[serius] ini tentang: Kode Etik

kode etik atau bahasa kerennya code of conduct ataupun code of ethics 😈 whatever lah.. aku gak pinter bahas inggris.. gyahahaha..

apapun itu, kode etik bukannya kode nya mpok etik #dijitakbuliketik :mrgreen:

lalu, apa itu? saya coba searchin di gugle, ini adalah yang paling pas dihati (sumbernya: ini) *haish lebaynya kumat πŸ˜‰

Kode Etik Dapat diartikan pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku.

Dalam kaitannya dengan profesi, bahwa kode etik merupakan tata cara atau aturan yang menjadi standart kegiatan anggota suatu profesi. Suatu kode etik menggambarkan nilai-nilai professional suatu profesi yang diterjemahkan kedalam standaart perilaku anggotanya. Nilai professional paling utama adalah keinginan untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat.

Nilai professional dapat disebut juga dengan istilah asas etis.(Chung, 1981 mengemukakan empat asas etis, yaitu : (1). Menghargai harkat dan martabat (2). Peduli dan bertanggung jawab (3). Integritas dalam hubungan (4). Tanggung jawab terhadap masyarakat.

Kode etik dijadikan standart aktvitas anggota profesi, kode etik tersebut sekaligus sebagai pedoman (guidelines). Masyarakat pun menjadikan sebagai perdoman dengan tujuan mengantisipasi terjadinya bias interaksi antara anggota profesi. Bias interaksi merupakan monopoli profesi., yaitu memanfaatkan kekuasan dan hak-hak istimewa yang melindungi kepentingan pribadi yang betentangan dengan masyarakat. Oteng/ Sutisna (1986: 364) mendefisikan bahwa kode etik sebagai pedoman yang memaksa perilaku etis anggota profesi.

Konvensi nasional IPBI ke-1 mendefinisikan kode etik sebagai pola ketentuan, aturan, tata cara yang menjadi pedoman dalam menjalankan aktifitas maupun tugas suatu profesi. Bahsannya setiap orang harus menjalankan serta mejiwai akan Pola, Ketentuan, aturan karena pada dasarnya suatu tindakan yang tidak menggunakan kode etik akan berhadapan dengan sanksi.

nah, pembentukan kode etik itu sendiri fungsinya adalah (1). Melindungi suatu profesi dari campur tangan pemerintah. (2). Mencegah terjadinya pertentangan internal dalam suatu profesi. (3). Melindungi para praktisi dari kesalahan praktik suatu profesi.

terus, berikut adalah profesi yang memiliki kode etik yang harus dipatuhi:

(1). Dokter, (2). Guru, (3). Advokat, (4). Notaris, (5). Peneliti (6). Jurnalis, (7). consultant oriflame (itu lohh MLM, masa ndak tau? NDESO! xixixixi)

kalo yang nomer 3,4, dan 7 boleh deh tanya ke sayaa.. nanti saya jelasin.. πŸ˜€ atau kalo mau ndaptar propesi yang nomer 7 juga boleh ke saya.. *gyahahaha.. :mrgreen: kenapa ujung-ujungnya promosi yaa? udah ah.. orang awalnya saya bener-bener cuma mau men-edukasi publik loohhh.. hihihihi..

mohon dimaafkan.. πŸ˜€

 

xoxo

 

ratutebu ~ blogger pasang surut *opothoiki? mbuh! #abaikan :mrgreen:

Iklan

Apdet *bacanya, tulisannya up date*

sekian lama ilang.. aku kembali lagihhh.. beberapa info yang perlu disampaikan..

1. saiia dapet promosi.. dikantor.. naik satu grade.. hehehe..

2. saiia lulus ujian advokat!!! betapa! *joged2 kesenengan mode On*

3. saiia pindahan ke rumah baru.. *whoaaa senangnyah..

4. saiia melahirkan.. prosesnya tergolong mudah dan bayinya ganteng pisan..

5. saiia akhirnya bikin fesbuk *bacanya, nulisnya facebook.. silahkan add saiia yaaa..

hohohoho.. cukup dulu apdetannya..

saiia mau balesin komengtar nyang udah lama nyangkut di blog inih yaaa..

luv u all.. xoxo

Semua Sudah Berakhir!!!

