Akhirnya,, Nilai KHL untuk Lampung Tengah Final Juga,,

Penentuan UMP (Upah Minimum Propinsi) dan UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota), tidak terlepas dari peranan hasil survey Dewan Pengupahan, atas Komponen KHL (Kebutuhan Hidup Layak),,

Kalau harus dituangkan dalam berita,, layaknya berita dikoran,, sepertinya,, sudah banayk wartawan yang mengulasnya,, akuw,, memilih untuk cerita saja,, barangkali lebih enak dibacanya,, (gaya bgt!!!)

Begini ceritanya,,, 😀 Setelah berkali-kali survey pasar,, dan rapat-rapat lagi,, tanggal 21 november 2007, nilai KHL lampung tengah untuk taon 2008 keluar juga,, angkanya Rp.650.000,- (enam ratus lima puluh ribu rupiah),,

Ada yang bilang angka segitu keccilll,,
>>christian,, mantan HR executive nya Pakuwon Group,,
>>mas rayyan,,Sharing Vision,, (kmu bilang kecil kan mas??)
>>christy,,
>>PUK SP/SB dari Kabupaten/Kota Lain,,

Ya,,sebenarnya tergantung juga kita ngelihatnya dari segi mana, ya kan???
Soalnya yang bilang gede juga banyak,,
>>pak guna,, my boss
>>pak soewondo,, ketua APINDO Lampung tengah,,
>>pak tri angkasa,, sesama anggota Dewan Pengupahan Kab. Lampung Tengah,,

Memang siy,, angka tersebut cukup tinggi,, secara inflasi tahun ini sampai november nilainya 7% doank!!!! Jadi knaikan KHL tahun ini,, prosentasenya skitar 17 % dari tahun lalu,, yang jumlahnya 545.455,, jadi knaikannya 2 kali inflasi lebih!!!!

Dengan angka 650.000 saja, Dewan Pengupahan Kab. Lampung Tengah masih dikira “main mata” dengan SP/SB nya,, padahal survey benar-benar kita lakukan,, lha mbok coba,, di daerah lain yang ditinjau,, barangkali saja,, metode survey nya yang tidak pas,,

Sebagai informasi,, KHL dibeberapa daerah skitarrrr,,,
Lampung timur = 666.000,-
Way Kanan = 680.000,-

Bayangin dunk impact nya ke industri,, upah itu kan bukan hanya 1 komponen saja,, knaikan upah akan mempengaruhi juga komponen-komponen lainnya seperti:
-Overtime/lembur,,
-Pajak Penghasilan
-Asuransi
-Jamsostek
-Dana Pensiun
-dll yang merupakan tanggungan perusahaan atas upah pekerja,,

Padahal yang ditanggung perusahaan kan bukan Cuma Upah itu sendiri,, masiy banyak yang lain,, seperti,, kenaikan BBM untuk industri,,
Kalo Upah terlalu tinggi,, perusahaan gak sanggup bayar,, kemungkinan terburuk,, perusahaan tutup,, karyawan nganggur lagi semua,, nah,,
Kalo Upah terlalu rendah,, karyawan ga ada yang mau kerja,, jadinya,, malah akhirnya perusahaan tutup juga,, nah,, repot juga kan???

Mestinya hal ini juga disadari secara penuh oleh karyawan & pengusaha,, upah itu,, jangan terlalu rendah,, namun tidak juga terlalu tinggi,,
Coba deh pake prinsip win-win solution,, kalo sama-sama enak,, iklim usaha bagus,, karyawan pun tenang,, betul tidak????

Prinsipnya,, kedua belah pihak,, jangan mempertanyakan haknya terlebih dulu lah,, lihat dulu,, apakah sudah memenuhi kewajibannya terhadap pihak lain???

