diri dengan baik2..dan mendapatkan hak2nya terima kasih.Saya mohon blasannya ke email saya terima kasih. salam dedi darmadi

  65. salam … mbak ratutebu … suami saya pada tgl 3 november 2011 berumur 56 tahun. sekarang mengajukan/minta dipensiunkan pada bulan mei 2011 ia telah bekerja mulai february 2002 ( berarti udah 9 tahun lewat dikit ) berapa besar pesangon dan penghargaan yang harus diterima dari perusahaan tempat dia bekerja.mohon petunjuknya …balasannya mohon ke email saya saja. terima kasih … salam dari mery laurens

    • menurut ketentuan undang-undang:

      untuk masa kerja lebih dari 9 tahun tetapi kurang dari 10 tahun, maka:

      Pesangon (UP) 10 bulan upah
      Penghargaan Masa Kerja (UPMK) 4 bulan upah
      Uang Penggantian Hak (UPH) 15% dari UP dan atau UPMK + cuti yang belum diambil

      perhitungan pensiun:
      2xUP ditambah 1xUPMK ditambah UPH

      monggo silahkan dipake kalkulatornya.. :D

  66. Saya seorang PNS (dosen) telah bekerja di sebuah instansi pemerintah selama lebih dari 20 tahun. Usia saya sekarang 52 Th. Saya akan pensiun pada usia 60 tahun. Pertanyaan saya kalau saya mengajukan pensiun dini, berapa pesangon yang saya terima dan apakah saya akan menerima uang pensiun. Trims mba atas jawabannya.

    • pensiun dini dapat diajukan jika telah diatur oleh ketentuan tersendiri atau telah diperjanjikan sebelumnya antara pekerja dan pemberi kerja.. :)
      prosedur dan persyaratannya biasanya sudah diatur lebih rinci..

      sedang hak-hak nya adalah sama dengan hak pensiun normal.. hanya waktunya saja yang dipercepat.. ;)

  67. Salam Ibu Ratu Tebu…

    O. saya mau bertanya tentang uu no 13 tahun 2003 ttg ketenagakerjaan pada pasal 156 ayat 1

    1. Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja, pengusaha diwajibkan membayar uang
    pesangon DAN ATAU uang penghargaan masa kerja DAN uang penggantian hak yang
    seharusnya diterima.

    Apa dasar kekuatan kata “dan atau ” dengan kata “dan” mohon dijelaskan maksud kata tersebut.

    OO. Dalam perhitungan pensiun bahwa uang pesangon dihitung 2 kali, apakah dalam perhitungan pensiun dini hitungan pesangon dapat dirubah misalkan menjadi 1 kali saja.

    mohon jawaban dari ibu, terimakasih banyak

    • artinya baik pesangon dan uang penghargaan masa kerja, keduanya dapat diberikan secara bersamaan, tapi dapat pula diberikan salah satu dari padanya yaitu pesangon saja atau uang penghargaan masa kerja saja.

      namun, untuk uang pengantian hak diberikan bersamaan dengan salah satu atau keduanya :)

  68. kalo ybs pegawai tetap kemudian membuat kesalahan yg mengakibatkan kerugian bagi prshn, apakah prshn harus membayar uang pesangon, kompensasi dan uang penghargaan? mohon penjelasan. makasih

  69. karyawan tetap yg sdh bekerja 3 tahun, melakukan kesalahan yang mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. apakah perusahaan jg diharuskan membayar uang pesangon, kompensasi dan penghargaan?

  70. saya telah bekerja sejak tahun 1988 s/d 30 july 2011,, karena kami berbeda pendapat atau selisih paham maka terjadi lah pemutusan hubungan kerja/ PHK..
    saya mendapatkan gaji pokok Rp:4.750.000 per bulan
    uang makan Rp:45.000 per hari
    yang ingin saya tanyakan. berapakah pesangon keseluruhan nya yang saya terima selama bekerja 23 tahun??
    sebelum dan sesudah saya mengucapkan terima kasih…

  71. Pagi bu, saya mau tanya ne saya kan dulu bekerja di sebuah perusahaan dari Mei 2007 dan keluar di Bulan Oktober 2010 dengan melakukan pengajuan pengunduran diri. Nah, yang saya mau tanyakan apakah saya memperoleh uang penghargaan masa kerja dan uang pisah kerja?? Makasih atas jawabannya. Dan jika perusahaan tersebut tidak memberikan uang penghargaan masa kerja dan pisah kerja apakah perusahaan tersebut bisa dituntut ke depnaker??

  72. perkenalkan nama sy dd,saya bekerja di salah satu perusahaan swasta di daerah tangerang,yang saya ingin tanyakan,,,saya dh bekerja dari thn 2006 sampe sekarang,,,, dengan status saya yang g jelas,,maslahnya dulu saya cuma di kontrak 6 bulan dan sampe saat ini cuma baru sekali tanda tangan kontrak yaitu pertama masuk,,dan thun 2008 saya mengalami kecelakaan kerja sampe mata saya cacat,,
    yang ingin saya tanyakan klw seumpama saya mengundurkan diri dapat pesangon tidak,,,dan supaya dapat pesangon gimana caranya thx,dd

  73. sy mau numpang nanya nih, apakah uang pesangon harus di berikan pdhl kinerja kerja orang tsb walaupun udah lama tp tdk bagus ? Kami para karyawan lainx sangat merasa terganggu dengan kinerja kerja orang tsb

  74. Halo ibu ratu tebu yang baik….

    Saya bekerja di perusahaan multinasional, 7 tahun, gaji terakhir 6 juta.
    Perusahaan berencana merger dengan perusahaan lain yang memungkinkan adanya pengurangan pegawai.
    Apabila saya salah satunya, berapakah kemungkinan jumlah pesangon yang bisa menjadi hak saya?
    Atas bantuan ibu rau, saya ucapkan banyak terima kasih.

