mental berkelimpahan

yakin deh, sudah pada pernah denger tentang mental berkelimpahan bukan?

saya sendiri baru belajar dari sana-sini tentang mental berkelimpahan ini. beberapa orang menyederhanakan dengan ‘anti pelit’, menurut saya bukan hanya itu.

mental berkelimpahan lebih kepada menerapkan pada diri sendiri bahwa kita memiliki lebih dari cukup, karenanya dalam hidup kita akan selalu bersyukur, berfikir positif dan selalu berbagi.

dimana beda nya dengan ANTI PELIT tadi? jelas beda!

anti pelit hanya satu bagian dari mental berkelimpahan itu sendiri. oke, mungkin saja syukur kita wujudkan dengan berbagi. namun cara bersyukur itu sendiri bisa macam-macam.. 🙂

kembali ke mental berkelimpahan tadi, kenapa saya ingin membahas ini lebih kepada menyemangati diri untuk selalu ingat bahwa nilai yang saya tanam adalah ‘berkelimpahan’

bahwa saya lebih beruntung dari pada orang kebanyakan, bahwa apa yang telah Allah berikan, lebih dari cukup. itu mental berkelimpahan.

beranjak dari situ, kita jadi lebih bersyukur, bukankah barang siapa bersyukur niscaya nikmatnya akan bertambah? Barakallah.. 🙂

beranjak dari mental berkelimpahan itu pula, kita wujudkan sikap hidup positif, seperti, kita tidak menggerutu tentang berapa atau apa yang kita peroleh hari ini. atau menggerutu dengan jumlah rupiah yang kita peroleh selama ini. tidak. orang bermental berkelimpahan selalu berfikir positif. bahwa Allah telah mencukupkan ia, dan bahwa sesungguhnya ia telah memiliki lebih dari cukup.. 🙂 semuanya semakin indah saja bukan?

lalu, orang yang memiliki mental berkelimpahan itu selalu saja mau berbagi, bahwa ia memiliki lebih dari cukup, dan ada banyak orang lain yang membutuhkan bantuannya. dan ia pun ikhlas berbagi.

banyak ceramah agama yang sekarang dapat kita hadiri, melalui media radio, TV, blog dan sosial media lain. sebut saja ust. Yusuf Mansur yang juga sering memberi siraman rohani lewat social media.

nama lain yang sering muncul, yaitu ippho right santosa lewat akun twitter miliknya, yang juga memberi banyak inspirasi tentang mental berkelimpahan ini.

beberapa sarana berbagi juga ada di jejaring sosial yang tentunya makin menguatkan pondasi kita akan mental berkelimpahan ini. semisal @saptuari dengan #sedekahrombongan – nya. masih banyak yang lainnya.
nah, mari perbaiki mental kita, alih-alih berpikir ketiadaan, akan lebih baik membina mental berkecukupan ini 🙂

selamat berbagi 🙂

 

 

 

disclaimer: tulisan ini terbit atas kerjasama dengan :

@dotsemarang #ligabloggerindonesia  :mrgreen:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s