Selamatkan Hutan Kita!!!

Dalam sebuah Konsultasi Publik tentang Action Plan Pembangunan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) tingkat Kabupaten yang saya ikuti kemarin (22/01) ada beberapa hal yang menjadi catatan, diantaranya:

1. Propinsi Lampung ternyata memiliki potensi hutan *dalam hal ini yang saya sebutkan adalah Kawasan Hutan Register 47 Way Terusan* yang luasnya lebih dari 12.500 ha!! *baru tauuu,, :mrgreen: * tapi,, sebagian kawasan telah dimanfaatkan masyarakat untuk budidaya pertanian dan pemukiman sehingga menurunkan fungsi hutan.

Artinya, tantangan terbesar adalah dari aspek teknis dan sosbud, dimana perlunya relokasi masyarakat perambah hutan ditambahlagi banyaknya penjarahan hutan serta klaim atau tuntutan masyarakat terhadap kawasan hutan sebagai lahan milik sudah sangat marak.

2. Adanya pergeseran paradigma yang sebelumnya: “Hutan Lestari, Masyarakat Sejahtera” menjadi “Masyarakat Sejahtera, Hutan Lestari”.

Artinya, perlu solusi yang tidak mengabaikan kepentingan masyarakat disekitar hutan. dalam konsultasi publik tersebut hadir juga masyarakat “penghuni hutan” yang menyampaikan bahwa: “kami saat ini tahu bahwa kami salah secara hukum dengan menggarap hutan, tapi apa negara perduli saat anak-anak kami merasa lapar?? kami memang tidak punya pendidikan tinggi, berdosalah kami kepada sang pencipta bila kami mengeluh dan tidak berusaha, atau malah menjadikannya sebagai alasan pembenaran bagi kami untuk melakukan kejahatan dan tindak kriminal,, tolong dipikirkan juga, harus kemana kami?? sementara keterampilan yang kami miliki hanya mengayunkan cangkul??”

miris dan sedih mendengarnya,,

3. Hasil pencintraan satelite, bahwa Indonesia telah menempati posisi #1 sebagai negara dengan tingkat kerusakan hutan –baca dengan jelas- PALING TINGGI,, artinya kemungkinan besar Indonesia adalah penyumbang kerusakan pada Bumi, terkait dengan perubahan iklim yang terjadi akhir-akhir ini (silahkan gugling dengan keyword GLOBAL WARMING).

Pertanyaan yang muncul adalah : Apa yang seharusnya masyarakat lakukan untuk itu?? kalau begini caranya, apa yang hendak kita wariskan kepada generasi penerus & anak cucu kita nantinya? Bumi yang sudah rusakkah?? Atau bahkan kita tidak mewariskan apapun untuk mereka??

Nahhh,, inilah saatnya kita bergerak!! Melakukan sesuatu!! Hutan Produksi merupakan salah satu aset yang harus dikelola dengan baik, karena selain dapat mensejahterakan masyarakat, juga sebagai paru-paru dunia terkait dengan perubahan iklim.

Paling minimal adalah dengan mulai menanam pohon didepan rumah kita, atau paling sangat minimal, jangan buang sampah sembarangan!!!

Note:
bagi yang memerlukan materi tersebut, dapat menghubungi saya, dan akan saya berikan softcopy materi tersebut via e-mail *karena saya tidak mungkin menjelaskan keseluruhan materi konsultasi tersebut seperti yang dijelaskan oleh narasumber* terimakasih.

mmm,, kalo ada yang punya informasi lain tentang action plan penyelamatan hutan, mohon dapat berbagi disini,, terimakasih 😀

Iklan

16 pemikiran pada “Selamatkan Hutan Kita!!!

  1. Hijaukan Hutanku, Birukan Langitku, Hitamkan tanahku…………..
    Semangat boleh menggebu.. tapi inget jangan untuk saat ini.. karena mang hutan kita indonesia dah hampir ilang dari peta dunia…
    dari hal sepele aja lah… kalo pas ke kebun ato sekitar kebun rumah coba tanami tumbuhan yang berusia tahunan and paling tidak bisa dimanfaatkan… contoh mangga, melinjo, rambutan dsb..

