Lestarikan Batik Indonesia!

BATIK. Siapa yang tidak kenal batik? mengutip dari Suara Merdeka dalam tulisan yang diterbitkan dalam rangka peringatan hari batik nasional 2 oktober 2012 silam, berikut liputan lengkapnya.

BATIK sebagai warisan budaya harus terus dijaga dan dilestarikan. Hal tersebut untuk menjaga kepercayaan dunia atas batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah ditetapkan Unesco sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi (masterpieces of the oral and intangible heritage of humanity).

“Esensi dari intangible cultural heritage harus dijaga. Apabila kita tidak mampu menjaga dan melestarikananya, maka akan lepas,” tegas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Radjasa pada pembukaan Pekan Batik Nusantara 2012 di Lapangan Jetayu, Rabu (3/10).

Menurut dia, batik sebagai puncak dari mahakarya budaya harus dilihat sebagai hal yang utuh. Yakni simbol kecintaan, kasih sayang, simbol budaya, simbol kekuatan sosial masyarakat, kekuatan ekonomi rakyat dan kekuatan seni yang luar biasa.

Karena itu, dia meminta kepada masyarakat untuk melihat batik bukan sekedar sepotong kain, tetapi kekuatan inovasi dan kreativitas yang melambangkan kekuatan budaya.

“Batik jangan dilihat sekedar sepotong kain. Goresan tangan pada kain batik yang dibuat para perajin akan menghasilkan produk yangΒ  mempunyai kekuatan yang luar biasa karena goresan itu mempunyai makna pesan dan rasa pada diri manusia,” paparnya. Hatta juga mengajak masyarakat untuk menjadikan batik sebagai bagian dari kehidupan.

JAdi, kembali ke ulasan BATIK tadi, bagaimana kita melestarikan batik?

Bisakah kita mengenali Batik Asli Indonesia? jangan-jangan kita salah pakai batik “asing” sebagaimana disampaikan oleh Ibu Mari Elka Pangestu disini.

TIDAK SEMUA TEKSTIL BERCORAK BATIK adalah BATIK

jadi, untuk melestarikan batik maka Langkah Pertama : Mengenali Batik Indonesia.πŸ™‚ jangan sampai yaa.. pas hari batik kita bukan pakai BATIK, ternyata hanya tekstil bercorak batik.. hihihihi:mrgreen:

oia, bagusnya lagi kalau kita bisa membedakan batik, antara yang tulis dan cap. sebenernya ada beberapa perbedaannya. saya coba kutipkan dari sumber lain disini, jenis batik beberapa diantaranya adalah dibedakan menurut tekniknya:

  • Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
  • Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
  • Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

selanjutnya adalah, Langkah Kedua: Memakai Batik Indonesia pada kesempatan yang memungkinkan tentunya..πŸ™‚ misal, acara pernikahan, gak ada salahnya pakai setelan batik dan kebaya..πŸ™‚ pasti deh.. makin cihuii..πŸ™‚ pakai konde ala Ibu Kartini juga boleh..πŸ™‚

ke kantor pas jatahnya pakaian bebas, pakai batik..πŸ™‚ ajak teman-teman yang lain juga pakai batik.

Langkah Ketiga: Membuat Kegiatan Bertemakan Batik. Misalnya, kalau saya ni seringnya jalan-jalan, atau pas ada acara gathering kantor, coba usulkan ke Kota Batik, atau kursus membatik.. pasti seru..
contoh lain ni, misalnya saya jualan paket wisata berikut ini:

Kelana Kuliner Batik Budaya: Semarang, Lasem, Rembang

bersama Cullinary Guide mas @arieparikesit

keterangan lebih lanjut bisa hubungi @ratutebu

nah lohhh.. kenapa jadi promosi jualan.. hihihihi..
:mrgreen: maapkann yaa min *kedipin mimim*

jadi, kembali ke BATIK, sebagai warga negara Indonesia, kita harus bangga loohh mengenakan batik..

sebentar, saya carikan foto beberapa orang yang memakai batik di acara outdoor (kata mimin kalo acara indoor sudah biasa yaa..😦 baiklaaahh nanti fotonya nyusul ya miiinnn..)

tulisan ini diikut sertakan dalam #ligabloggerindonesia yang hadiahnya dipersembahkan oleh @dotsemarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s