Iklan

7 pemikiran pada “Akhirnya,, Nilai KHL untuk Lampung Tengah Final Juga,,

  1. Kebutuhan Hidup Layak, aku tak tau apa saja komponen penilaian untuk menentukan KHL ini. Kalao ukurannya standar hidup satu orang Rp650.000 per bulan, ini saja masih pas-pasan untuk. Misalnya, seorang bujangan bernama Ekwan Sunandar. Kebutuhan dia sehari-hari makan 3 kali sehari @ Rp10.000 berarti satu bulan Rp300.000. Rokok 2 bungkus sehari @Rp8.500 = Rp17.000 sehari, sebulan Rp510.000. Traktir pacar makan bakso seminggu sekali @Rp5000 plus minuman teh botol Rp1.500 x 4 = Rp26.000.
    Nah, untuk makan sebulan Rp300.000, rokok sebulan Rp510.000, traktir pacar sebulan Rp26.000, jumlahnya sudah Rp836.000. Ini baru kebutuhan pokok saja, belum termasuk untuk beli bensin sepeda motor, atau kalo punya tanggungan adik-adik yang masih sekolah.
    Itu artinya, KHL yang ditentukan Dewan Pengupahan Lampung Tengah sangat keciiiiiil
    Bagaimana dengan orang yang sudah berkeluarga? Punya satu istri plus satu anak? Kalo anaknya lebih dari satu gimana?
    Mungkin ukuran hidup layak menurut Dewan Pengupahan itu adalah makan sepiring nasi plus sepotong tempe goreng untuk sarapan, trus makan siang sepiring nasi dengan sepiring kangkung tumis, lalu makan malam sepiring nasi dengan genjer tumis atau rebusan daun pepaya dan daun singkong? Lantas kebutuhan lain gimana? seperti bayar rekening listrik, beli minyak tanah, ongkos sekolah anak, beli minyak goreng, bedak isteri. Uang Rp650.000 apa cukup?
    Sebaiknya Dewan Pengupahan lebih realistis dalam surveinya, jangan berpedoman pada kepentingan pengusaha tok. Kepentingan pekerja juga dipikirin. Masih banyak pekerja di sekeliling kita yang hidupnya ngos-ngosan karena biaya sekolah sementara lemburan gak dapat.
    Sorry ya? ini cuma pendapat pribadi. Ada yang gak sepakat monggo dengan pendapatnya, kalo sepakat terimakasih.

  2. >>abdul madjid,,
    terimakasih atas comment nya,, tapi perlu diketahui, kalau survey itu sudahada aturan mainnya,, coba lihat Permenakertrans No.PER-177/MEN/VIII/2005 tentang komponen dan pelaksanaan tahapan pencapaian Kebutuhan HIdup Layak(KHL),, nah disitu sudah cukup tercantum apa2 saja yang termasuk KHL dalam sebulan,, beras, daging, ikan, telor, susu bubuk, tempe/tahu, gula pasir, minyak goreng, sayur, buah, teh, kopi, bumbu2, beberapa jenis sandang, termasuk untuk sewa perumahan, pembelian alat-alat makan & alat kelengkapan rumah, serta alat-alat keperluan MCK termasuk pembalut dan alat cukur,, sudah termasuk transport 30 hari,, dan rekreasi serta tabungan,,,

    tapi mohon maaf kalo “rokok” dan “traktir pacar” itu tidak masuk dalam komponen KHL,, lagian udah tau “hidup layak” kok malah beli rokok sampai 500.000 lebih,,
    jadi saya rasa,, yang anda lakukan bukanlah menghitung komponen hidup layak untuk pekerja pada umumnya,, tapi komponen hidup layak seorang bujangan bernama ekwan sunandar itu,,

