keripik sukun aseli buatan mbah bu

aku sayang mbah bu..

aku suka keripik sukun buatan mbah bu..

**

mbah bu, nama aslinya sri subekti, yang entah karena apa, setelah menikah dan pergi naik haji namanya berubah menjadi Istianah, tapi sejak tahun 1984 namanya menjadi mbah bu.. πŸ™‚

banyak kenangan akan mbah bu diingatanku.. maklum, dulu saya tinggal serumah sama mbah bu dalam jangka waktu yang cukup lama..

mulai dari mana ceritanya?

oke, toko, sebuah toko kelontong yang langsung menempel pada rumah.. tong minyak tanah, dan bangunan kotak dengan pintu kayu bertuliskan cat putih “ES BATU” rak-rak tinggi dengan berbagai macam barang.. dan favorit saya adalah kancing warna warni.. tapi semua itu tinggal kenangan.. mbah bu jarang membuka toko lagi.. mbah bu lebih sering disibukkan acara kunjunganΒ  kerumah 12 anak+mantunya.. 22 cucunya, dan 2 buyut nya.. πŸ™‚

mbah bu.. dan mesin jahitnya.. dulu mbah bu terima jahitan, masih terngiang jelas suara mesin jahit dan mesin obras.. serta kaleng kaleng susu berisi bahan pembuat kancing.. dan seplastik besar sisa kain, yang kadang dibuatnya menjadi rok-rok mungil sampe keset kamar mandi.. tapi lagi-lagi semua itu tinggal kenangan.. mbah bu memang masih bisa menjahit.. terakhir kali mbah bu menjahitkan kebaya yang saya pakai untuk wisuda.. hmm.. itu skitar awal tahun 2005.. πŸ™‚

mbah bu dan pawon besarnya.. rumah mbah bu besar sangat.. bahkan dapurnya saja seukuran rumah tipe 95.. dapur itubesar.. karena keluarga besarnya.. dulu pawon-pawon seukuran raksasa itu hampir selalu menyala.. mbah bu sendiri sering terlihat memasak dan meniup bara api pawon.. dan memasukkan kayu serta ranting-ranting kecil untuk mempertahankan nyala apinya..

sebut saja nama masakannya, mbah bu pasti membuatnya disitu.. kembang goyang dan keripik sukun, favorit saya..

mengingat mbah bu sudah jarang membuat kembang goyang.. maka mari kita coret kembang goyang, dan memasukannya dalam stoples kenangan..

mbah bu terus saja mengingat bahwa saya akan duduk diam ditemani 2-4 toples keripik sukun.. tapi bukan sembarang keripik sukun, harus keripik sukun aseli buatan mbah bu..

awal agustus kemarin waktu saya kebetulan pulang kampung, mbah bu membuatkan satu dus kripik sukun.. πŸ™‚ mbah bu tidak pernah lupa kesukaan saya.. [jadi mendadak terharu].

sampai di lampung, saya masukkan kripik sukun itu dalam stoples bening berukuran besar.. total ada 5 stoples..

kripik sukun buatan mbah bu, manis dan gurihnya bercampur menjadi satu.. rasanya juga tidak pernah berubah.. dari zaman saya masih kecil dulu.. sampe sekarang.. saya suka ketika kripik sukun itu sedikit agak ames.. jadi kadang saya justru membiarkan toples tidak tertutup rapat.. khusus untuk saya..

ternyata.. buah jatuh memang tak jauh dari pohonnya.. πŸ™‚ ruzbi pun suka keripik sukun buatan mbah bu.. dalam kondisi yang sedikit ames.. πŸ™‚

well, saya masih punya satu stoples penuh keripik sukun.. semoga tahan sampai saya pulang lagi.. πŸ™‚

10 pemikiran pada “keripik sukun aseli buatan mbah bu

Tinggalkan Balasan

