Ininih,, yang lagi marak saat ini *iya gitu??
Sejenis Busway di Jakarta,, trus Jogja punya Trans Jogja,, nah,, Damri AC dalam Kota Lampung ituh kalo boleh dibilang mungkin Busway Lampung atau Trans Lampung ( ? )
Saiia sendiri belum sempat ambil gambarnya,, *maaphhh
Tapi yang jelas ga jauh beda sama trans jogja (yang memang lebih kecil dari busway)
Ini dia gambar nya trans jogja yang secara semena-mena saiia catut dari sini.. *maaph ya mas.. mba..
Pertanyaannya adalah,, Sejauh mana efektifitasnya?? Sudah berjalan sesuai dengan esensi awal pembentukannya kah??
>> Katanya,, kalau busway di jakarta untuk mengurangi kemacetan (harapan awalnya kan para pemakai kendaraan pribadi bisa beralih menggunakan busway) namun sepertinya, alih-alih mengurangi kemacetan, busway yang punya jalur sendiri ituh,, konon malah jadi mempersempit jalan,, dan akibatnya,, jadi tambah macet..(yang ga kena macet ya yang naik busway.. tapi kalo liat antrian di shelter nya,, ampuuuuunnn,, )
>> Lalu,, transjogja,, yang kurang lebih mengambil konsep awal yang sama dengan busway,
Yang kata mba sally dari limaenam films yang beberapa waktu yang lalu dateng ke lampung dalam rangka mengerjakan proyek company profile untuk PT GMP :
“Riset trans jogja itu cukup lama loh di UGM sebelum akhirnya diluncurkan”
Heeh deh,, percaya…
Mungkin setelah melalui riset yang lama ituh akhirnya diputuskan bahwa trans jogja punya shelter mini dan tidak pakai jalur khusus (kayak punya busway jakarta ituhh),, dan teteup berhenti di shelter2 khusus ituhhh..
Tujuannya,, mungkin untuk mengurangi banyaknya motor di jogja ya?? Tapi secara pemakai motor ituh mahasiswa yang notabene mobilitasnya sangat tinggi,, apakah benar trans jogja ini sudah termanfaat kan dengan semestinya???
>> terakhir,, trans lampung kah?? Ini damri dalam kota yang pake AC,, sebenernya sudah beberapa bulan yang lalu,, unik lagi yang ini,, tidak punya jalur, dan tidak punya shelter,, hanya halte biasa,, dan sepertinya masih bisa berhenti disemua tempat,, 😆
Unik bukan?? Meskipun kemacetan di lampung *tanjung karang pada khusus nya belum bisa dibilang tinggi,, tapi lumayan banyak loh daerah macet di BDL,, lalu apa esensi dari DAMRI dalam kota AC tersebut?? Hanya sekedar sebagai angkutan umum bergengsikah?? atau sekedar demam ikut-ikutan kota lain?? Uhhh.. saiia sendiri juga tak mengerti..
mbak itu bus 3/4 ya???
sebenernya kalo tranportasi di bagusin,tarif murah,keamanan di tingkatkan, otomatis pengedara kendaaraan pribadi akan beralih ke ankutan umum…
begitu kali ya mbak,,,,
Kalau nggak salah, di Swiss, Belgia, Belanda, atau daerah RT/RW dekat-dekat situ, penggunaan transportasi umum itu persentasenya cukup tinggi dibandingkan kendaraan pribadi. Salah satu efek positifnya, jalan-jalan raya itu tidak begitu sering macet. Betul, nggak ya?
wah lagi musim yah bis-bis bagus 😀
Ongkosnya dah naik kan? 🙂
bertahan berapa waktu ya kenyamanannya ???
bravo mba saya dukung busway nya
mbak salam kenal yach.!
konsepnya bagus juga ya, ngga pake jalur khusus tp ttp stop di shelternya. pengen nyoba deh. tp kapan y ke jogja lagi…
semua kembali pd konsep awal.
Tujuan menggunakan bus tersebut apa?
baru kemudian di evaluasi, sudah sesuai dengan harapan atau tidak?
skrinsyut bus damri-nya mana sis?
kok trans jogja?
emangnya dari jogja juga ya mba?
sama donk
wah.. lampung toh sekarang.. kenapa gak memanfaatkan gajah aja..hehehe..
Mustinya klo udah ada bus bagus, yg busuk2 itu dirumahkan aja. Masa bus jelek ikutan ngantri di belakang busway, di jalur busway pula, hihiih… banting banged!
aaah pasti tarifnya muahaaalll….
:p~
kalo pertanyaannya: efektifkah? maka jelas efektif..
kalo pertanyaannya: efisienkah? belum tentu!
mungkin memang sudah diriset.Trus hasil risetnya bilang, kita harus ikutin Jakarta. Apapun jadinya. 😀
Bagus artikelnya…
emang betul mba, busway malah bikin semrawut
salam kenal mba
apa g’ salah foto bus nya tu mbak
Damri itu nama bus ya mbak?
BBm naek tarifnyah ikut naek khan? 🙄
Info aja, selain di kota2 yg disebutin tadi, di bogor juga udah ada. Namanya Trans Pakuan katanya lebih ramah lingkungan karena menggunakan bahan akar campuran dari Solar dan minyak jelantah…
Salam Kenal…
masa semua bus umum (punya pemerintah) yang ber-AC disebut transNamaDaerah
majunya suatu daerah bisa dilihat -salah satunya- dari seberapa maju fasilitas transportasi yang ada
di bandung juga mao ada trans metro bandung yang ngambil jalur separonya gitu deh di sepanjang jalan sukarno hatta!!! yang bener ajah!!!! kalo nambah macet apa kabar??? beteeeeeeee
Saya setuju dengan adanya Damri AC ini. Saya juga kan tinggal di Bandar Lampung.
Lam kenal ya …
http://indonesianvoices.wordpress.com/
http://indonesianvoices.blogspot.com/
kalo pake transjogja, 3000 cuma bisa turun di shelter yang udah ditentukan, kalo pake motor, enamribu bisa keliling Jogja. kayak yang mbak bilang, mobilitasnya tinggi!
hidup motor!!
hummm gilee…lampung aja dah punya busway…
apa kabar kota bandung…angkot mulu
*merindukan MRT*
Lampung gak macet … naek bis pasti menyenangkan. Ajak saya keliling lampung jika saya datang kesana yah 🙂 JANJI.
Damri di Lampung itu ada 3 deh jalurnya, Tj Karang – Tl Betung, Tj Karang – Rajabasa & Tj Karang Korpri iya ga sih ? Dan emang kota domain damri di mana-mana pasti dikasih jatah bis ac
wah.. iya gituh..
damri ac nya nyampe metro g?
klo nyampe enak juga nih kalo pulkam.. heheh..