    hayooo,, siapa yang setuju sama saya??? 😀

  3. he…he…he jawabannya cukup cerdik.
    aku jadi ingat sama H. Agus Salim, salah satu tokoh perjuangan kita. Lelaki asal Bukittinggi Sumatera Barat, yang berjenggot mirip kambing ini, suatu hari diundang ceramah di depan parlemen Belanda. Ketika itu negara kita belum merdeka. Orang belanda umumnya memandang rendah kaun Inlander seperti H. Agus Salim ini.
    Nah, ketika H. Agus Salim memasuki ruangan sidang, dia disambut para anggota parlemen dengan ejekan. Mereka berteriak meniru suara kambing mengembik. “mbeeeek…mbeeeekk…mbeeeek” mereka berteriak serentak, bermaksud menyamakan H. Agus Salim dengan kambing.
    Tapi apa yang terjadi?
    H. Agus Salim dengan tenang melangkah ke mimbar, lalu berkata kepada pimpinan parlemen “Tuan pimpinan, saya diundang ke sini untuk berpidato. Saya tidak akan berpidato sebelum kambing-kambing itu diusir keluar!”
    Mendengar ucapan H. Agus Salim mendadak seluruh anggota parlemen yang tadi mengembik mendadak diam.

    Kembali ke soal KHL, coba dihitung ulang berapa sih kebutuhan tiap orang sebulan terhadap kebutuhan tersebut? benarkah sudah cukup dengan Rp650.000?
    Ada yang mampu beli susu dan daging, tapi gak mampu beli alat cukur. Mau contoh? Pak Koco orangnya. Tiap hari dia bisa minum susu dan seminggu sekali makan daging, tapi jenggotnya gak kecukur tuh…he…he…he

  4. ha…ha…ha…ha..
    wah ikut neh dalam persidangan persidangan ? secara riil sie ya KHL tergantung dari min-rate masing masing wilayah… pak ENDHAS TAWON bisa aja ngentupnya ! ya dihitung-hitung kebutuhan makan kita diwilayah tempat kita bernaung termasuk tinggi bila dibandingkan dengan wilayah tetangga yang lain… ya anggep aja KHL tersebut kita cak sebagai berikut :
    kebutuhan makan Rp 450.000,-/bln, trus kebutuhan transportasi sekitar 150.000,-/bln ditambah kebutuhan tak terduga seperti kebutuhan sekunder sekitar 50.000,-/bln. jadi masih bisa nabung kagak ??
    tidak bisa kita bandingkan dengan kehidupan para elite politik dan yang berkelas tinggi laennya..
    ntah bisa diterima dengan akal sehat ato nggak yaa.. memandang suatu hal gak bisa dari sisi kita sendiri.. yang penting sebagai pekerja dan pemilik usaha gak dirugikan dan tetep berkesinambungan.. yaa… minimal mung kin entah dalam hal laen” bisa diluar gajian maksudnya ” perusahaan agak condong dikit ke tiap pekerjanya..
    hanya itu aj… kebanyakan malah di Ntup ntar ha…ha…ha..

  5. Assalamu’alaikum wr. wb
    Salam penuh hormat,
    Sengaja kami mengirim email ini untuk memberikan informasi mengenai kesehatan alami “ Sehat Tanpa Minum Obat”, dan semoga informasi ini beguna bagi anda yang sedang sangat membutuhkan informasi mengenai terapi alami/pengobatan alternatif
    =======
    Kami menawarkan kalung BIOFIR “si kalung ajaib” terbuat dari batu alam yang bisa memancarkan gelombang sinar infra merah.
    Kalung ini telah di teliti selama 22 tahun di JEPANG oleh Dr. Toshiko Yamazaki. (BEBAS KLENIK)

    Mengapa Presiden SBY Memakainya?
    Effect sinar inframerah pada kalung biofir bisa melindungi jantung sbg organ vital nomor 1. Sangat tepat untuk penderita asam urat, kolesterol, stroke, hipertensi, diabetes, jantung, gangguan ginjal, dll. (Prinsipnya melancarkan peredaran darah)

    Kalung biofir telah terbukti manfaatnya dan telah di pake di semua kalangan.
    Di antaranya :

    – Pak SBY (sekarang Presiden RI),
    – Prof.Dr.Abdul Mukti (spesialis paru-paru RSUD Dr. Soetomo Surabaya),
    – Prof.Wisnu (ahli penyakit mata, presiden Rotary Club Surabaya),
    – Dr.Akmal (spesialis THT, Direktur RS Kodam V Brawijaya),
    – KH.Fuad Amin (Bupati Bangkalan),
    – Prof.Malik Fajar, M.Sc. (Mantan Mendiknas RI)
    – Prof. Ridwan Nashir (Rektor IAIN Surabaya)
    – Gubernur DKI Bpk Sutiyoso
    – Anggota TNI/POLRI
    – Para Kyai
    – Anggota DPR RI
    – Ahli medis
    – Artis (roma/ebit/dll)

