Save The EartH!!!

Sampah dimana-mana,, pengen menulis himbauan “dilarang buang sampah sembarangan,,” tapi udah banyak,, yang ga dipatuhi,,
Mau menulis tentang petunjuk buang sampah yang baik,,
Tapi takut gak da yang baca,, dan akuw juga bukan orang yang ahli dalam menyampaikan dengan baik sesuatu dalam bahasa formal,, ksannya kaku bgt,,

Jadi,, sambil stengah bercerita,, akuw pengen mengajak pembaca untuk sama-sama menjaga bumi ini,, karna bumi ini bukan warisan nenek moyang,, tapi sesuatu yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita,, jagalah bumi,, sehingga anak cucu kita pun akan mewarisi bumi yang indah,,

Banjir di jakarta,, juga akibat sampah yang dibuang sembarangan,, bahkan diberitakan bahwa sampah di bantaran kali ciliwung sampai bisa dilewati orang diatasnya,, kaya’ jalan gitu,, wuuuiiiihhhhh,, kebayang ga siy sampahnya sebanyak apa,, belum lagi dikota-kota lain,, uh,, kebayang ga siy banyaknya sampah diindonesia,, belum lagi di dunia,, mungkin kalo dikumpulin dan di lem smua,, bisa jadi planet baru!!! Iiihhhhhh,, jijik bgt ga siy? Planet sampah,, (tapi ngabisin lem brapa banyak yaw???? :p)

Beberapa waktu lalu saat sedang mudik lebaran,, kami sekeluarga mampir ke rumah oom dan bulik di skitaran kiara condong, Bandung, Jawa Barat,,
Setelah Bandung pernah diberitakan mengalami masalah dalam pengumpulan dan pembuangan sampah,, ternyata,, dirumah tante pun bgitu,, tukang sampah yang datang tidak mau mengangkut sampah-sampahnya,, walhasil,, gunungan sampah punterbentuk,, menjijikkan dan tentunya banyak penyakit yang akan timbul,, lalat-lalat pun ikut mampir membawa serta keluarga lalat,, suasanapun semakin tidak menyenangkan bagi manusia yang tinggal disekitarnya,, sehingga,, dia punya ide,,

P.S. terimakasiy bulik nung,,

>>meskipun bukan murni ide dia sendiri,,
Karna rasanya beberapa tahun lalu,, sudah pernah disosialisasikan pemerintah, lewat program “tong sampah 3 warna” atau apa gitu nama programnya,,

Mulailah tante memisahkan sampahnya ke dalam tiga golongan :
>>tong sampah hijau – untuk sampah organik
Sampah-sampah yang bisa dikembalikan ke lingkungan,, dengan cara ditimbun,, nantinya tidak akan merusak tanah kok,,

>>tong sampah merah – untuk sampah berbahaya bagi lingkungan,,
Sbenernya tidak sangat berbahaya,, namun memang tidak bisa dikembalikan ke lingkungan lagi seperti sampah organik,, sehingga,, solusinya adalah dibakar,,

>>tong sampah kuning – untuk sampah yang dapat di daur ulang,,
Misalnya,, botol kosong,, dll seperti itu,, ini yang diletakkan di depan rumah untuk diangkut oleh petugas sampah,, sehingga kalaupun berhari-hari petugas sampah tidak datang,, lingkungan skitar tidak akan terganggu,,

Nahhhh,,, knapa tante saya aja bisa pinter gitu??? Ayoo kita sosialisasikan pemisahan sampah ini,, atau,, MULAI DARI DIRI ANDA SENDIRI sehingga,, kita mengurangi “urunan” ataupun “sumbangan” sampah kita pada lingkungan,,

Ayo bersama-sama selamatkan bumi!!!!

Iklan

8 pemikiran pada “Save The EartH!!!

  1. Waktu bapakku ke korea kemarin, di perjalanan dari bandara ke seoul, beberapa ‘gunung’, yang dijelaskan oleh orang lain bahwa gunung itu asalnya adalah sampah-sampah, ditumpuk, ditutupi tanah, dan ditanami sehingga menjadi seperti itu 🙂

  2. >>mas rayyan,,
    btull bgt tuuu,, akuw juga sebel!!! padahal kan bisa aja dia kumpulin dulu di plastikk,, baru deh nti dia buang di tong sampah,, tapi emang sanksinya juga tidak ditetapkan dengan benar,, kadang pak polisi cuma minta “uang damai”,,jadi tu orang ga kapok-kapok,,

  3. capek deh mikirin sampah. sampah dalam diri kita aja gak sempat kebuang. kita ngeributin sampah, sampah, dan sampah, tapi tiap hari tanpa kita sadari kita mengunyah sampah dengan menyumpah-serapah orang di sekeliling kita. mengejek orang, dan marah, dan ngomongin orang. itu semua sampah!
    mari, kita bersihkan dulu “sampah” dari mulut kita.
    tapi, sampah yang sebenarnya juga sangan lupa kita buang di tempatnya. ayo jaga lingkungan….

  4. Ping balik: Selamatkan Hutan Kita!!! « Istana Ratu Tebu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s