Surat Gugatan Sederhana (ContoH)

Tanjung Karang, 07 September 2007

Kepada :
Yang terhormat Bapak Ketua
Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
di_
Jakarta

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :
Asti Sri Purniyati, S.H., Advokat, berkantor di Jalan Kamboja No.3 Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung, berdasarkan surat kuasa tanggal 05 September 2007, terlampir, bertindak untuk dan atas nama :
Calak bin Apes, bertempat tinggal di Jalan Arif Rahman Hakim No.38 Sukarame, Bandar Lampung, dalam hal ini memilih tempat kediaman hukum (domisili) di kantor kuasanya tersebut diatas. Hendak menandatangani dan memajukan surat gugatan ini, selanjutnya akan disebut PENGGUGAT.

Dengan ini penggugat hendak mengajukan gugatan terhadap:
Datuk Rang Kayo bin Cekak, bertempat tinggal di Jl. Teuku Umar No.12 Jakarta Pusat, selanjutnya akan disebut TERGUGAT.

Adapun mengenai duduk persoalannya adalah sebagai berikut :
Bahwa pada tanggal 29 Agustus 2007 tergugat telah mengadakan perjanjian jual beli mobil dengan penggugat, dengan merk Toyota Alphard dengan nomor polisi B 360 LU seharga Rp. 450.000.000,- (empat ratus lima puluh juta rupiah), seperti terbukti dari perjanjian yang ditandatangani oleh Penggugat tertanggal 29 Agustus 2007 (vide bukti P-1, foto copy terlampir);

Sebagai pelaksanaan dari perjanjian tersebut diatas, Penggugat juga telah membayar Uang Panjer (Down Payment) sebagai tanda jadi sebesar 10% (sepuluh persen) dari nilai perjanjian, yaitu sebesar Rp.45.000.000,- (empat puluh lima juta rupiah) seperti terbukti dalam kwitansi tanda penerimaan uang tertanggal 29 Agustus 2007 (vide bukti P-2, foto copy terlampir);

Dalam perjanjian tersebut diatas juga disepakati bahwa pelunasan akan dilaksanakan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak ditandatangani perjanjian yaitu jatuh pada tanggal 05 September 2007;

Bahwa pada tanggal 01 September 2007, Penggugat berniat untuk melunasi harga yang telah disepakati tersebut, namun ketika Penggugat datang ke showroom milik penggugat oleh Customer Service yang pada saat itu bertugas pada Showroom milik Tergugat (Ibu Nina), mobil yang dimaksud dinyatakan telah terjual.

Ternyata pada tanggal 31 Agustus 2007 Tergugat telah tidak menepati janjinya dengan melakukan transaksi penjualan terhadap mobil sebagaimana dimaksud dengan Sdr. Tukul bin Tajir seharga Rp. 650.000.000,- (enam ratus lima puluh juta rupiah) sebagaimana terbukti dalam kwitansi tanda penerimaan uang tertanggal 31 Agustus 2007 (vide bukti P-3, foto copy terlampir);

Bahwa penggugat juga telah menyampaikan teguran secara lisan kepada tergugat, dan meminta pengembalian uang panjer (Down Payment) namun tergugat tidak mengindahkannya dan kemudian menawarkan untuk mengganti dengan kendaraan lain yang sama sekali tidak diinginkan oleh Penggugat;

Bahwa atas perbuatan tergugat yang telah cedera janji (WANPRESTASI) tersebut, sudah jelas sekali tergugat telah menghina, membohongi, tidak memiliki itikad baik dan hal tersebut sangat merugikan bagi penggugat;

Bahwa untuk kerugian tersebut, wajar penggugat meminta pengembalian uang panjer (down payment) secara utuh ditambah dengan tambahan kerugian imateriil sebesar 200% (dua ratus persen) dari uang panjer (Down Payment) yang telah disetorkan sebagai ganti rugi kepada tergugat.

Maka berdasarkan segala apa yang terurai diatas, penggugat mohon dengan hormat sudilah kiranya Pengadilan Negeri Jakarta Pusat berkenan memutuskan:

PRIMAIR :
1. Menghukum tergugat untuk membayar ganti rugi berupa pengembalian uang panjer (Down Payment) dan kerugian imateriil sebesar Rp. 135.000.000,- (seratus tiga puluh lima juta rupiah) kepada penggugat dengan seketika dan sekaligus;
2. Menghukum tergugat untuk membayar biaya perkara ini;
3. Menyatakan putusan ini dapat dijalankan lebih dahulu (uitvoerbaar bij voorraad) meskipun timbul verzet atau banding.

