Damri AC dalam kota = Busway Lampung ?

Ininih,, yang lagi marak saat ini *iya gitu??

Sejenis Busway di Jakarta,, trus Jogja punya Trans Jogja,, nah,, Damri AC dalam Kota Lampung ituh kalo boleh dibilang mungkin Busway Lampung atau Trans Lampung ( ? )

Saiia sendiri belum sempat ambil gambarnya,, *maaphhh :mrgreen:

 

Tapi yang jelas ga jauh beda sama trans jogja (yang memang lebih kecil dari busway)

Ini dia gambar nya trans jogja yang secara semena-mena saiia catut dari sini.. *maaph ya mas.. mba.. :mrgreen:

 

Pertanyaannya adalah,, Sejauh mana efektifitasnya?? Sudah berjalan sesuai dengan esensi awal pembentukannya kah??

 

>> Katanya,, kalau busway di jakarta untuk mengurangi kemacetan (harapan awalnya kan para pemakai kendaraan pribadi bisa beralih menggunakan busway) namun sepertinya, alih-alih mengurangi kemacetan, busway yang punya jalur sendiri ituh,, konon malah jadi mempersempit jalan,, dan akibatnya,, jadi tambah macet..(yang ga kena macet ya yang naik busway.. :mrgreen: tapi kalo liat antrian di shelter nya,, ampuuuuunnn,, )

 

>> Lalu,, transjogja,, yang kurang lebih mengambil konsep awal yang sama dengan busway,

Yang kata mba sally dari limaenam films yang beberapa waktu yang lalu dateng ke lampung dalam rangka mengerjakan proyek company profile untuk PT GMP :

“Riset trans jogja itu cukup lama loh di UGM sebelum akhirnya diluncurkan”

 

Heeh deh,, percaya…

 

Mungkin setelah melalui riset yang lama ituh akhirnya diputuskan bahwa trans jogja punya shelter mini dan tidak pakai jalur khusus (kayak punya busway jakarta ituhh),, dan teteup berhenti di shelter2 khusus ituhhh..

 

Tujuannya,, mungkin untuk mengurangi banyaknya motor di jogja ya?? Tapi secara pemakai motor ituh mahasiswa yang notabene mobilitasnya sangat tinggi,, apakah benar trans jogja ini sudah termanfaat kan dengan semestinya???

 

>> terakhir,, trans lampung kah?? Ini damri dalam kota yang pake AC,, sebenernya sudah beberapa bulan yang lalu,, unik lagi yang ini,, tidak punya jalur, dan tidak punya shelter,, hanya halte biasa,, dan sepertinya masih bisa berhenti disemua tempat,, 😆

 

Unik bukan?? Meskipun kemacetan di lampung *tanjung karang pada khusus nya belum bisa dibilang tinggi,, tapi lumayan banyak loh daerah macet di BDL,, lalu apa esensi dari DAMRI dalam kota AC tersebut?? Hanya sekedar sebagai angkutan umum bergengsikah?? atau sekedar demam ikut-ikutan kota lain?? Uhhh.. saiia sendiri juga tak mengerti..

Iklan

33 pemikiran pada “Damri AC dalam kota = Busway Lampung ?

  1. sebenernya kalo tranportasi di bagusin,tarif murah,keamanan di tingkatkan, otomatis pengedara kendaaraan pribadi akan beralih ke ankutan umum…

    begitu kali ya mbak,,,,

  2. Kalau nggak salah, di Swiss, Belgia, Belanda, atau daerah RT/RW dekat-dekat situ, penggunaan transportasi umum itu persentasenya cukup tinggi dibandingkan kendaraan pribadi. Salah satu efek positifnya, jalan-jalan raya itu tidak begitu sering macet. Betul, nggak ya?

  3. Ping balik: Atlanta Pontiac Dealers » Blog Archive » Damri AC dalam kota = Busway Lampung ?

  4. semua kembali pd konsep awal.
    Tujuan menggunakan bus tersebut apa?
    baru kemudian di evaluasi, sudah sesuai dengan harapan atau tidak?

  5. Mustinya klo udah ada bus bagus, yg busuk2 itu dirumahkan aja. Masa bus jelek ikutan ngantri di belakang busway, di jalur busway pula, hihiih… banting banged!

  6. Info aja, selain di kota2 yg disebutin tadi, di bogor juga udah ada. Namanya Trans Pakuan katanya lebih ramah lingkungan karena menggunakan bahan akar campuran dari Solar dan minyak jelantah…

    Salam Kenal…

    ratutebu: waaahhh.. keren.. nyari tau ahhhh..

  7. masa semua bus umum (punya pemerintah) yang ber-AC disebut transNamaDaerah

    majunya suatu daerah bisa dilihat -salah satunya- dari seberapa maju fasilitas transportasi yang ada

    ratutebu: ya gpp lahh.. kan biar keren.. hehehehe :mrgreen:

  8. di bandung juga mao ada trans metro bandung yang ngambil jalur separonya gitu deh di sepanjang jalan sukarno hatta!!! yang bener ajah!!!! kalo nambah macet apa kabar??? beteeeeeeee

    ratutebu: bner tu.. tidak menyelesaikan masalah.. malah nambah masalah baruuu.. betul kan??

  9. kalo pake transjogja, 3000 cuma bisa turun di shelter yang udah ditentukan, kalo pake motor, enamribu bisa keliling Jogja. kayak yang mbak bilang, mobilitasnya tinggi!
    hidup motor!!

    ratutebu: tuhhh kan bener kata saiiiiaaa.. 🙂 *tersenyum penuh kemenangan*

  10. Ping balik: Bus AC dalam Kota Lampung - Komunitas Blogger lampung

  11. hummm gilee…lampung aja dah punya busway…
    apa kabar kota bandung…angkot mulu
    *merindukan MRT*

    ratutebu: *doeiinkkk..* satu point untuk lampung.. :mrgreen:

  12. Lampung gak macet … naek bis pasti menyenangkan. Ajak saya keliling lampung jika saya datang kesana yah 🙂 JANJI.

    ratutebu: boleh aja mba,, silahkan,, ditunggu,, nanti naik mobil ajah biar gampang kelilingnya,, ok,, 🙂

  13. Damri di Lampung itu ada 3 deh jalurnya, Tj Karang – Tl Betung, Tj Karang – Rajabasa & Tj Karang Korpri iya ga sih ? Dan emang kota domain damri di mana-mana pasti dikasih jatah bis ac

    ratutebu: gitu ya?? hihihi.. kalo tanjung karang-korpri saiia belon pernah liat damri ac nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s