Balada Ganti Plat *bukan platform*

Jadi ceritanya pajak mobil yang seusia si-kakak akan segera jatuh tempo, yang konon katanya pembayaran tiap 5 tahunan sedikit lebih ribet..

memang!

karena gak bisa dong kita lewat UPC yang ada di samsat.
nah, kebetulan ini nonna jessi ber-plat kan gunung sugih, maka saya dong harus rela ngantri bergerah-gerahan bersama jutaan manusia lainnya *halah! lebay! :mrgreen:

nah, tibalah saya kira kira pukul sembilan pagi di samsat, dan dengan kepedean-nya merasa bahwa even yang 5 tahun sekali (lazim disebut GANTI PLAT) ituh bisa lewat UPC.

santai doong ke UPC nanya kalo antrian pajak mobil masih 15 menit lagi. *dududududu..

somehow saat saya balik ke mobil kepikiran aja gituu.. dan juga terbesit perasaan gak enak.. ah apa iya sii.. maka saya ber inisiatif nanya nanya kemana mana.. *halah! ini lebay lagik* :mrgreen:

nah, atas petunjuk bapak tukang parkir.. *maap ini si nanya ke yang deket, panas soalnya*

dikasih taulah suruh potokopi rangkap 4 dan belik map! yasudah saya nurut sajah.. melaju ke potokopian yang ada di lingkungan samsat, nah itu tukang fotokopi juga udah pengalaman kok, dia tahu mana yang di copy, mana di jepret dimana, dan nyusun di dalem map nya..

lalu saya nanya dong ke tukang foto kopi nya, “terus saya kemana lagi ini?”

“cek fisik” jawabnya singkat sambil menunjuk ruangan bertuliskan CEK FISIK, sebuah loket terbuka, saya pun menyapa pak pulesei yang ada di balik loket, menyerahkan map dan beliau menambahkan sebuah formulir dan ada stiker (yang kemudian saya tahu ini yang dipake untuk ‘esek-esek’ nomor mesin dan nomor rangka.

“ikut bapak itu” dan saya pun mengikuti bapak yang ditunjuk oleh Pak Pulesei tadi menuju mobil saya yang diparkir dengan cantiknyaa *lah iya parkirnya deket bgt ama pintu* 😎

nah pada saat si bapak ‘ngesek-esek’ saya di datengin nih sama calo, ‘lama loh mbak.. udah sini saya bantu aja’ dan kira kira harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp.500.000,- sajah! *gilak* 😯

penasaran saya nanya: ‘kalo kilat berapa lama?’

diapun menjawab : satu jam selesai.

ahhh.. curang!

lalu hati kecil saya yang masih murni anak baik baik ini menolak kecurangan tersebut, *aselinya karena duitnya mau dipake buat ganti oli deeeng πŸ˜›

maka jadilah saya mengantri sendiri!

beginilah ceritanya:

1. Ambil nomor antrian, nunggu dipanggil.

2. Loket 1: PENDAFTARAN

ini saya nyerahin dokumen dalam map tadi asli dan fotokopi KTP, BPKB, STNK. konon harus diri sendiri, kalau punya orang lain, harus lampirkan Kartu keluarga (hanya boleh ngurusin keluarganya sendiri).

disini saya dikasih formulir buat diisi, dan karena gak punya pulpen, jadilah ketika ada yang nawarin ngisiin identitas kendaraan dengan membayar 5000 sajah, saya kasihin deh.. kilat gak sampe 5 menit udah kelar aja si bapak ngisinya.

saya serahin balik ke loket 1, dan diteruskan ke loket 2.

3. Loket 2

ini entah diapain disini, soalnya yang lolos di pendaftaran, di loket 2 cuma diliatin isinya map, dipanggil lagi dan disuruh bawa berkas ke loket 3.

kalo gak salah ini penetapan ya.. tapi apanya yang mau ditetapkan si? bukannya pajaknya gak turun turun? πŸ˜₯

4. Loket 3: Bayar administrasi

ini loket bank BRI, nah saya malah justru inget nyariin gebetannya ndon,Β  temen sayah, tapi malah ketemunya mas mas.. zonk banget kan.. :mrgreen:

haha! balik lagi..

disini bayar plat 50.000, STNK 75.000 apa ketuker ya? ya pokoknya 125.000 untuk kendaraan roda 4.