  75. siang mbak, selamat iedul fitri 1432H
    mau tanya nih, saya kerja di perusahaan swasta kurang lebih 12th tetapi selama ini perusahaan tidak pernah mempunyai surat pengangkatan ataupun perjanjian kerja, bahkan pernah ada seseorang calon pegawai yg sudah diterima, gara2 bertanya perjanjian kerja, kemudian dibatalkan tidak jadi diterima kerja.
    kasus saya sekarang adalah :
    1.perusahaan tidak bangrut tetapi produknya sudah out of date jadi tidak ada yang beli
    2.pimpinan tidak becus dan plin plan kalau membuat keputusan, tidak pernah konsisten dan selalu abu-2
    3.semua karyawan satu persatu mundur tanpa mendapatkan sepeserpun pesangon
    4.dia tidak akan mem-phk saya, karena selama ini saya kerja merangkap di beberapa perusahaan owner
    5.andai perusahaan akan ditutup sepihak (secara legal belum ditutup) hanya laporan pajak saja yang non aktif
    6. apakah saya bisa mendapatkan pesangon jika saya mundur?
    7.pimpinan tidak mengijikan saya mundur karena akan dipindahkan ke perusahaan lain yang nota bene selama ini sudah saya lakukan tanpa gaji sepeserpun dari perusahaan yang saya bantu tersebut, jadi kerja charity

    Mohon jawaban apakah kira2 saya bisa mendapat pesangon dengan model perusahaan seperti tersebut di atas
    tolong jawaban di email ccewek31@yahoo.co.id atau ccewek31@yahoo.com
    terima kasih

    dini daniar jakarta

  76. salam kenal siaNG MISS…
    untuk pengaturan pesangon bagi tenaga kerja kontrak baik yg lewat out sourching atau tidak bagaimana…? dan bila pekerja dipecat atau mengundurkan diri itungannya bgmn….? tks

  77. Selamat siang ibu ratu,

    Mohon penjelasan beberapa hal yang saya masih belum mengerti.

    Sekilas tentang perusahaan tempat saya bekerja.

    Saya telah bekerja pada salah satu perusahaan A di bidang pertambangan kurang lebih 19 tahun. Per bulan September 2011 ini, perusahaan A melakukan merge dengan salah satu perusahaan B, dimana perusahaan A dan B tersebut ber- afiliasi dengan salah satu perusahaan induk di USA (perusahaan C). Namun kedua perusahaan yang saya maksud bukan merupakan afiliasi satu sama lain. Kedua perusahaan dimaksud bergerak dalam bidang yang sama, yaitu pertambangan.
    Tawaran perusahaan (A) tempat saya bekerja adalah transfer dari perusahaan A ke perusahaan B dengan carry all over (seuruh masa kerja di perusahaan A diperhitungankan), posisi saya di perusahaan A sama dengan diperusahaan B. Tidak ada perubahan sama sekali.

    Permintaan saya kepada perusahaan A, saya dibeirkan pesangon terlebih dahulu dari perusahaan A dan dipekerjakan kembali di perusahaan B dengan masa kerja dari nol. Namun perusahaan A keberatan dan tidak mengabulkan permintaan saya, bahkan akan memberikan pesangon kepada saya.

    Pertanyaan saya:
    1. Apakah ada aturan pemerintah bahwa perusahaan berkewajiban memberikan pesangon terlebih dahulu dan mem PHK karyawan menerima kembali karyawan tersebut pada perusahaan B?
    2. Jika tidak ada aturan yang mengatur hal tersebut, apakah karyawan memiliki hak unutk memilih hal tersebut?

    Saat ini saya dalam proses bepartite dengan HRD perusahaan A.

    Mohon penjelasan dan saran bu Ratu.
    Terima kasih

  78. Malam Mba,
    Saya mau bertanya, disini saya ada kendala sedikit di kantor karena saya memang sering tidak masuk tetapi saya biasanya menyerahkan surat dokter. setelah itu saya di beri teguran langsung berupa SP3 setelah saya mendapat SP3 selang 1 minggu saya di suruh mengundurkan diri.
    yang jadi masalah buat saya adalah :
    Dari pihak perusahaan tidak mau membayar gaji saya apa yang harus saya perbuat ?
    jika memang gara-gara absensi dan saya di PHK apa saya bisa mendapatkan hak saya seperti pesangon Dsb…?
    dan 1 lagi saya di ancam seperti ini oleh pihak perusahaan jika kamu mengundurkan diri secara tertulis maka kamu akan mendapatkan surat keterangan bekerja dan jika kamu tidak mengundurkan diri dan di PHK oleh atasan maka kamu tidak akan mendapatkan apa”….. Jadi apa yang harus saya lakukan ?

    terimakasih atas solusinya

  79. Hallo Sis,

    Saya Suda Bekeraja 2 tahun 8 Bulan, saya mengundurkan diri, hak apa saja yang saya dapatkan dari perusahaan ? bisa minta di kalkulasikan, supaya lebih mengerti, mohon informasinya.

    terima kasih
    eva

  80. Salam bu.
    Saya bekerja di perusahaan lebih dari 5thn dan sebelumnya saya bekerja di dealer dan diminta ke pusat yang beda kota, saat ini saya sudahmengajukan pengunduran diri.
    pertanyaan saya :
    1. bagaimana perhitungan uang pesangon dan uang penghargaan yang mesti saya terima?
    2. Apakan saya berhak atas penggantian hak karena pada prosesnya saya di mutasi atas permintaan direktur sendiri ?

    Trima kasih atas tanggapannya.
    salam
    har nano

  81. saya sudah bekerja 7 tahun diperuasahan A, pada tanggal 30 agustus saya dimutasi langsung oleh owner dengan surat mutasi dan dengan hak2 sampai 30 desember 2010, keperusahan B yang masih satu group dengan perusahan A
    mutasi tersebut tidak diperpanjang hingga sekarang, dan pada tanggal 5 september saya diberhentikan diperusahan B dengan alasan mengulangi kesalahan ( saya pernah dikasi repriment 1), namun saya melakukan protes, dan akhirnya oleh management B saya dikembalikan berdasarkan surat mutasi, gimana semestinya aturan tentang PHK sepihak ini
    karena pihak owner rencana memberikan pesangon dengan kendisi gaji saya di perusahan A, padahal diperusahan B
    gaji saya lebih tinggi

  82. Salamsaya bekeja di perkebunan kelapa sawit selama 5 tahun dan ingin mengajukan PHK, karena tidak sesuia dengan tingginya biaya hidup dengan 2 orang anak yang sekolah.mohon informainya untuk pengajuan PHK, dengan daasar apa saya harus mengajukan permohonan PHK. Mohon bantuannya. terimakasih atas tanggapannya.

