Surat dari Ibu


setiap tanggal dua puluh delapan bulan september, sepucuk surat yang menguras air mata selalu hadir.

bukan hanya karena isinya, namun karena seluruh limpahan kasih sayang itu memang terasa disana.. pada setiap kata, pada setiap goresan pena seorang ibu..

saat seorang bayi manusia terlahir, hal pertama yang ia pelajari adalah bagaimana cara untuk menangis.

selepas itu, sisa keseluruhan hidupnya akan ia gunakan untuk belajar bagaimana agar ia mampu tersenyum saat kehidupan memaksanya untuk menangis.

begitu tulis ibu dalam suratnya dua puluh delapan september setahun yang lalu,-

ibu selalu punya cara membuat saya istimewa,- betapa tidak, ibu selalu memiliki sisi lembut yang membuat orang lain merasa nyaman dan begitu istimewa.

saya selalu mengagumi sosoknya, ia mampu memberi nasihat, ia mendengarkan dan dia juga yang mampu mengembalikan senyuman setelah airmata.

Ibu mungkin bukan ibu kandung saya, tapi kasih sayang yang ia curahkan tidak berbeda dari ibu kandung saya..

bahkan ibu kandung saya sendiri (mamah) sempat iri karena jarak membuat saya dan mamah jarang bertemu, sementara saya dan ibu lebih leluasa bertemu..

tapi kedekatan kami bukan tentang itu saja.. ibu sudah banyak menyaksikan perjalanan hidup saya, ketika saya jatuh terjerembab kemudian bangkit kembali dan berjalan tertatih hingga saya bisa kembali berlari..

ibu juga menyaksikan bagaimana hidup telah membawa saya ke titik terendah dan mengangkat saya kembali, 

sungguh kita telah banyak belajar tentang suatu masa yang tak mudah, semoga kita senantiasa tegar dan mampu memetik hikmahnya

 begitu tulis ibu dalam suratnya tahun ini..

terimakasih ibu, untuk setiap kasih yang tercurah, untuk setiap doa yang terpanjat, semoga Allah selalu melimpah ruah untuk ibu dan keluarga.

I love you, Ibu.

Tinggalkan Balasan

