PELIT,,

Sebenernya definisi pelit itu apa sih?? Belakangan sering bgt denger kata ini dipakai di kantor dan di Rumah, misalnya:

>>Komplain seorang karyawan karena belum lolos kredit kepemilikan rumah:
”..Pelit bgt sih, kan Cuma nge-lolosin 1 orang aja kok susah, plafon kredit kurang dikit aja kok ga bisa..”

>>Obrolan seorang karyawan dengan karyawan lain:
“Untung boss kita ga pelit kalo kasih nilai, mudah-mudahan kenaikan gaji kita tahun ini kenaikannya besar”

>>Baskoro yang tidak berhasil Pinjem Mobil Bapak:
“Bapak Pelit, mobil ada ngejogrog, ga boleh dipinjem”

>>Pranowo ke Bida,, Rebutan Segelas Nutrisari:
“Pelit amat sih mba,, diminta sedikit aja kok ga boleh”

Kalo akuw lagi pengen bilang “PELIT” ke orang yang punya UANG, tapi ga mau nge-belanjain uangnya,, pokoknya ni orang terlalu perhitungan bgt lah.. padahal udah pastinya untuk kepentingan dia sendiri.. ngitungnya mripit bgt lah.. PUSING DEH KALO HARUS NGADEPIN ORANG PELIT..

Well,, sbenernya aku sendiri masih bingung penggunaan kata PELIT yang benar ini yang mana siiiihhhh???? Atau jangan-jangan aku (juga) termasuk golongan ORANG PELIT ITU??

Iklan

14 pemikiran pada “PELIT,,

  1. pelit itu kebanyakan berarti jelek. (kan ada tuh pelit krn emang g punya lg, ato pelit krn emang dasar pelit*lho gimana si*). tp dipikir2, pelit itu pangkal kaya lho mba. heheeh. jadi bingung

  2. >>pure & awan sundiawan
    wahh,, buka kamus ya??

    >>mba Ade
    heeh,, kalo ga punya,, ya mau bilang apa lagi??

    >>mas rayyan
    hmmm.. padahal sering juga tu paman gober ngajakin ponakan2 jalan2,, *meskipun ada tujuan lain, spt mencari harta karun atw ikutan lomba yang hadiahnya gede* jadi mungkin seperti kata missglasses, cuma pengen hemat biar kaya,,
    nahhh,, kalo waktu mas rayyan makan2 tapi gak ngajak akuw,, itu pelit ga namanya?? 😀

    >>missglasses
    ada juga ya,, kayak paman gober gitu mungkin,, *sbenernya akuw juga bingung* 😀

  3. pelit? wah, tanya simbah gugel aaah,,,

    define:pelit

    inih jawapannya ratu:

    “Pelit (gr.: pelos – Ton, Schlamm) oder Tonstein ist die Bezeichnung für feinklastische Sedimente mit Korngrößen unter 0,02 mm (Ton bis …
    de.wikipedia.org/wiki/Pelit”

    “feinklastisches Gestein; siehe auch Ton und Schluff
    private.freepage.de/cgi-bin/feets/freepage_ext/41030x030A/rewrite/michaelberndt/geodic.html”

    Sudah dapet definisi pelit menurut gugel. Nah, muncul masalah baru, kira2 artinya apa yak kalimat ntu? wakakkaka…

  4. nahhh,, kalo waktu mas rayyan makan2 tapi gak ngajak akuw,, itu pelit ga namanya??

    Yang namanya makan-makan nggak mungkin sendiri khan he he he, Astinya aja jauh di Lampung, coba kalau Asti lagi di Bandung, tetep nggak diajak he he he 😛

  5. >>bruury
    *garuk-garuk kpala* jadi bingung,, apa maksud kalimat itu ya,, *mikir ampe pusing*

    >>mas rayyan
    kalo ada pmilihan mahluk bumi yang paling pelit, mas rayyan ku daftarin,, biar masuk nominasi,, kmungkinan menangnya besar tu,,

    >>rumah kayu bekas,,
    kreatif. boleh juga tu definisinya,,

  6. Pelit ya medit.. medit itu ngirit.. ngirit itu gak siip… jadi pelit itu siip wekekkekekekekkek….
    becanda bu !!! yag definisi pelit pasti berbeda tergantung darimana sudut memandang.. dari sudut pembicara mungkin bernilai negatif tapi disudut korban dia ga bermaksud pelit dsb… ya nggak.. makanya jangan bilang aku pelit wekekekekke…. yah secara logika mungkin kita bicara ke korban cuman kata “iso rumongso ra awakmu?” katanya kan CERMIN lebih nyata memandang kita dari pada orang lain.

  7. pelit dan hemat adalah bagaikan saudara kembar (tidak identik) yg sulit dipisahkan. keduanya dikenali berdasarkan situasi seperti disinggung @xizr82 di atas.

    pelit adalah status/kondisi.

    hemat adalah sikap.

    sikap hemat akan menimbulkan kondisi pelit. heheheh …

    di samping pelit masih ada lagi … kikir … ini yg mutlak dilarang.

    salam pelit!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s