  83. saya bekerja sdh 3 tahun sbg kepala gudang, baru 2 minggu di phk alasan di phk karena saya lupa membuat list daftar barang yang di pindah baru 1 hari hanya sepele waktu pindahan gudang,hari sabtu dan seninnya langsung di phk ( pindahan barang dari gudang 1 ke gudang baru tidak jauh sekitar 20 meteran/ masih 1 komplek tidak ada pencurian barang ) tanpa ada sp 1 dan seterusnya. Tidak ada jamsostek, uang lembur juga tidak jelas tapi tiap bulan dipotong 50 ribu dari gaji dan 100 ribu dari bonus perbulan. saya hanya dapat pesangaon 3 x gaji pokok aja padahal gaji pokok hanya 60% dari gaji tiap bulan yang diterima. contoh gaji yang diterima tiap bulan 1 juta jadi gaji pokonya cuma 600 ribu. sedangkan sisa uang kerja, uang potongan gaiji 50 ribu dan 100 ribu per bulan selama 3 tahun belum di berikan. kerja dari jam 08.30 sampai 17.00, bila lembur perhitungan lemburnya baru dihitung mulai jam 18.30. gimana caranya saya menuntut hak saya yang belum terbayarkan? kalau lapor di depnaker gimana dan di bagian apa? mohon tanggapannya makasih

  84. saya seorang pegawai di SPBU akhir bulan november 2011 Tempat kerja saya sudah tidak beroperasi dikarenakan kontrak lahan sudah berakir dan sudah tidak bisa diperpanjang. dan boss saya memberi opsi 1. keluar 2. dipindah kecabang SPBU milik boss saya ..yang mau saya pertanyakan kalau saya sudah gak mau dipindah dan saya berniat keluar maka apakah bisa mendapatkan pesangon yang wajar. saya bekerja mulai tahun 2005..apakah ada kriteria untuk tingkatan perusahaan….?

  85. saya berkerja di koperasi telkom selama 13.5 tahun dengan sistim kontrak,setiap tahun dapat uang pesangon. dalam kurun waktu tersebut 4 kali pindah perusahaan dan september 2011 di phk tanpa suatu alasan yang jelas.yang saya ingin tanyakan hak-hak apa saja yang kami dapat misal seperti pesangon dan sebagainya tolong penjelasannya terima kasih

    tolong jawabannya di email ke Hasballahpoun@yahoo.co.id

  86. Hormat utk bapak/ibu saya mau tanya apakah tenaga kontrak 6 bulan dapat pesangon kl dapat berapa dan apakah ada peraturannya?kalau ada tolong tunjukan peraturannya

  87. saya baru aja mengundurkan diri, tapi blum menyerahkan surat pengunduran diri, tapi oleh pihak manajemen saya udah dinyatakan tidak bekerja lagi, sebenarnya saya tidak mau mengundurkan diri, tapi oleh pihak managemen saya telah terlanjur mengundurkan diri, apa yang harus nya saya lakukan dan kemana saya harus melapor…?

  88. mertua sy karyawan d’sekolah, sudah 10 thn kerja, mau d’keluarkan dengan alasan sakit-sakitan, padahal pekerjaan suka d’gatikan sama istri saya selama ibu’y sakit, pihak sekolah bilang tdk ada uang pesangon, sy harus melapor k’mn?
    sy tunggu jawaban’y, terimakasi.

  89. Klu untuk karyawan kontrak sudah bekerja selama 5 th jika mengundurkan diri apakah perusahaan berhak memberikan uang pesangon or uang jasa?
    jika karyawan tetep telah beberapa kali berbuat salah dan merugikan perusahaan. Dan perusahan memecatnya apakah perusahaan berhak membayar pesangon?

  90. >UMR itu gaji pokok+tunjangan tetap saja atw gaji pkok doang?
    >sya mw tnya ap bedanya
    1.UMK
    2.UMR
    3.GAJI POKOK

    >Bagaimanakah cara perumusan penentuan besar/kecilnya jumlah rupiah UMR tsb?
    >bagaimanakah rumus besar/kecilnya tunjangan transport?

  91. Bapak/ibu saya mau tanya, apakah sebuah PT berhak mengeluarkan sebuah kontrak kepada buruh/karyawannya yang isinya bila perusahaan tersebut melakukan PHK tehadap karyawan/buruh, maka buruh/karyawan tersebut wajib membayar denda kepada perusahaan sebesar 9x gaji bulanan. apakah ketentuan tersebut menyalahi aturan hukum. mohon jawabannya karena di jogja ada perusahaan yang membuat kontrak seperti itu.

  92. setahu saya…contoh:
    >anda bkerja dg sstem kontrak slma 1 tahun..bila dlm prjalanan krja anda blum genap 1 tahun dan perusahaan mngeluarkan anda maka sisa kontrak anda (tinggal berapa bulan lagi) maka yg berhak mengganti uang ganti rugi adalah perusahaan tsb.. dengan perumusan sbb:
    contoh =
    sisa masa kontrak x upak pokok 1 bulan = uang ganti rugi
    9 bulan x rp.1.200.000 = rp.10.800.000
    maka perusahaan wajib mmberikan uang ganti rugi tsb sbesar d atas

  93. saya dan teman2 bekerja di perusahaan broadcast yg ternama dan ada yg bekerja slama 9-10 thn. itu pun stlah tanda tangan kontrak dr hrd dithn 2002, sblm ada tanda tangan kontrak kita sdh bekerja di thn sebelumnya klo di total tiap tahunnya bisa smp 15 – 20 thn bekerja. Minggu ini kami dipanggil hrd untuk menandatangi sebuah kontrak baru yg menyatakan kita di OUTSORCING, kita mrasa dirugikan krn aturan di perusahaan lain klo kita bekerja slama 1-2 thn hrs menjadi karyawan tetap. tp perusahaan kami tdk spt itu. dan malah kita dipaksa utk tanda tangan tp kita kompak tdk tanda tangan, krn aturan dr perusahaan tsb memberikan pesangon yg tdk layak menurut kami dan tdk manusiawi, pdhl perusahaan kami itu sehat dan tdk pailit…. kita diberikan pesangon dgn hitungan…

    gaji Basic x masa kerja + 1 kompensasi perusahaan…
    Rp. I juta x 9 thn + 1 juta = 10 juta….

    pertanyaan saya,….