    Kalung BIO NECKLACE >> mempunyai banyak kegunaan. Disamping sebagai perhiasan atau juga dapat untuk gelang tangan. Dapat ditaruh di dalam kantong sebelah kiri kemeja pada posisi jantung untuk membantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan metabolisme serta menambah kekuatan fisik.
    · Membantu mengembangkan pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah.
    · Membantu mengaktifkan sel-sel dan meningkatkan metabolisme.
    · Membantu memecahkan gugusan molekul air, menguatkan organ-organ tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh dari penyakit.
    · Membantu fungsi kerja limfa serta mencegah terjadinya penyakit gondok.
    · Membantu membersihkan darah dan membuang racun serta kotoran dari badan.
    · Membantu mengurangi keasaman dan kekentalan darah serta melegakan tekanan darah pada jantung.
    · Membantu kulit tampil lebih segar, tampak awet muda dan ceria.
    · Membantu mengurangi ketegangan sistem saraf dan meningkatkan kekuatan fisik.
    FUNGSI DAN MANFAAT BIO NECKLACE
    · Membantu sistem peredaran darah.
    · Membantu mengatasi gangguan migran, vertigo.
    · Membantu mengatasi gangguan asma, bronchitis.
    · Membantu mengatasi sinusitis.
    · Membantu meningkatkan kemampuan sex.
    · Membantu mengatasi reumatik dan asam urat
    · Mengaktifkan sel-sel & meningkatkan metabolisme.
    · Mengurangi resiko kanker akibat radikal bebas.
    · Membantu menghilangkan bau badan.
    · Membantu membuang racun dalam darah.
    · Membantu mengatasi penyakit jantung koroner.
    · Membantu mengatasi masalah darah tinggi/rendah.
    · Membantu mengatasi gangguan pencernaan, fungsi hati dan lambung.
    · Membantu mengatasi gangguan susah tidur.

    Untuk melihat foto-foto eklusif para pemakai kalung biofir silahkan klik link di bawah ini
    http://www.biofirglobal.com/kalung-biofir.php
    atau
    http://www.biofirglobal.com

    terimakasih,

    salam penuh hormat dari kami,
    team biofirglobal.com
    pengelola :
    Solikhin
    021-71550224 | 0815-7485 8894 | 0818 067 40400

  6. Ping balik: UMK (untuk) Kabupaten/Kota se-Lampung « Istana Ratu Tebu

  7. KHL Rp 650.000?, benarkah dengan uang sejumlah itu seseorang sudah dapat hidup dengan layak? berkacalah pada diri kita sendiri, hitunglah kebutuhan primer kita dalam 30 hari, ditambah dengan cadangan untuk hal yang tidak terduga sebesar 5 persen. Sekali lagi, cukupkah? apabila kita sendiri merasa tidak cukup, apalagi para penentu kebijakan KHL itu sendiri yang pada umumnya memiliki kebutuhan sekunder dan tersier yang jauh lebih besar dari kebutuhan primernya. Berkacalah pada diri sendiri.

    ratutebu: yaaaa.. itu kalo di lampung tengah sini, udah cukup. coba lihat komponen KHL, namanya kebutuhan hidup layak untuk seorang lajang, yang nol tahun masa bekerja dan nol pengalaman. maka nilai segitu untuk lampung sudah termasuk layak. kebutuhan tersier untuk hiburan lokal sudah disediakan, kalau kebutuhan tersier yang anda maksud rokok dll, memang tidak diperhitungkan, bahkan pisau cukur dan softex sekalipun sudah dihitung, termasuk meja dan kursi makan.. silahkan lihat daftar komponen penentu KHL pada peraturannya, terimakasihhh.. :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s