5. Loket 4: Kasir (bank Lampung)

nunggu dipanggil, setor pajak. *dadah dadah sama duit di dompet.. ya ALLAH kok datengnya lama, perginya cepet bgt πŸ˜₯

6. Loket 5 : ambil STNK

ahh! jangan dibayangin ini lama bgt! pokoknya gitu dehhh nunggu dicetak dulu, belum lagi kadang dia ngeduluin yang dari dealer gituu.. jadilah lumayan lama kita yang ngantri.. belum lagi kalo ganti plat kita nunggu STNK nya jadi pulak.. ya lumayan lahhh..

pas lagi ngantri gini saya udah lumayan BT ketika ada petugas yang nanyain: ‘kuliah dimana?’ aaawwww.. masih imut yaakk ternyata akunyaaa :mrgreen: *nyengirkuda* #abaikan

7. Keterangan Plat dalam Proses

nah.. ini kalo udah selesai semua, baru deh kita serahin bukti bayar plat dan stnk dr loket bank BRI tadi kemari, satu diambil, satu lagi distempel, karena konon katanya plat baru jadi setelah 7 bulan 10 hari!

duh pak! prematur! haha ngapa gak tunggu sekalian 9 bulan 10 hari ya? 😈

 

nah.. demikian lah tadi sekilas proses bayar pajak, inget, orang bijak taat bayar pajak!

kata siape? KATA ORANG PAJAK! bukan kata sayahhh 😈

 

Β Ps. total lamanya 2,5 jam sajahh..

Iklan

Emas: Lindungi Aset, Wujudkan Impian

Emas untuk Mewujudkan Impian

Setiap orang yang hidup mempunyai impian. Masing-masing orang tentu memiliki impian yang berbeda. Bukan perbedaan jenis impiannya yang menentukan apakah impian itu kelak akan menjadi kenyataan atau hanya menjadi mimpi semata, namun usaha kita-lah yang akan membedakan hasilnya.

Impian itu mungkin merupakan hal besar yang mustahil diwujudkan bila melihat kondisi kita saat ini, karena umumnya setiap proses yang dilalui untuk mewujudkan impian itu tidaklah mudah, penuh rintangan dan tantangan.

Dari riset kecil yang saya lakukan, banyak orang yang bermimpi untuk mencapai kebebasan financial, yang oleh Anthony Robbins dalam bukunya didefinisikan sebagai kondisi keuangan dengan pencapaian investasi yang cukup banyak, relatif aman, dan hasilnya mencukupi untuk kita hidup dengan gaya hidup yang kita inginkan.

Ataukah Anda memiliki impian lain yang juga ingin Anda raih dalam waktu dekat? Coba kita deskripsikan dengan lebih seksama, agar sama-sama bisa kita lihat tampilan visi tentang impian tersebut, misalkan, biaya pendidikan anak, biaya pernikahan, menunaikan ibdaha haji misalnya, atau wisata kesuatu tempat di belahan lain bumi?

Lalu coba Anda hitung kembali, berapa biaya yang Anda butuhkan untuk mencapai impian tersebut?

 

Lalu pertanyaan terbesarnya adalah, bagaimana mewujudkan impian tersebut?

Salah satu jawaban yang sering kali kita dengar adalah menabung, sebagian perencana keuangan bahkan mengatakan menabung 30% dari penghasilan yang didapat dengan cara menyisihkan langsung saat menerima penghasilan tersebut.

Akan tetapi, instrumen apa yang akan kita pilih untuk menjamin bahwa tabungan kita itu akan membawa kita menuju impian kita?

 

Adalah Emas yang merupakan benda yang memiliki nilai yang dapat bermanfaat melindungi nilai harta atau dalam hal ini tabungan kita terhadap resiko inflasi. Selain itu tidak dapat dipungkiri emas juga merupakan objek investasi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dimasa depan walaupun kebutuhan darurat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa emas memiliki manfaat sebagai pelindung nilai aset seiring dengan kontinuitas kenaikan harga emas dari tahun ke tahun, dan emas adalah instrumen yang mempunyai sifat paling likuid diantara semua instrumen investasi.