    1) “Apakah Pantas perusahaan tsb memberikan Uang pengganti dgn nominal tsb, pdhl kita sdh bekerja sangat lama ???”

    2) ” yang lebih pantas hitungannya spt apa ???”

    3) “Undang2 Tenaga Kerja tahun berapa kah yg di pakai aturan perusahaan tsb dan di negara ini ????”

    4) “Apakah ada Pengacara yg akan mau berpihak dan membantu kami, krn perusahaan kami boleh diblg banyak uang…”

    dan smp saat ini kami masih bertahan, tetap bekerja, berpikiran sehat dan tdk arogan….
    menunggu keputusan dr perusahaan….
    terima kasih…

  94. saya ingin menanyakan apakah perhitungan pesangon untuk perusahaan Pertambangan Batubara , mengikuti perarturan untuk perusahaan umum lainnya?.

    Selain dari perhitungan menurut UU no.13 tahun 2003 , apakah ada perhitngan lain yang bisa menambah pesangon, misalkan BONUS (perusahaan sudah beroperasi selama 3 tahun dan selama masa itu karyawan tidak pernah menerima bonus penjualan batubara) apakah ini dapat kita tambahkan dalam perhitungan pesangon

    Thanks, saya menunggu kabar baiknya

  95. ratu tebu…mhn bantuan advisenya, saya & teman teman baru 3 bln kerja di perusahaan tersebut, padahal kontrak kerja kami adalah 6bln, tetapi kami disuruh mengundurkan diri secara massal, karena prsh tdk mau mem pHK kan kami, & kami di janjikan akan menerima surat referensi kerja & pesangon 1 bln gaji yang akan di bayar di pertengahan bulan berikutnya, yang ingin saya tanyakan, jika saya & teman” akan membuat surat perjanjian diatas materai 6000, untuk mencegah hal’ yang tidak di inginkan, apakah itu sah?

    Mohon di balas segera Ya ratu, karena Urgent…
    Terima kasih sebelumnya & mohon dibalas ke email saya saja

  96. saya mengundurkan diri dr perusahaan dan sudah 12 th saya bekerja…saya hanya menerima uang penghargaan 1.700.000 rb….apakah ada undang2nya…

  97. bu ratu tebu yth,
    saya mau menanyakan mengenai masalah saya sbb :

    saya sudah bekerja selama 6 tahun diperusahaan cuci/poles mobil. dan saat ini perusahaan saya sedang renovasi gedung kantor dan pindah tempat, kebetulan saat ini saya juga sedang dalam masa cuti hamil/melahirkan , masuk bulan ke 3.

    saya belum menerima gaji saya selama cuti ini, dengan alasan perusahaan tidak mampu dan saya diberhentikan sementara katanya sampai kantor baru selesai direnovasi, dan apabila saya pada saat itu mau bekerja silahkan, tidak mau ya silahkan , menurut pimpinan perusahan disitu.

    yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya berhak meminta gaji saya selama cuti melahirkan tsb, dengan kondisi diatas..?? adakah pasal / peraturan yang menguatkan saya.?

    adakah peraturan pemerintah untuk pemberhentian sementara di perusahaan swasta ?

    kemudian, kepada siapakah yang bisa membantu masalah saya untuk meminta gaji saya selama 3 bulan + pesangon apabila perusahaan memang ingin memecat saya.

    kemanakah saya bisa melapor.

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak bu.

    salam,
    Marry Christina

  98. pak/bu saya buruh disalah satu pabrik mebel PT. CITRA PERKASA.di alamat jln. abd.rahman Dsa. Pabean, Kcmtn. Sedati, Kab Sidoarjo.saya punya masalah dengan pabrik tmpat saya bekerja, saya Sudh bekerja slama 20th, tp bulan in sy dimasukkan k harian lepas dan sy tidak trima dengan keputusan in, akhirny sy d PHK. untuk hitungan pesangon, bagaimanakah perhitungan pesangon saya, sdangkn upah saya perbulan -/+ Rp.700.000-, mohon pendapat dan solusinya?

  99. saya adalah salah satu karyawan mandalaairlines yg mana pada gl 13 jan 2010 dinyatakan stop operasi kemudian perusahaan berdasarkan surat kesepakatan bersama yg dibuat minta waktu pembayaran peangon sampai 90 hari kerja,tapi sampai saat ini belum mendapatkan haknya ,hanya gel 1 yg mendapatkan 15 perc sementara gel 2 yg mulai di phk pada bulan agustus 2010 sama sekali belum mendapatkan haknya……….managment mandala dengan mudah hanya mengeluarkan surat permintaan maaf sampai lebih dari 3 surat……., jika ada teman rekan2 or lsm yg bisa membantu dan menekan management mandala untuk membayarkan pesangon kami atas nama karyawan siap untuk diklarifikasi atas kebenarn berita ini

  100. saya mau tanya penjelasan untuk pasal 8 ayat 3. apakah itu untuk pegawai tetap saja…?
    saat ini saya sudah tidak bekerja karena kontrak tidak diperpanjang. lama saya bekerja sudah 6 tahun dari oktober 2005 – januari 2012 dapat tali kasih 2x gaji, saya terdaftar di jamsostek dari perusahaan sejak 2006. dari 2005-2012 status kontrak bukn tetap. melihat lamanya saya bekerja apakah hak saya untuk mendapat pesangon sudah sesuai dengan peraturan perundang2an…?
    saya mohon penjelasannya, agar saya dan teman2 saya bisa meminta hak kami. trims

  101. Apabila ada seorang karyawan yang lagi cuti melahirkan, tiba2 masih dalam keadaan cuti perusahaan melakukan PHK terhadap karyawan tersebut yg telah bekerja lebih kurang 5 tahun, apakah boleh atau tidak, dan mereka hanya memberika 3 bulan gaji, apa tindakan yg bagusnya dilakukan oleh karyawan tsb karena merasa sudah tidak adil perusahaan terhadap dia, langkah2 apa yg akan dilakukan oleh karyawantsb?

