PP 76/2007 >> Perkembangan Manfaat Jamsostek,,

Fiuuuuhhh,,
Disela-sela tumpukan pekerjaan yang makin menggunung,, hari ini sempat ikut menemani tamu dari kalangan Depnakertrans Tk.I & Pejabat Jamsostek yang membawa rombongan unsur Tripartit: *ada dari Pemerintahan,, APINDO dan unsur SP/SB*

Kedatangan para tamu tersebut, untuk Silaturahmi danSidak Pelaksanaan K3 di perusahaan,, namanya juga Sidak terjemahan bebasnya: Inspeksi dadakan *whalaaahhh,, bneran dadakan ini si,,*

Well,, setelah tanya jawab dan peninjauan lapangan,, maka pertemuan itu kembali ke esensi silaturahmi itu sendiri,, para tamu tersebut, membawa serta buah tangan berupa PP No.76 tahun 2007 yang berlaku per-tanggal 10 desember 2007 dan sebelumnya sudah pernah disosialisasikan,, *padahal kantorku, termasuk perusahaan yang hadir dalam acara sosialisasi itu,,* jadi niat silaturahmi nya tercapai gak ya??

Hmm,, bagaimanapun,, setelah lama tidak membuat posting tentang ketenagakerjaan,, pengen nulis juga,, jadi perbandingan manfaat jamsostek tersebut adalah sebagai berikut:

Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
1. Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) sama dengan ketentuan sebelumnya
empat bulan pertama 100% upah, empat bulan kedua 75% dan selanjutnya 50%.

2. Biaya Transport (maximum)
Melalui darat Rp.400.000,- melalui laut Rp.750.000,- melalui pesawat Rp.1.500.000,-

sebelumnya [Rp.150.000,-] , [Rp.300.000] dan [Rp.400.000]

3. Biaya Pengobatan/Perawatan (maksimum) menjadi Rp.12.000.000 dan rehabilitasi medik Rp.2.000.000

sebelumnya Rp.8.000.000,- dan Rp.0,-
Perkembangan yang bagus,, :mrgreen:

4. Santunan Cacat
[Cacat tetap sebagian] % tabel x 80 bulan upah
[Cacat Fungsi] %krg fungsi x %tabel x 80 bulan upah
[Cacat Total +
Berkala 24 bulan] 70% x 80 bulan upah + Rp.200.000,-

sebelumnya hanya 70 bulan upah,, tapi tambahan Rp.200.000 nya itu tetap

5. Santunan Kematian
[Sekaligus] 60% x 80 bulan upah sebelumnya hanya 70 bulan upah
[Biaya Pemakaman] Rp.2.000.000 sebelumnya Rp.1.500.000
[Berkala 24 bulan] Rp.200.000,- per bulan tetap

6. Biaya Rehabilitasi
[Prothese dan orthose] maksimum 40% dari harga yang berlaku pada RS. DR Suharso Surakarta,, tetap,,

7. Penyakit Akibat Kerja
tetap,, 31 jenis penyakit selama hubungan kerja dan 3 tahun setelah berjenti bekerja,,

Jaminan Kematian (JK)
[santunan kematian] Rp. 10.000.000,- sebelumnya Rp.6.000.000,-
[Biaya Pemakaman] Rp.2.000.000,- sebelumnya Rp.1.500.000,-
[santunan berkala] tetap Rp.200.000/bulan selama 24 bulan,,

*peraturan sebelumnya adalah mengacu pada PP no.64 tahun 2005 yang berlaku sejak 22 desember 2005*

Iklan

13 pemikiran pada “PP 76/2007 >> Perkembangan Manfaat Jamsostek,,

  1. maap Ratu,aq cuma pesen untuk K3 ny aja,kira2 hydran air dicek brp minggu skali (kali2 slangny bocor ato macet) trus stiap divisi sdh ada kotak P3K ny gak ( soalny aq inget masku klo dia cek perlengkapan K3,dia wakil ketua K3 Ajinomoto_Mojokerto).RS.dr.suharso,bpk ku prnah dirawat disitu.tanganny patah kcelakaan krj.

  2. @heri
    ok,, pesannya segera disampaikan,,

    @ridu
    hmmm,, semoga bermanfaat yaw*

    @ridhocyber
    semua peserta jamsostek dunkz,,

    @bruury
    lah,, emang mau kerja kapan?? *doooennnkkk* ๐Ÿ˜†
    ayo silahkan mampir,, minum teh bareng2,,

    @Mas Indra 1082
    dijamin kena pentung untuk kedua kalinya,, ๐Ÿ˜ˆ

  3. di tempat kerja nyang lama aku ada jamsostek, bisa ga digabung ke jamsostek di tempat baru prosesnya gampang ga?

    kalo berbelit lebih baik ga usah wong cuma kerja 6 bulan di tempat nyang lama.

  4. @sancaludira
    pengalaman disini si,, proses pada dasarnya gak sgitu ribetnya,, cuma kadang2 HRD perusahaan tu males ngurusnya,, disini d urus oleh personalia,, jadi pegawai baru yang sudah punya kartu jamsostek, tinggal lapor saja,, *lumayan kan,, supaya uang itu gak ilang gitu aja,,*

  5. kalau mas indra kepentun sebatang tebu ya tinggal di tebang laulu dikupas dan diperas lalu diminum air tebunya nya selesai

    tapi kalau kepentung seribu batang tebu yang akan dikeluarkan Jamsosteknya yaitu 60 % x 80 bulan upah + Saldo JHT + Biaya Pemakaman Rp. 2000.000,- + Santunan berkala Rp. 200.000,- /. bulan selama 2 tahun mau ngak ?????????

    tinggal pilih satu batang atau seribu

    ratutebu: *bingung :mrgreen:

  6. mas hari yang Ganteng kalau tidak bekerja lagi tmt 1 Januari 2009 dan keps Jamsosteknya telah lima tahun + ! bulan jadi bulan Maret 2009 sudah bisa ngajukan di seluruh Jamsostek di Indonesia yang di mana domisili ybs

    tapi saran kami jangan berhenti dulu kalau belum masa pensiun 55 tahun man biar saldonya gede dan bisa traktir kita kita hehe

    ratutebu: kalopun berhenti kan bisa dilanjutkan ditempat kerja yang baru.. ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s