sense of crisis 

Masih inget beberapa waktu lalu, banyak pemilik kendaraan bermotor dibeberapa kota besar harus rela ngantri berjam-jam Cuma sekedar untuk mengisi BBM kendaraannyah..

 

antrian bbm

antrian bbm

 

 gambar dicomot paksa dari sinihhhh:mrgreen:

Inihh dia tips untuk menghemat BBM dari saaaaiiiaaahh..:mrgreen:

 

Pertama, kalo mau pergi, lebih baik naik angkutan umum sajah.. lebih bagus angkutan umum tradisional, misalnyahh becak, andong, atau paling bagus naik sepeda!!! Jauh lebih sehat..

 

Kedua, Kalo terpaksanyah tempat yang dituju itu jauh.. dan harus naik kendaraan pribadi.. petakan jalan terdekat dulu.. nahhh.. lumayan iritkan. Trus kamu juga ga mesti muter-muter.. tul kan??😎

 

Lalu ada juga fenomena byar pet nyah listrik disana sinih.. nahlooo..

 

Di gunung madu sinihhh.. akuw si ga sempet ngalami byarpetnyah listrik.. karena kita pake tenaga listrik alternatif.. yaaa.. memanfaatkan ampas tebu sisa penggilingan gula, PT Gunung Madu Plantations berhasil mengembangkan pembangkit listrik alternatif.. haiiiiaaahhh sombong dikit ahhh..:mrgreen:

 

 gambar ngoprek disinihhhh..

 

 

Namun.. namanyah segala sesuatu di duniahh ini kan tidak adah yang abadi yahhhh.. jadi apapun ituhh mesti dijaga.. beberapa contoh hemat listrik yang bisa dilakukan adalah:

Tips untuk menghemat listrik penerangan antara lain:

  • Gunakan lampu hemat listrik daripada lampu pijar
  • Matikan lampu saat meninggalkan ruangan atau tidak memakai ruangan.
  • Buatlah perencanaan titik-titik ampu yang efisien; yaitu dengan tidak menggunakan saklar yang menghidupkan beberapa lampu sekaligus, karena bila kita ingin menghidupkan salah satu lampu, semua lampu jadi menyala.
  • Letakkan lampu ditempat yang cukup rendah dan dapat melayani lebih banyak ruang.
  • Letakkan saklar ditempat yang mudah dihidup-matikan, misalnya didekat pintu, agar memudahkan kita mematikan lampu saat hendak meninggalkan ruangan. 

Tips tentang pendinginan udara:

  • Bila menggunakan AC, usahakan agar udara AC tidak keluar ruangan. Bersihkan AC secara berkala setiap sebulan sekali, atau memanggil tukang servis/pembersih AC
  • Dalam rumah tinggal, ruang-ruang yang cukup dingin tidak perlu diberi AC, mungkin ruangan seperti ruang tidur perlu diberi AC, hanya jika dirasa dibutuhkan. 
  • Gunakan plafon yang tinggi agar udara didalam ruangan lebih sejuk. Tetap gunakan plafon untuk atap dengan genteng, karena ruang diatas plafon dan dibawah genteng akan menghambat panas masuk dari permukaan genteng.
  • Bila tidak menggunakan AC, gunakan jendela-jendela yang dapat dibuka-tutup, dengan harapan kita dapat mengatur banyaknya hawa alami yang masuk. 
  • Tanamlah banyak-banyak tanaman dan peneduh disekitar rumah. Gunakan area taman atau tanah yang tidak digunakan untuk bangunan dengan semaksimal mungkin.

Peralatan memasak dan makanan; Rice cooker/warmer, lemari es, dan sebagainya

Rice warmer dan kulkas menyala sepanjang hari? Tentu saja banyak mengkonsumsi energi listrik bukan? Hal ini memang dalam kehidupan modern susah untuk dihindari; ada beberapa peralatan listrik yang tidak dapat dihindari, harus dinyalakan sepanjang hari. Untuk lemari es, usahakan agar pintu lemari es selalu tertutup rapat dan tidak ada kebocoran, serta hindari memasukkan makanan panas kedalamnya karena akan memacunya bekerja lebih keras dan mengkonsumsi lebih banyak listrik.

Televisi, tape recorder dan komputer

Dalam hal ini, komputer memegang peranan dalam bekerja, belajar dan mendapatkan hiburan dalam rumah. Televisi juga memegang peranan dalam memberikan hiburan. Daya listrik yang dibutuhkan untuk kedua jenis alat ini cukup besar, sehingga disarankan bila tidak digunakan maka sebaiknya dimatikan saja. 

Tips dikutip dari artikel hemat listrik disinihhhh….