  102. Saya mau tanya bagaimana uang pesangon yg harus saya terima jika saya belum genap bekerja satu tahun karena kurang satu bulan sementara perusahaan sudah stop saat ini karena alasan audit alias bangkrut jadi seluruh karywn sudah distop bekerja saat ini saya gaji satu bulan cuma terima rp1.225.000/bulan mohon dijelaskan sesuai uud ketenaga kerjaan indonesia.trmksh

    • saya telah bekarja di salah satu perusahaan selama kurang lebih 7 tahun, akir akir ini saya ada masalah dengan atasan, selama bekarja saya merasa selalu dirugikan oleh perusahaan dengan cara di beri janji janji palsu oleh perusahaan. seandainya saya mengundurkan diri dari perusahaan ini, apakah saya mendapat hak uang pesangon dari perusahaan.
      mohon pencerahanya

      thx kapit

  103. Mba Saya mau bertanya..??

    Perusahaan Kami berdiri hampir 33 Tahun bergerak dibidang Engineering, Procurement and Construction pada tahun 2007 perusahaan yang sebelumnya dimiliki oleh Yayasan Veteran (Angkatan) karena UU yang baru melarang untuk Angkatan berbisnis maka dijual ke Salah satu Perusahaan TBK.
    dan di tahun 2011 mulai kesulitan keuangan sampai terjadi Rasionalisasi atau pengurangan Karyawan,

    yang saya ingin tanyakan adalah :
    bagaimana apabila ada karyawan yang dengan suka rela mengundurkan diri dengan alasan melihat Kondisi Perusahaan apakah berhak mendapatkan uang pesangon sebagaiman diatur dalam UU yaitu 2x atau sama dengan Karyawan yang terkena PHK..

    sebagai informasi di perusahaan kami SP baru dibentuk pada tahun 2010, dan kami ingin memperjuangkan untuk hal tersebut melalui SP dengan mengajukan PKB, kami mengharapkan apabila ada tulisan atau artikel tentang hal tersebut dapat dikirimkan ke alamat email saya…

    atas bantuannya terima kasih.
    B&R
    Laimin Wikarta

  104. saya bekerja udah 21 tahun di pt perkayuan di pekanbaru masuk 6 maret 1991 sampai sekarang 26-2-2012 di phk berapa uang pesanggon yg di dapat upah pokok rp.1.260.000 sebulan

  105. Mohon penjelasan berapa upah pesangon bg karyawan yg di PHK krn sakit kecelakaan saat berangkat ke tempat kerja (sakit berkepanjangan)
    Bila ;
    -masa kerja : di atas 19 thn
    -gaji pokok : Rp.2.015.000
    -insentif operasonal : Rp.201.500
    (jam kerja 8jam dengan jadwl 6:1)

    Bagai mana itung2annya..

    + apakah uang pesangon PHK tetap dikenakan pemotongan pajak penghasilan oleh pemerintah?

    Makasih atas respontnya :)

  106. saya mau tanya ! setelah dinyatakan digsona dokter : saya tidak bisa bekeja mengedarai kendaraan yang bergetar , terus bagaimana perundang-udangan nya klu saya dipindah ke departemen msh sipatnya membahayakan kesehatan saya ??

  107. saya udah kerja di pabrik dari tahun 1999 sampai sekarang,dan perusahaan mau mem phk kan karyawan,berapakah uang pesangon yang harus saya terimah.
    pabrik mau mem phk kan di karenakan barang2 nya bermasalh,

  108. wah.. baca komen komen diatas.. kayaknya koq permasalahan karyawan banyak banget ya ?? tapi walaupun begitu.. kita sebagai karyawan ada baiknya juga intropeksi diri.. apakah kita sudah memberikan yang terbaik untuk tempat dimana kita bekerja? tempat dimana kita mencari nafkah. karena pada akhirnya kalau kerjaan kita memang tidak baik, pasti atasan kita maupun pemilik perusahaan tidak mau menggunakan kita lagi. apalagi iklim kompetisi di sekitar kita makin ketat. ditambah banyaknya perusahaan yang mulai melirik negara lain untuk membuka usaha karena dinilai pekerjaan orang di negara lain lebih baik dengan biaya yang lebih murah. kalau sudah begitu yang rugi kita semua juga. oleh karena itu.. hendaknyalah kita juga memperbaharui kemampuan kita supaya kita tidak tergeser oleh orang orang yang mempunyai kemampuan yang lebih baik dari kita. ditambah lagi akhlak dan moral yang baik.. niscaya atasan kita maupun pemilik perusahaan tempat dimana kita bekerja akan terus memperjuangkan kita.