 

Memperoleh Emas

Sebelum memutuskan cara yang akan digunakan untuk memperoleh emas, terlebih dahulu, kita akan membahas jenis emas yang paling sesuai untuk kita jadikan kendaraan pelindung tabungan dari nilai inflasi. Beberapa beberapa alternatif pilihan jenis emas yang bisa dijadikan investasi, antara lain emas koin, batangan (lantakan), dan emas perhiasan. Adapun kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut:

  1. Emas perhiasan dengan kadar kemurnian berkisar antara 18-24 karat bernilai investasi tinggi. Kekurangannya, biaya pembuatan mahal dan kualitas kadarnya bisa menurun jika sering dipakai. Akibatnya, harga jual akan lebih rendah daripada harga beli. Model yang tidak up to date juga membuat nilainya makin turun. Sebab, toko emas harus melebur kembali emas tersebut, sebelum bisa menjualnya.
  2. Emas koin, dinar, dan emas batangan (dikenal dengan sebutan LM – Logam Mulia).
    emas jenis ini meemiliki bentuk yang lebih sederhana dengan biaya cetak yang rendah, tidak bisa dipakai dan hanya bisa disimpan saja. Selain itu, jenis emas ini memiliki cap dan sertifikat dari PT Aneka Tambang (ANTAM), perusahaan transaksi jual-beli emas resmi milik negara. Dengan begitu, nilai harga jual-belinya lebih terjamin, karena mengikuti standar yang berlaku.

Setelah memutuskan jenis apa yang dipilih sebagai instrumen investasi, yang berdasarkan keterangan diatas tentunya tidak sulit memilih emas jenis apa yang kita jadikan pilihan, maka tahap berikutnya adalah, memikirkan bagaimana dapat memperoleh emas dengan tabungan yang kita sisihkan dari penghasilan, yang mungkin bagi anda yang berpenghasilan diatas rata-rata tentu tidaklah terlalu menyulitkan, karena dapat membeli secara langsung dengan membayar kontan senilai harga emas. Namun, kendala muncul bagi mereka yang berpenghasilan dibawah rata-rata atau sering kita sebut dengan golongan menengah kebawah, apakah kesempatan untuk mencapai impian dengan kendaraan berupa tabungan dan investasi emas ini menjadi tidak mungkin bagi mereka? Tentu tidak!

Beberapa institusi pembiayaan dan perbankan tengah gencar memanfaatkan momentum dimana para pakar perencana keuangan dan pengamat Investasi Emas berbagi tips tentang manfaat dari menabung emas melalui blog dan jejaring sosial yang tengah booming beberapa waktu terakhir. Sebut saja Endy Kurniawan dan Rully Kustandar melalui blog dan akun twitter mereka selain berbagi tips juga info seputar harga logam mulia dan dinar berikut tata cara pembeliannya. Satu yang menurut saya menonjol adalah pembelian dengan sistem angsuran atau cicil emas, memang kita dibebani biaya margin cicilan yang berkisar antara 5% sampai dengan 7% setahun, namun disisi lain kita memperoleh kenaikan nilai barang (emas) sampai dengan 10%. Selisih antara kenaikan value barang dan margin yang kita tanggung ini adalah merupakan KEUNTUNGAN lain yang kita peroleh dari skema cicil emas.

Beberapa Bank dengan konsep syariah juga mengadakan program kepemilikan emas dengan sistem cicilan. Saya sendiri lebih sering ke Pegadaian (bukan promosi), mengingat emas yang disediakan mulai dari ukuran 3 gr, 5 gr, 10 gr, 25gr, 50gr, 100gr. Sehingga lebih fleksibel bagi kita untuk menentukan. Beriku contoh tabel cicilan emas di pegadaian per tanggal 9 november 2012 (harus diingat, harga emas berubah setiap hari).

Jadi, Kenapa Belum Menabung Emas?

Setelah penjabaran tentang keuntungan Emas, atau dalam hal ini fokuskan pada Logam Mulia dalam bentuk Emas batangan, masihkah anda tertarik menabung dengan sitem konvensional? Belum lagi kenyataan bahwa kelak laju pertumbuhan tabungan Anda bahkan tidak akan mampu menyaingi laju inflasi, layak Anda pikirkan untuk beralih menabung Emas. Sekali lagi, Emas terbukti mampu melindungi aset dan mewujudkan impian anda.

