Balada Ganti Plat *bukan platform*

Jadi ceritanya pajak mobil yang seusia si-kakak akan segera jatuh tempo, yang konon katanya pembayaran tiap 5 tahunan sedikit lebih ribet..

memang!

karena gak bisa dong kita lewat UPC yang ada di samsat.
nah, kebetulan ini nonna jessi ber-plat kan gunung sugih, maka saya dong harus rela ngantri bergerah-gerahan bersama jutaan manusia lainnya *halah! lebay!:mrgreen:

nah, tibalah saya kira kira pukul sembilan pagi di samsat, dan dengan kepedean-nya merasa bahwa even yang 5 tahun sekali (lazim disebut GANTI PLAT) ituh bisa lewat UPC.

santai doong ke UPC nanya kalo antrian pajak mobil masih 15 menit lagi. *dududududu..

somehow saat saya balik ke mobil kepikiran aja gituu.. dan juga terbesit perasaan gak enak.. ah apa iya sii.. maka saya ber inisiatif nanya nanya kemana mana.. *halah! ini lebay lagik*:mrgreen:

nah, atas petunjuk bapak tukang parkir.. *maap ini si nanya ke yang deket, panas soalnya*

dikasih taulah suruh potokopi rangkap 4 dan belik map! yasudah saya nurut sajah.. melaju ke potokopian yang ada di lingkungan samsat, nah itu tukang fotokopi juga udah pengalaman kok, dia tahu mana yang di copy, mana di jepret dimana, dan nyusun di dalem map nya..

lalu saya nanya dong ke tukang foto kopi nya, “terus saya kemana lagi ini?”

“cek fisik” jawabnya singkat sambil menunjuk ruangan bertuliskan CEK FISIK, sebuah loket terbuka, saya pun menyapa pak pulesei yang ada di balik loket, menyerahkan map dan beliau menambahkan sebuah formulir dan ada stiker (yang kemudian saya tahu ini yang dipake untuk ‘esek-esek’ nomor mesin dan nomor rangka.

“ikut bapak itu” dan saya pun mengikuti bapak yang ditunjuk oleh Pak Pulesei tadi menuju mobil saya yang diparkir dengan cantiknyaa *lah iya parkirnya deket bgt ama pintu*😎

nah pada saat si bapak ‘ngesek-esek’ saya di datengin nih sama calo, ‘lama loh mbak.. udah sini saya bantu aja’ dan kira kira harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp.500.000,- sajah! *gilak*😯

penasaran saya nanya: ‘kalo kilat berapa lama?’

diapun menjawab : satu jam selesai.

ahhh.. curang!

lalu hati kecil saya yang masih murni anak baik baik ini menolak kecurangan tersebut, *aselinya karena duitnya mau dipake buat ganti oli deeeng😛

maka jadilah saya mengantri sendiri!

beginilah ceritanya:

1. Ambil nomor antrian, nunggu dipanggil.

2. Loket 1: PENDAFTARAN

ini saya nyerahin dokumen dalam map tadi asli dan fotokopi KTP, BPKB, STNK. konon harus diri sendiri, kalau punya orang lain, harus lampirkan Kartu keluarga (hanya boleh ngurusin keluarganya sendiri).

disini saya dikasih formulir buat diisi, dan karena gak punya pulpen, jadilah ketika ada yang nawarin ngisiin identitas kendaraan dengan membayar 5000 sajah, saya kasihin deh.. kilat gak sampe 5 menit udah kelar aja si bapak ngisinya.

saya serahin balik ke loket 1, dan diteruskan ke loket 2.

3. Loket 2

ini entah diapain disini, soalnya yang lolos di pendaftaran, di loket 2 cuma diliatin isinya map, dipanggil lagi dan disuruh bawa berkas ke loket 3.

kalo gak salah ini penetapan ya.. tapi apanya yang mau ditetapkan si? bukannya pajaknya gak turun turun?😥

4. Loket 3: Bayar administrasi

ini loket bank BRI, nah saya malah justru inget nyariin gebetannya ndon,  temen sayah, tapi malah ketemunya mas mas.. zonk banget kan..:mrgreen:

haha! balik lagi..

disini bayar plat 50.000, STNK 75.000 apa ketuker ya? ya pokoknya 125.000 untuk kendaraan roda 4.

5. Loket 4: Kasir (bank Lampung)

nunggu dipanggil, setor pajak. *dadah dadah sama duit di dompet.. ya ALLAH kok datengnya lama, perginya cepet bgt😥

6. Loket 5 : ambil STNK

ahh! jangan dibayangin ini lama bgt! pokoknya gitu dehhh nunggu dicetak dulu, belum lagi kadang dia ngeduluin yang dari dealer gituu.. jadilah lumayan lama kita yang ngantri.. belum lagi kalo ganti plat kita nunggu STNK nya jadi pulak.. ya lumayan lahhh..

pas lagi ngantri gini saya udah lumayan BT ketika ada petugas yang nanyain: ‘kuliah dimana?’ aaawwww.. masih imut yaakk ternyata akunyaaa:mrgreen: *nyengirkuda* #abaikan

7. Keterangan Plat dalam Proses

nah.. ini kalo udah selesai semua, baru deh kita serahin bukti bayar plat dan stnk dr loket bank BRI tadi kemari, satu diambil, satu lagi distempel, karena konon katanya plat baru jadi setelah 7 bulan 10 hari!

duh pak! prematur! haha ngapa gak tunggu sekalian 9 bulan 10 hari ya?😈

 

nah.. demikian lah tadi sekilas proses bayar pajak, inget, orang bijak taat bayar pajak!

kata siape? KATA ORANG PAJAK! bukan kata sayahhh😈

 

 Ps. total lamanya 2,5 jam sajahh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s