  109. selamat pagi, saya bekerja dua tahun pada sebuah outsourching dengan upah gaji pokok 1.560.000 dan uang makan 200.000 serta lembur langsam 360000, setelah 2 tahun outshorcing tsb kalah tender, kemudian saya bekerja lagi pada outshorching yang lain… apakah selama 2 tahun bekerja di outshorching pertama saya berhak atas uang pesangon atau uang penghargaan masa kerja seperti yang tertera pada UU no 156 th 2003… mohon balasannya … trimakasih

  110. selamat siang,saya sudah berkerja 4,7 tahun disuatu perusahan,saya diskorsing 3 minggu karena saya mengambil cuti saya selama 3 hari,tanpa surat cuti saya belum ditanda tangani pihak perusahaan, karena perusahaan tidak memiliki HRD,memang saya salah disitu,tapi yang saya permasalahkan melakukan skorsing tanpa adanya surat peringatan 1 apakah itu diharuskan?…mohon balasannya…thanks

    • hormt bpk/ibu,saya mhn pencerahan,,,ditempat sy kerja tepatnya kodya tangerang upah nyg kami terima 45000/hari(hl),lembur 4500/jam,,,(jam mati)lain2 tdk ada ..pdhl kami kerja 2 shift(long shift)…bagi kami itu sangt jauh mnyimpang dari umr 2012…lantas langkah apa yg bisa kami lakukn agar hak normatif kami terpenuhi..?info krywn yg ada berkisar 600 krywn

  111. saya pekerja/karyawan tetap perusahaan swasta (PMA): dengan masa kerja 18 tahun, gaji / bulan Rp.29 jt. (gaji bersih+JHT+Pajak), umur 60 thn (waktunya pensiun).
    Pertanyaan saya : Bagaimana cara menghitung pesangon saya untuk kategori pensiun (mohon rinciannya & jumlahnya).

    Untuk semuanya saya sampaikan terima-kasih

  112. saya bekerja dari mulai masuk tidak pernah tekan kontrak selama 3 tahun, tapi saya hanya punya kartu jamsostek, lalu perusahaan memutuskan hubungan kerja.
    apakah saya mendapatkan hak saya
    1. uang pesangon
    2.penghargaan masa kerja
    3.uang penggantian hak

    terima kasi
    balas ke email saya

  113. Dear, saya seorang karyawan swasta bekerja sudah 14 th dgn gaji bruto + Rp 3 jt/bulan. yg ingin saya apa gaji bruto / gaji pokok yg di hitung. karena tgl 16/02’12 saya kena PHK, tp sampai saat ini belum mendapatkan HAK uang pesangon. apa benar perhitungannya seperti ini :
    a. 2 x 9 ( Rp 1.700.000.- ) = Rp 30.600.000.-
    b. 1 x 4 ( Rp 1.700.000.- ) = Rp 6.800.000.-
    c. a + b x 15%
    = Rp 5.510.000.-
    total a + b + c
    = Rp 42.910.000.-
    apa benar seperti ini perhitungan uang PHK / pesangon. trim’s sebelumnya

  114. saya bekerja di perusahaan yang baru berdiri selama 4 bulan tanpa ada kontrak dan sekarang atasan memutuskan hubungan kerja secara sepihak,,bagaimana saya menuntut hak saya sesuai dengan hukum yang berlaku ??

    tolong balas secepatnya

    terimakasih.

  115. ibu saya mau tanya…apakah setiap perusahan wajib membayar pesangon buat karyawan yang dipecat…??UU no berapa pasal berapa…??saya sudh bekerja 1,5 tahun…dan sepertinya saya akan segera diberhentikan…??apakah saya bisa dapat pesangon…dan bagaimana perhitungan pesangon buat saya..??

  116. Saya bekerja di BATAVIA AIR dari tahun 2003 dan di PHK tahun 2011, karena kesalahan yg pernah saya lakukan di tahun 2010, namun bulan agustus 2010 saya sudah membuat surat pernyataan utk mengulangi lagi kesalahan tsb..,tapi kenapa tiba2 bulan Oktober 2011 saya di PHK karna kesalahan setahun yg lalu dan tanpa SP juga tidak mendapatkan pesangon sama sekali bahkan gaji saya dipotong 50%…, kemana saya harus mengadukan perbuatan perusahaan saya ini… TOLONG BANTU SAYA.

  117. saya bekerja di perusahaan asing (eksplorasi emas) kurang lebih 1.5 tahun lamanya, ketika kontrak pertama saya habis perusahaan langsung tidak memperpanjang kontrak saya tanpa pemberitahuan 1 bulan sbelumnya (semacam surat pemberitaun) sesuai dengan yang tertulis di dalam kontrak, jadi saya tidak di berikan pesangon sedikitpun, saya merasa di rugikan oleh perusahaan karena tidak ada surat pemberitauan 1 bulan sebelumnya dan pemutusan kontrak sepihak, kira2 apa alasan jika kita menuntut perusahaan karena keslahan trsebut..
    mohon di balas paling lambat besok pagi..terima kasih banyak sebelumnya atas bantuannya

  118. ass.wr.wb, sya bekerja dari tahun 2000, tapi pada tahun 2007 baru berbentuk PT, awal januari 2012 sya di phk, karena alasan yang gak jelas, dan sya hanya menerima uang Rp. 10.000.000,- itupun gaji bulan desember gak dibayar, dan tidak ada program jamsostek, sedangkan gaji yang sya terima tiap bulannya Rp.2.350.000,-/bln, apakah uang tersebut sesuai dengan masa kerrja saya, mohon pencerahanannya?segera?

  119. saya sudh berkerja dri 10 feb 2010 sampai juli 2012 dan d phk tgl 15 juli 2012, gaji sya 2.300.000 tdk ada jamsostek ato tunjangan lainnya daerah domisili sy di papua… berapa pesangon yg harusnya saya terima ya

  120. saya bekerja di perusahan batu bara sdh sekitar 4 thn, tapi kerena site kami yang satu sudah selesai kami mau di pindah ke site yng baru tanpa ada kejelasan setatus di site yang baru dan perhitungan di site yng lama,apakah kami selaku karyawan mendapatkan perhitungan pesangon dari site yang lama sedangkan perusahaan yang kami ikuti adalah perusahaan asing.apakah peleburan dari PMA sama PMDN itu ada?
    tolong jelaskan secepatnya trims………..

