Lestarikan Sumber Air!

Sudah barang tentu kita ketahui bersama, bahwa air adalah suatu hal yang penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Belum ada seorangpun didunia ini yang mampu membuktikan bahwa ia dapat hidup tanpa air.Belum lagi kenyataan bahwa tubuh kita juga terdiri dari air!

Mengingat akan hal tersebut diatas, masihkah kita berdiam diri dan tidak melakuikan apapun untuk menjada kelestarian sumber air pada umumnya, dan sumber air minum pada khususnya?

Media informasi dibeberapa waktu yang lalu memberitakan daerah-daerah dengan kondisi krisis air bersih, belum lagi musim kemarau panjang yang sempat kita alami di pertengahan tahun ini. Apakah pemberitaan krisis air dan kenyataan tersebut belum juga mengetuk kita untuk menjaga sumber air?

Semua berawal dari diri kita, lingkungan terkecil kita (keluarga) dan akan meluas ke RT, RW, Kampung/Desa, Kabupaten, Propinsi, Bangsa dan Dunia! mulailah dari diri kita sendiri. sekecil apapun tindakan yang kita ambil dalam rangka melestarikan sumber air ini tentu akan berarti. lakukanlah hal-hal penghematan air bersih pada waktu-waktu dimana kita harus memanfaatkan air.

Berikut ini 6 dari 9 tips hemat air yang saya sunting dari sini, silahkan:

1. Sewaktu Sikat Gigi Tutuplah Kran

Banyak orang beranggapan menyikat gigi adalah aktivitas yang bisa diselesaikan dengan cepat, maka itu selalu pada saat menyikat gigi kerap kali membiarkan kran dalam posisi terbuka. Ketika Anda belum menyadarinya, air sejumlah 4 galon (1 galon AS = 3,785 liter, sementara 1 gallon Inggris = 4,546 liter) terbuang begitu saja.

Efektifitas: di AS apabila setiap orang selalu menutup kran sewaktu gosok gigi, maka bisa menghemat 4 kali lipat debit air sungai Missisipi per tahunnya.

2. Selalu Bawalah Air Sendiri

Setiap hari membeli air kemasan barangkali bisa mengatasi rasa dahaga Anda, tetapi akan membuat bumi semakin mengering.

Setiap 7 liter air baru bisa menghasilkan 1 liter air kemasan, oleh karena itu bawalah sendiri air dalam botol yang dapat dipergunakan berulang kali, baru bisa membuat air dipergunakan pada tempatnya.

Efektifitas: Setiap tahun Anda bisa menghemat 577 galon air. Seluruh AS bisa menghemat air yang cukup untuk menenggelamkan wilayah Washington sedalam 1,6 meter.

3. Tambahkan Perangkat Pengatur Arus Kran

Kebutuhan air di dalam ruang, 15% diantaranya berasal dari air kran, tetapi kita sering membuka air dengan bukaan terlalu besar, tanpa dirasa telah memboroskan volume air sebanyak 2 kali lipat. Asalkan mau mengeluarkan US$ 1-2 (Rp 10.000 – 20.000), pasanglah pengatur arus kran pada setiap kran, maka dapat mengatasi hal ini dengan enteng.

Efektivitas: Anda setiap tahun bisa berhemat air sebanyak 1.000 galon; seluruh AS misalnya bisa menghemat kebutuhan air bagi kota New York selama 10 hari.

4. Pasang Shower Hemat Air

Shower hemat air bisa membantu Anda berhemat kebutuhan air sebanyak 2 kali lipat (dibandingkan dengan penggunaan bathtub). Jika Anda mandi menggunakan shower semacam ini selama 5 menit (dan tidak lebih), dalam setahun bisa menghemat air yang sanggup memenuhi kolam sedalam 4,5 meter, bersamaan itu Anda bisa menghemat energi pemanas air.

5. Siram Tanaman  pada Pagi atau Sore Hari

Menyiram tanaman pada tengah hari, mengakibatkan sebanyak 14% air tak sanggup diserap tanaman karena penguapan. Sedangkan apabila melakukannya pada pagi atau petang hari, dalam 1 minggu bisa berhemat 87 galon air.

6. Gunakan Selang Jangan Penyemprot Otomatis

Menurut estimasi, air yang dipakai untuk menyiram rerumputan rumah mencapai 25 ribu gallon, melebihi pemakaian kebutuhan air di dalam ruang sebanyak 2 kali lipat. Anda boleh memiliki pilihan yang lebih cerdas yakni menggunakan slang untuk menyiram rumput. Hal ini bisa membantu Anda berhemat air, minimal separuh.

nah, mulai lakukan minimal 1 (satu) diantara 6 hal tersebut untuk ikut serta menjaga kelestarian sumber air sehat kita. demi generasi penerus kita, demi kita.

LESTARIKAN SUMBER AIR SEHAT DISEKITAR KITA!

Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Blog #airpureit #airjernih Periode 27 November – 29 Desember 2012

2 thoughts on “Lestarikan Sumber Air!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s