***

DISCLAIMER :

Tulisan ini pernah saya ikut sertakan dalam lomba menulis yang diadakan BRI Syariah. Karena belum beruntung, saya modifikasi sedikit dan saya kirimkan untuk dapat diterbitkan dalam tabloid TAWON edisi November 2012 (entah nanti dimuat apa gak :mrgreen: )

Bukan Promosi PEGADAIAN, bukan karyawan Pegadaian, Bukan Keluarga Karyawan Pegadaian. hanya nasabah. TIDAK DIBAYAR untuk promosi. bukan juga ikutan lomba ^^

Guerilla Marketik: Memasarkan Produk Secara Kreatif dan Biaya Rendah

Pernah denger Guerilla Marketing belum?

saya pertama kali denger dari sini oke.. model marketing seperti itu memang sudah pernah denger, tapi baru kali ini tau kalau sebutannya adalah Guerilla Marketing (dalam bahas indonesia, terjemahan bebasnya: PEMASARAN secara GERILYA)

Konsep guerilla marketing atau pemasaran gerilya menggunakan cara yang tidak lazim menurut kebiasaan masyarakat, dalam artian masyarakat tidak sadar kalau dirinya saat itu tengah menjadi ‘sasaran iklan’.

Berbeda dengan marketing pada umumnya, dengan pemasaran gerilya ini terciptaΒ  interaksi yang tanpa disadari dan konsumen pun menjadi sasarannya di tempat-tempat yang sama sekali tak terduga.

Konsep pemasaran gerilya bertujuan untuk menciptakan sebuah konsep yang interaktif, komunikatif, unik serta menarik orang untuk berpikir. Sehingga mendorong orang lebih banyak dan intens membicarakan tentang merek dan bisnis yang di promosikan.

Istilah Guerilla Marketing ini dibuat dan didefinisikan pertama kali oleh Jay Conrad Levinson yang lama kelamaan mulai dikenal dan menjadi populer sebagai bagian kosakata dalam berbagai buku teks pemasaran.

Contoh pemasaran jenis ini adalah membagikan hadiah berupa produk di jalan umum, mengadakan kuis/kontes menulis, lomba review produk dan trik lainnya yang dimaksudkan untuk mendapatkan hasil maksimum dengan pengeluaran se-minimum mungkin.

dengan banyaknya jejaring sosial yang berkembang dan banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan masyarakat, tentunya hal tersebut juga lebih meminimkan biaya marketing produk.

ada yang lain yang bisa kasih contoh pemasaran jenis ini? Pls feel free to share πŸ™‚

I am Legend sitting duck

oke! begini ceritanyah.. #prikitiew

jadi, karena akhir-akhir ini anak-anak di rumah omanya, mulailah saya ikutan sekolah forex yang belajarnya online, temen2 di kantor juga ada beberapa yang dapet untung berlipat-lipat! huebaaaatttttt.. 😎

semangat deh sekolah lagiii.. nah sekolah disinih kelas pemula seperti sayah tergabung dalam kelas Sitting Duck! bebek duduk? oh no! gajah duduk? sarung itu siihh..

Sitting Duck Class adalah istilah yang dipakai untuk pemula yang masih awam soal investasi bidang inih.. istilah bahasa indonesianya bukan bebek duduk seperti yang aku bilang, tapi sasaran empuk.. jadi isi kurikulumnya adalah pelajaran tentang investasi umum, dan jugah soal pengertian forex.

nah, hari ini saya baru belajar tentang kenapa saya masuk kelas inih.. πŸ˜€ jadi saya belum bisa bagi ilmu yaaa.. next time saya tulis lagihhh..

kelas selanjutnya ada walking lamb grade, running pig sama hunting fox. tapi sepertinya saya masih bakal lama duduk dikelas bebek iniihh.. hihihihihi..

pertemuan yang akan datang akan membahas soal struktur dunia investasi.. hedehh.. makanan apa pulakkkk! πŸ™„

barangkali ada yang sekelas sama akyuuuu? #titipabsen yakkk! :mrgreen: