inggronesia


sumber foto: google stock

Ternyata pemerkosaan terhadap bahasa inggris terjadi di banyak negara, termasuk di Indonesia.

pemerkosaan yang saya maksudkan disini bukan hanya dalam rangka mencampur adukkan bahasa inggris dengan bahasa indonesia maupun dialek bahasa daerah lainnya, namun juga munculnya istilah istilah kawin silang maupun juga meng-inggris-kan kata kata dalam bahasa Indonesia.

lalu salah siapa?

saya juga termasuk yang salah dan ikut serta mengambil bagian maupun turut andil dalam pemerkosaan ini, misalnya saja ketika menilik pada akun instagram saya pernah menuliskan ‘happy wedding day’ yang mana istilah tersebut sesungguhnya hanya ada di Indonesia, ini kata ahli nya loh! 

disitulah kemudian saya teringat akan mas vicky nya mba gotik dengan bahasa ajaib bin nyleneh nya. kemudian, saya merasa malu pada diri sendiri karena ikut mengomentari, padahal bahasa saya pun ternyata jauh dari sempurna.

mumpung kita lagi memperingati hari kemerdekaan, alangkah baiknya kita pukpuk *nah mulai baper! maksudnya kita pupuk kembali semangat nasionalisme kita dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD maupun EBI.

*baru nggeh kalo EYD diganti menjadi EBI 

atau lebih baik kita bawa bawa KBBI dari pada bawa kamus oxford? lah gimana mau belajar bahasa asing saat bahasa indonesia kita sendiri masih begitu berantakan? yakan? 

baiklah, ngomong soal nasionalisme, karena awalannya adalah nasi, tiba tiba saja saya merasa lapar!

kalian sudah makan? *cek KBBI* 

#biggrin

Tinggalkan Balasan