Ujiannya sudah lewattt,,, tanggal 08 Desember 2007 kmaren ujian advokat sudah diikuti,, tinggal pasrah saja tunggu hasilnya,,

sedikit cerita tentang hari itu…

08 Desember 2007, 06.30 WIB,,

Bida>>anterin akuw ke sekolah dulu ya mba,,
Akuw,,>>iya,, tunggu di mobil aja,,

*masuk lagi ke kamar mandi*

Akuw,,>>knapa kalo inget mau ujian perutku slalu sakit,, mules,, bawaan mau ke kamar kecil,,
Ibukuw>>pasti karna kamu tau,, kamu emang gak bisa,, hayyooo!!!

*manyun*

Akuw,,>>kurang persiapan,, sibuk bgt dikantor,,
Bapakkuw >>gpp, kalo ga lulus, nanti ikut lagi taon depan,,

Brangkat,,,

BEFORE THE TEST
Tman2 yang ikut test,,
>>ucie Prof Kadir gitu loh, tmen kul S2,, yang IPK nya 4.00 *jalan santai*
Aku tambah stress,,

>>pak yogi dan pak janter,, hakim ad-hoc untuk PHI
Saingan berat,,

>>Dwi dan Mba Maria,, temen PKPA,,
Sibuk masih blajar,, diajarin handoko,, akuw langsung ikut nguping,, hihihihi,, temankuw,, πŸ˜€

>>rosid,, tmen PKPA juga,,
β€œti, gw punya soal try out nya AAI loh,,”
Langsung kuambil dan ku tuker sama soal SPI,,

>>indra firsada,,
β€œselamat pagi tante asti,,”
Huhuhuhu,, emang udah tante2 bgt apa???
β€œmuka lo knapa merah bgt gitu?? Pake blush on kebanyakan ya??”
Nyebelin bgt ni bocah!!! Orang lagi blajar digangguin,,

>>dan lain2,,

AFTER THE TEST
Pengawas Ujian>> hasil ujian akan diperiksa selama 6 minggu,,
Ucie>>kok lembar jawab komputer ga da item2nya tu yaw?? Trus kok udah kelipet gini,, PALSU niy ya??
Beberapa Peserta,,>>kok soalnya beda jauh ya?? Dari simulasi yang udah pnah diikuti,,
Salah satu peserta>>kalo sampe ini juga ga lulus,, minta revisi UU Advokat!! Gue dah 5 kali ikut niy,,
Akuw>>mau pulang bareng ga wi??
Dwi>>boleh, kalo ga ngerepotin,,

_akuw dan dwi temen kuliahku dulu,, (rumahnya ga tlalu jauh dari rumahku langsung ngeloyor pergi,, ninggalan para pserta yang lagi ngebahas soal tadi_

Yang penting,, SEMUA SUDAH BERAKHIR,, lulus atau gaknya belakangan,, (tapi doain biar lulus yaw!!!) sekarang,, Have Fun Go Mad!!!!!

Prepare for the Test!!!

Tanggal 8 desember sudah terlalu dekat,,
Uhhh,, blum belajarrr,, padahal ujian advokat sudah dekat,,
Duhhhh,, gimana niy???

*kmana aja selama ini mbaQ???*

Takut ga lulus,,Mana udah bayar biaya nya yang lumayan loh,,
(kok malah mikirin bayarannya siy beeiibb,, mestinya lebih mikirin bahwa it happened once a year!!>>kiky pada suatu sore di PiHu,,)
Ijin dari kantor juga udah diurus,, walhasil,, harus segera menyelesaikan pekerjaan yang masih ter-pending!!!

Mana sharusnya sabtu ada Departemen Meeting lagi,, uhhhh,, udah dibuat slide nya siy yang mau dipresentasi,, tapi tetep aja,, ga konsen,, ga bisa blajar,,

I need Inspiration!!!!!

Ada yang bersedia bantu kasih semangat?? Atau kasih bocoran????
Huaaaaa,,,,,,, tinggal beberapa hari lagi,,,,,,,,