  121. hy nama saya PERI saya mau bertanya seputaran tentang PHK*(pemutusan hak kerja),,begini,apakah apabila seorang karyawan melakukan pelanggaran aturan atau tata tertib disiplin perusahaan tanpa di sengaja dan si karyawan tsb di PHK,,apakah dia masih mendapatkan hak pesangon atau tidak..????? mohon jawabannya…… trims wassalam

    • PHK (Pemutusan Hubungan Kerja)

      dalam pertanyaan saudara, saya tidak membahas mengenai kategori kesalahan yang di PHK ya.. saya juga tidak membahas masalah sengaja/tidak sengajanya dan Benar/Salah prosedur perusahaan melakukan PHK.

      disini saya hanya menggaris bawahi bahwa hak pesangon diberikan kepada mereka yang memenuhi syarat masa kerja. (lihat pasal 156 uu 13/2003)

  122. Siang mba … mo konsul nih.. mengenai pesangon. Di perusahaan tempat saya bekerja akan melakukan pengurangan karyawan. Dan terhadap beberapa karyawan yg masuk dlm kategori di phk tersebut ada yg msh mempunyai hutang pada perusahaan. Perusahaan memang akan memberikan pesangon sesuai UU. Yang ingin sy tanyakan, apakah trhdp karyawan yg masih mempunyai hutang tersebut, pesangon yg didapatnya bisa di potong untuk membayar hutangnya pada perusahaan? Mohon masukannya ya mba ?
    terima kasih.

  123. mau tanya mba,
    ayah saya seorang Pensiunan (pensiun dini) dari sebuah perusahaan BUMN.dengan masa kerja 27 tahun 9 bulan,
    dimana perusahaan tersebut menggunakan sistem pembayaran pensiunan “manfaat pasti” (yang di bayarkan tiap bulan)
    ayah saya baru saja meninggal dunia,beberapa bulan lalu,dan oleh perusahaan dana pensiun ayah saya di alihkan ke ibu saya.(pensiun janda)
    saat ini ibu saya ingin mengambil penuh Pensiunan ayah saya tersebut (tidak di bayarkan bulanan lagi).
    yang ingin saya tanyakan:
    1.bagaimana perhitungan pengambilan keseluruhan uang pensiun ayah saya tersebut
    (ayah saya pensiun usia 52 tahun,dan meninggal usia 64 tahun)
    2.apakah menurut UU tenaga kerja ada tertulis bahwa apabila pensiunan mengambil penuh uang pensiun nya maka dana pemeliharaan kesehatan (pengobatan) nya tidak di tanggung lagi?
    (karna selama ini ayah dan ibu saya biaya kesehatan di tanggung oleh perusahaan tersebut)
    dan apakah benar jika uang pensiun di ambil maka dana kesehatan tersebut juga ikut hangus,tanpa ada kompensasi sama sekali.

    mohon bantuan penjelasan nya mba, mengingat ibu saya membutuhkan dana untuk modal usaha namun beliau ragu apabila uang pensiun di ambil maka dana kesehatan tersebut juga di nyatakan hangus tanpa ada kompensasi sama sekali (menurut pihak pengelola dana pensiun perusahaan),apalagi setelah di tanyakan ke pihak pengelola dana pensiun tersebut, uang pensiun yang hendak di ambil keseluruhan oleh ibu saya tersebut jumlah nya juga tidak besar.

    kami mohon dengan sangat bantuan nya mba.
    terimakasih sebelumnya dan maaf apabila pertanyaan saya terlalu panjang.

  124. Mau tanya, perusahaan tempat saya bekerja adalah perusahaan asing yang bergerak dibidang pertambangan. dikarenakan kegiatan berkurang otomatis terjadi juga pengurangan karyawan. Saya mau menanyakan perhitungan uang pesangonnya karna banyak dari karywan yang kurang puas. Dan apakah ada perbedaan perhitungan karena bergerak dibidang pertambangan dan perusahaan penanaman modal asing?

    terima kasih dan mohon dijawab secepatnya

  125. Ibu ratu tebu yang baik ,mohon penjelasanya sedikit tentang pertanyaan yang saya alami saat ini,saya bekerja selama setahun dan di berhentikan secara sepihak oleh Manager saya dikarenakan masalah personality,selain biaya kompensasi atau pesangon yang saya terima,hak – hak apa sajakah yang saya dapatkan kembali dari perusahaan tersebut,dikarenakan saya juga tidak pernah mendapatkan SP dari perusahaan.

  126. sya mw nanya nih,,
    sya krja di prtmbngan mineral dan di kontrak lam 1 thun,, tpi stlah 3 blan bkrja sya kena mslah dan keputusannya hrus di PHK,, apakah saya dpat sisa kontrak selama 9 bulan sisa kontrak saya..?????
    mhon penjelasannya ya…!!!!!

  127. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, hipotek, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, modal risiko, dll.Kami menawarkan pinjaman dijamin untuk individu, perusahaan dan badan usaha berbadan hukum dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau 3%, Kami menawarkan semua jenis pinjaman asli. Hubungi kami hari ini melalui: marylenders3@gmail.com

  128. Halo, aku Mr Daniel Chambers, pinjaman pribadi pinjaman badan yang
    Berikan waktu hidup kesempatan untuk pinjaman pribadi untuk melunasi tagihan, utang
    dan membuat bisnis Anda sendiri. Hal ini juga memberikan pembiayaan pinjaman pribadi
    perusahaan dan individu pada tingkat 2%. Jadi, hubungi kami hari ini
    Via email danielchambers717@outlook.com

  129. Sy sdh bekerja di perusahaan mulai 14 jan 2004 dan resaind tgl 31 juli 2013. Sy resaind dari perusahaan secara baik baik dan sesuai prosedur. Pertanyaan saya 1. Hak saya tidak di tanggapi dan belum dibayar perusahaan. 2. Sy sudah berulangkali bertanya ke perusahaan tapi diacuhkan. 3. Pada lembaga mana saya harus melaporkan hal ini.

  130. Saya heran gmn sih penerapan UU No. 13 tahun 2013 itu, kok smcm gak ada realisasinya. Contohnya aj saya da kerja sebagai pelaksana program pemerintah yang gajinya gak seberapa dan sudah bekeja selama 6 (enam) tahun, tidak pernah cacat hukum didukung masyarakat, menjadi orang yang ditakuti fasilitaor (konsultan) karena anti korupsi disuruh/ disiasati mengundurkan diri tanpa ada pernyataan pemberian imbalan atau pesangon sedikitpun.