 

Jadi bertanyah.. tanyah… ngeblog ituh boros listrik ga yaaaahhhh??

 

null

 

ngeblog dalam kegelapan ajah laaaaaahhhh.. ^OOT mode^:mrgreen:

 

Trus jugahhhh.. beberapa waktu yang lewat, waktu saiiah menginap di salah satu hotel jaringan nyah accor.. ada tuh tulisan juga tentang menghemat air.. dan menjaga lingkungan..

 

Saiiang gambarnyah saiia searching pake google jugah ga ketemu.. lupa juga mau fotonyaaahhh..:mrgreen:

 

Pokoknyah intinya siiii “matiin keran bila tidak dipakai”

 

null

 

 

belum terlambat kok kalo mau merubah kebiasaanmuuuhhhh.. yang penting lakukan sekarang jugaaahhh..😀 buat kamu yang bisanya sikat gigi sambil ngalirin kerannyah.. kan lebih hemat kalo dimatiin dulu.. trus ingetin mba yang bantu cuci piring di rumah.. kalo nyuci ppiring yahhh.. jangan sambil air ngalir tapi ditinggal nyabun cuciannyah dulu.. ya.. kalo bukan kita yang menyelamatkan bumi inhhh.. trus siapa lagi??

 

null

 

Ingatttt.. setiap tetes air ituhh punya artiii..😀

 

null

 

 

Trus soal menjaga lingkungan ituuuhhh.. tentang bagaimana meletakkan handuk yang masih bisa dipakai.. dalam arti, ga kotor-kotor bgt.. jadi ya ga perlu dicuci dulu.. ga perlu ganti handuk tiap hari kan?? Bayangkan bertumpuk-tumpuk handukkk.. yang dicuci setiap harinyahhhh.. berapa banyak detergent harus dipakai??😎

 

karena meskipun menggunakan detergent ramah lingkungan sekalipunnn.. ternyatah.. tetep ajah membawa dampak negatif buat lingkungannnyaaahhh.. efeknyah komulatif gituuuuhhh..

 

Naaahhh.. baju juga gitu ya.. yang ga kotor2 amat bisa dipake lagiii.. ^ketara joroknyahhhh^:mrgreen:

 

Yang jelas jangan sampe kita dicap sebagai generasi yang kehilangan sense of crisis nyahhh.. bumi sedang mengalami krisis bung!!! Let’s give earth a hand..

 

ayoooo.. ikut peduli sama bumiii

ayoooo.. ikut peduli sama bumiii

sumber gambarnyahhh iniiii

 

 

 

52 thoughts on “ sense of crisis 

  1. waaaah udah mulai berhitung hemat-hematan…. hihihihi:mrgreen:

    sis.. sis.. saya dapet gosibh ada something tanggal 8 Agustus besok? bukan hoax kan? hehehehehe
    *kedibh-kedibh*

  2. sense of krisis…..
    jadi inget waktu pertama jadi mahasiswa. karena gak punya duit buat beli jeans baru dan karena males nyuci jeans juga. jadi satu jeans dua minggu. hahahaha
    hemat detergen, hemat tenaga, hemat keringat..

    -salam

  3. wah.. bagus tuh tips nya…
    yoa… yoa.. kita semua hemat… hemat energi…

    btw, klo naek angkotan umum, kadang2 lama nunggunya… enakan naek sepeda kynya hehehe

  4. Jadi krn hemat listrik, blognya juga pake theme yg gelap2an gini ya hahaha…
    Kalo saya prinsipnya lain, yg bikin kita krisis gini kan gara2 begundal2 diatas itu. Untuk apa ikut menanggung derita akibat ulah mereka. Seharusnya kita ga bakalan krisis dgn sumber daya sekaya ini. Jadi gaya hidup saya tetap seperti dulu, peduli amat. Biar ambruk sekalian dah… hihihi… 😀

    **Kalo udah jengkel sama begundal2 itu saya memang menjadi egois** :mrgreen:

  5. oh, bumiku… ayo gapailah tanganku…. hwehe.

    (^_^)v

    emg perlu bgt tuh sense of crisis. sense of humor juga. halah, ga nyambung. tp, info yg bagus.

    bumi ini milik kita. kl bukan kita yg merawat, lantas siapa lagi? iya, toh?

  6. Despite the fact that campaigns on going green has been enormous.. it’s been less than expected.. Need a political will to enforce it.

    Are you serious enough [for going green]?

  7. hehheee…. postingan yang bijaksanan…
    thnx sarannya…

    oiya, buat ngembat bensin, lebih baek di rumah aja, jadinya ga kemana2 hehehe

    Salam semangat…! ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s