  2. @sancaludira
    heeh,, serem ya,, sebenernya HUKUM dibuat untuk dipatuhi, pada kenyataannya banyak yang bilang “Hukum dibuat untuk dilanggar” lebih sedih kalo tau yang bilang gitu adalah orang-orang yang tau hukum,, miris,,

    @warnetubuntu
    bnertu,, aku juga kadang suka bingung mau gimana,, minimal kalo tidak bisa memperbaiki, mestinya kita jangan tambah bikin rusak,, syukur kalo bisa ikut memperbaiki, mulai tanam tumbuh2an, disekitar kita sendiri aja deh, kalau semua orang gitu, kan banyak tu,, dari pada diem aja, mending kita melakukan sebuah hal, yang mungkin kecil menurut kita, tapi bermakna,,

    @X – one – S
    yup,, intinya mulai dari diri kita masing-masing,, inget,, kalo ingin mengubah dunia, mulailah dari diri kita sendiri, dan tularkan ke orang-orang sekitar kita, OK,, Siiiiiippppp.. BERSEMANGAT!!!!

  3. iya nih, ampe malu”in masuk guinnes book. huhuu. kira” apa yg bisa saya bantu ya, saya kan ngga bisa nyegah illegal logging itu, mba?

  4. kalau sudah gini, sedih. kebanyakan orang hanya ngomong tapi gak mau berkontribusi pada kelestarian hutan. [saya mungkin termasuk?]

    saya punya impian pengen punya taman yang besaaaaaaaar di tengah2 kota. he he he.

  5. @CY
    sekarang malah hampir menyerupai kpala pak ogah,, gundul plontos,, ayo bergerak,, selamatkan hutan kita,,

    @missglasses
    hmmm.. mulai tanam pohon berkayu yang umurnya panjang aja,, dideket2 rumah dulu saja,, atauuu.. kerahkan temen2 sekolah *tentu izin dulu sama kepseknya* untuk mulai agenda penghijauan,, ayooo semangat!!!

    @Pak BR
    yahhh,, si Bapak,, ayo coba mulai dari diri sendiri dulu,, jangan cuma mimpi,, :mrgreen: coba ajak keluarga dan mahasiswa di kampus untuk tanem pohon pak,, siapa tau impian bapak terwujud,, ayo pak,, tetep semangat!!!

  6. Beberapa bulan yang lalu .. Ade mengajak anak-anak kardus menanam pohon di sekitar bantaran kali tapi hujan January ini telah menghapus semua tanaman yang kami tanam .. Ade dan anak-anak kardus ini hanya bengong melihatnya tidak tersisa.

    Mau tanam lagi nanti ….

    -Ade-

  7. Mari kita mulai dengan hal2 kecil di kantor :

    Jgn boros pakai kertas HVS, bila perlu daur ulang dokumen yg salah cetak yg belakangnya kosong dan masih bisa dipakai buat memo amatiran

  8. @CY
    yupz!! usul yang bagus,, sbnernya dikantorku juga sudah diterapkan,, biasanya yang bukan berkan confidential,, pasti jadi side-A side-B,, karena untuk nge-draft surat-surat,, ada yang rajin nge-guntingin untuk jadi memo juga,, hihihi,,

    @ALL
    selain usul CY diatas, kita juga mestinya ngurangi pemakaian TAS KRESEK / Kantong ASOIII,, trus mulai juga Gerakan B2W (Bike 2 Work) Seperti yang diusulkan oleh Heri,, *dijakarta mungkin gak B2W???*

  9. Miris juga melihat nasib bangsa kita yang selalu dan selalu disalahkan dalam hal perusakan lingkungan. Coba anda telaah kembali sejarah industri di Amerika Serikat (yang mengaku negara paling peduli lingkungan) maka anda akan merasa adanya suatu “kongkalingkong” (bahasa Indonesianya apa ya???)

    Di saat negara maju industri sudah tidak memiliki hutan dan tingkat pencemarannya tinggi mereka malah menyuruh negara berkembang untuk menjaga hutannya. Dan parahnya mereka menyuruh agar negara berkembang membatasi laju industri mereka. Adakah terlintas niat buruk kapitalis dari hal ini.

    Oleh Karena itu mereka menciptakan isu GLOBAL WARMING !!!

    coba cek (googling) : global warming is hoax.

    *sebelumnya maaf pemikiran saya agak berbeda*

  10. @purnama
    iya, gpp kalo punya pemikiran berbeda,, yah,, minimal kita lakukan penyelamatan hutan untuk anak-anak indonesia nantinya,, untuk generasi indonesia yang akan datang,, tull ga?? :mrgreen: masiy agak mabok perjalanan.. hihihihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s