CAP

(Cap yang dimaksud disini adalah label (buruk) atas orang/suku/agama tertentu)

Beberapa waktu yang lalu, mungkin saya salah satu dari orang-orang yang mengamati orang lain dan ikut memberikan cap/label pada orang-orang tertentu,, si “ini” atau si “tukang ini” atau memberi label sifat-sifat tertentu “tukang tidur”, “pelit” dan lain-lain sebagainya,,

astaghfirullah,,

Hari ini saya mendengar dengan telinga saya sendiri,, teman saya,, diberi-CAP-buruk oleh orang lain,, sungguh menyakitkan,,

Bagaimana kalau teman saya itu sendiri yang mendengar?? Pastilah sakit rasanya,,

jadi inget obrolan beberapa bulan yang lalu sama mas rayyan,, meskipun itu bercanda,, saya juga membuat *cap* pada diri orang lain,, saya malu sekali ingat hal itu,, sungguh sempit pikiran,, 😥

astaghfirullah,,
Ya ALLAH,, ampunilah hambaMU ini

Tidak seharusnya, orang membuat CAP (buruk) atau Label (buruk) pada diri orang lain,, karena kita pun tidak lebih mulia dari pada orang yang kita beri CAP itu,,

P.S. terimakasih mas rayyan,,

Iklan

21 pemikiran pada “CAP

  1. Labelisasi negatif sama orang itu sama saja dengan menggibah atau mencela… perbuatan yang amat dicela ama agama… 😥

    Kata Nabi, ghibah itu: dzikruka akhaaka bimaa yakrahuhu. (engkau membicarakan sesuatu yang jika orang yang engkau mendengarnya, ia akan tidak suka). Termasup di dalamnya kalo kita memberikan panggilan atau cap jelek sama seseorang…. :mrgreen:
    *ditendang*

  2. @caberawit
    ye,, siapa juga yang maen tendang-tendangan,, gpp kok,, kan sebagai manusia harus saling mengingatkan,, saya juga manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan jauh dari sifat kesempurnaan,, mudah-mudahan,, saya bisa selalu menjadi lebih baik dari pada “saya saat ini” ayooo,, tetap semangat!!! :mrgreen:

  3. memang lebih gampang menilai orang lain..
    tapi, mending lihat diri sendiri, mungkin dengan begitu kita bisa menjadi lebih baik..
    ** kirain postingan ini tadi mau cerita tentang stempel 😛

  4. kadang ada orang mberi cap negatif kpd orang lain,sbgai cambuk untuk lbh baik,cuma cra spt itu merupakan motivasi yg negatif. apa biar gak negatif dikasih cap halal,dr MUI ya?

  5. kata pak ustadz “Ade, Allah maha menutupi aib manusia, maka janganlah manusia membukanya apalagi mencap manusia lain… astaga”

    *Ade, mengelus dada … geli ah 🙂 ” LOH !! apa sih?

    -Ade-

  6. Kadang-kadang cap itu tanpa sadar kita pelihara juga?
    Misalnya:
    – Orang Jawa itu begini……
    – Orang Batak itu begini…
    – Orang Manado itu begitu…
    – Orang Banjar itu begitu…
    – Orang Barat itu begitu……
    – Orang Yahudi itu beginu….
    Masalahnya yg begini begitu itu biasanya yg jelek2, jadi sudah ada praduga……..
    🙂

  7. Tapi kalau diantara teman2 dekat, sebutan2 itu biasanya jadi mengakrabkan. Tentunya sebisanya jangan sebutan-sebutan yang buruk, walaupun kebanyakan ya kayak gitu.

    Asal yang disebutnya tidak keberatan sih oke-oke saja

  8. aku juga pernah dicap gitu. cuma becandaan sih. ngga sakit hati jg ko. tp yg kasian tmnku, gara” roknya sdikit lbh pendek, lgsg dikatain ngga2. emang dasar anak” cowo d klsku rese smuanya. omongannya busuk smua. ps : bc postingan baruku ^^

  9. Ah, jadi pengen ngutip ayat suci:
    “Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang lalim.”[49.11]

  10. @ALL
    bner,, bgt kata mba nin,, kita toh gak lebih baik dari mereka,, trus,, meskipun niatnya untuk mengakrabkan diri,, saya setuju kata mas indra kh,, sebaiknya jangan menggunakan kata yang buruk,, trus,, kalo kata mas rayyan,, dipindahin pahalanya kok serem ya?? bukannya semua orang punya itung2an dosa sendiri?? kok bisa pindah2 gitu?? hehehehe,, gak tau dink,, :mrgreen: lohhh,, missglasses kok ngasih cap ke anak2 cowok dikelasnya?? hayo,, mending ikut kata supermoto kita makan tahu tempe pake kecap,, hihihihi,, 😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s