  131. Ibu yang baik, mohon diberikan pencerahan untuk saya dimana saya bekerja baru 16 bulan dan sudah diangkat sebagai karyawan tetap tetapi tanpa melakukan kesalahan tiba tiba saya di PHK bisa info kesaya LSM atau badan organisasi yang bisa membantu untuk mengeluarkan hak hak saya karena ada ancaman dari pihak managemen pesangon saya akan di hold jika piutang customer tidak diberes kan segera. dan pesangon pun hanya diberikan 1 bln gaji saja sepertinya saya dipermainkan oleh management

  132. Ibu yang baik Hatinya…mohon saya di beri pencerahan…kami di wilayah kota surabaya..
    Ayah saya sekarang masih bekerja di perusahaan swasta, usia ayah saya sekarang sudah 75 tahun, dan sudah mengabdi di perusahaan tsb +/- 35 tahun… sekarang kondisinya sudah tidak kuat lagi untuk bekerja, tapi perusahaan terkesan membiarkan alias Nggak Perduli…mungkin pikirnya dari pada perusahaan kasih pesangon lebih baik di suruh kerja sekuatnya….pertanyaan saya apakah pesangon untuk pengunduran diri di usia Tua dari Perusahaan Swasta itu ada aturannya? terutama untuk perhitungan Besar “Pesangon + Penghargaan”-nya….dan apakah jumlahnya sama dengan Pesangon Pekerja yang di “PHK” ?

    Terima Kasih dan Maturnuwon….

    Best Regard’s
    Ilham Subekti

  133. Ibu yang terhormat,
    mohon saran dan masukan….perusahaan tempat sy bekerja marger, masa kerja sy diperusahaan A sejak 1995 – 2008 dan sejak 2008 – hingga sekarang sy bekerja diperusahaan B….sebelum marger sy dan teman2 menanyakan masalah pesangon sy diperusahaan A berhubung dirut diperusahaan A dan B sama maka kami dijanjikan pesangon akan diteruskan diperusahaan B tanpa ada perjanjian tertulis, pada suatu saat saya dan teman2 coba menanyakan hal ini kepemegang saham lainnya….tp mereka tidak tau menahu bahkan tidak mengerti. dan sekarang sy terkena masalah keuangan dengan perusahaan B, kira2 bagaimana dengan nasib pesangon saya baik diperusahaan A maupun diperusahaan B??

  134. Mba ratu tebu , saya mau tanya bagaimana kah perhitungan kompensasi perubahan perusahaan dari CV ke PT . Dan di pekerjakan kembali .

  135. saya SRi PUJI WASITA anak 5, saya mohon petunjuk Ibu, Saya karyawan TETAP. Karena kecelakaan lalulintas saat hendak berangkat kerja saya ditabrak Bus hingga kaki kanan saya Paha dan tulang panggul saya hancur dilindas ban belakan Bus. Alhadulillah hasil operasi paha saya hasilnya baik. Namun paha saya harus dioperasi sampai 3x karena mengalami pergeseran. Tapi alahdulillah puji Tuhan hasil operasi ke 3 ini saya rasakan cukup baik seytelah 6 bulan ini. Hanya kesedihan saya, saya sangat kaget akan di PHK oleh pihak management kantor saya apabila dalam tempo januari 2015 saya tidak sembuh akan di PHK.

    Saya mohon petunjuk ibu. apakah hal ini sudah adil?
    1.Padahal saya kecelakaansaat akan bekerja krn juga memburu waktu akan bekerja fungsi pengawasan di Kedutaan Inggris dan hotel marriot saat itu meski berakhir didalam kecelakaan yang sama sekali saya tidak berharap.
    2, kalau saya di PHK apa saja yang seharusnya saya terima (hak karyawan yang di PHK krn penyakit akibat kerja)
    – gaji pokok saya Rp. 7.800.000 per bulan, transportasi 1000.000 kalau saya kerja, incentive 4.000.000 kalau saya masuk dan sesuai target
    – oleh perusahaan saya, saya diikutkan pada asuransi CAR prodensial untuk biaya inap rumah sakit
    – Oleh perusahaan saya saya diberi biaya kesehatan terhadap 3 anak dan 1 istri dengan cara rembes 80 % dibayar dengan uang perusahaan.
    3. Kalau saya merasa masih mampu bekerja meski jalan saya pakai tongka penyangga 2 masih saya bertahan dengan alasan tsb ibu.

    demikian mohon petunjuk dan atas perhatiannya diucapkan terima kasih. amin

    Salam sejahtera dan sehat selalu
    PUJI

  136. Pak / Ibu Yth :
    Saya karyawan kontrak di salah satu Offshore Construction Co yg sdh bekerja selama 1 tahun dan saya di PHK kan tepat pada masa berakhirnya kontrak dgn alasan kontrak sdh beakhir, tetapi bukan itu alasan yg sebenarnya. Yg benar adalah saya di PHK krn sakit yg berkepanjangan (stroke) yg saya alami waktu dalam tugas diluar kota (surabaya) krn stress meliat system kerja, rumitnya dokument dan system adm yg sangat kacau, logistics yg kacau system kerjanya, penekanan kerja dari atasan yg mau selesai dgn cepat dan tuntas dan banyak lagi. Perusahaan menghindari pengeluaran biaya2 utk pengobatan saya dll. apa resikonya dan ada pesangon atau tidak bagi yg sakit akibat hubungan kerja . tolong kami bagaimana jalan keluar yg benar. trima ksh.

  137. Saya Sales Tetap Udah 3 tahun kerja, udah dapat SP1 dan SP2 dengan alasan mengada ngada tanpa ada kesalahan sy,perusahaan bikin trik spya sy g betah,target insentif sy nyampe terus skitar 15 jutaan blm diberikan, apa hak2 saya klo dipecat,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s