Apabila Majelis Hakim berpendapat lain :
SUBSIDIAIR : Dalam peradilan yang baik, mohon keadilan yang seadil-adilnya (ex acquo et bono).
Hormat kuasa penggugat,

Asti Aja decH..
(Asti Sri Purniyati, S.H.)

About these ads

73 thoughts on “Surat Gugatan Sederhana (ContoH)

  1. kakak tolong dong… saya butuh contoh surat perjanjian jual beli kendaraan dengan pengalihan kredit.
    kalo kakak bersedia membantu kirim ke email saja.

    thanks.

    • halo brow low punya contoh surat gugatan ke ptun gk?
      boleh gak gua minta cz lagi ada tugas nie/..
      salam kenal dari aryo from ternate maluku utara

  2. hallo mbak aku harry mo mnt tlng aku mo mnt cnth srt gugatan u tgs akhir smstr tlng krm ke e mail ku ya pls….

    ratutebu: loooohhh.. ini bukannya udah surat gugatan ya?? :roll:

  3. “Bahwa atas perbuatan tergugat yang telah cedera janji (WANPRESTASI) tersebut, sudah jelas sekali tergugat telah menghina, membohongi, tidak memiliki itikad baik dan hal tersebut sangat merugikan bagi penggugat;”

    Kalau boleh kasih tambahan, untuk substansi gugatan seperti di atas masih bisa diperinci lagi.

    Masih bisa diuraikan lagi WANPRESTASI itu makhluk seperti apa. Dan ada baiknya kasih rujukan dulu ke KUH Perdata (kewajiban penjual/1473-1512), sebelum diuraikan lagi (1) besarnya kerugian, (2) timbul akibat tidak dipenuhinya perjanjian/kewajiban penjual, (3) dapat dipersalahkan pada pihak lawan (mis. sudah ada teguran/aanmaning/somasi tapi tetap tidak dibayar).

    Mau tuntut ganti rugi immateriil? Tentu juga harus lebih jelas pula kerugian immateriil seperti apa, besarannya, hubungannya dengan tindakan cidera janji, kesalahan si tergugat.

    Apabila substansi sebuah gugatan jelas, akan lebih mudah bagi hakim untuk memutus berdasar keyakinan hukumnya. Bukan karena perasaan saja.

    ratutebu: terimakasih sudah melengkapiii.. :)

  4. kakak tolong carikan contoh putusan PTUN donk, mksh, saya tunggu y=)

    ratutebu: iyaaahhh.. mudah-mudahan dapet dalam waktu dekat inihhhh.. soalnyah saiia lagi lumayan sibuuukkk.. :)

  5. Tolong dong bantuin aku dalam mengatasi masalah penjualan tanah milik bersama yang dijual oleh salah satu anggota keluarga.
    Bagaimana mengguggat keluarga yang telah menjual tanah tersebut..!?
    Thanks yachh

    ratutebu: tolong lebih detail mengenai status tanah milik bersama tersebut, misalnya, atas nama siapa, status sertifikatnya, dsb.. terimakasih kembali.. :)

  6. bgmn buat surat gugatan untuk kasus tdk dibayarnya (wanprestasi) terhdp suatu perjanjian kerjasama pelaksanaan meeting yg pembayarannya hrsnya dilunasi setelah acara selesai. tetapi pihak kedua tdk mau dikarenakan adanya suatu peristiwa dimana pd saat pihak kedua melaksanakan kegiatan mrk dihtel kami terjadi peristiwa pencurian harta milik salah satu peserta pihak kedua namun telah ditangani oleh phak kepolisian.
    mohon penjelasan dan saya tunggu balasnnya

  7. hai mbak…!!
    tolong dong mbak kirimkan surat perancangan kontrak ke email aku! tolong yach mabak soalnya aku bingung bagaimana buat surat kontrak!

  8. terima kasih atas bantuannya.
    mahasiswa hukum akan lebih cerdas kalau ada bantuan dari antum. maka dari itu, kami berharap dengan sangat kepada mahasiswa hukum se indonesia agar sadar menjadi akademisi hukum, tercapainya sebuah keadilan yang hakiki.

    ratutebu: terimakasih yaaa.. :) tapi sepertinya berlebihan memujinyaa.. :oops:

  9. mbak….untuk petitumnya alangkah lebih sempurna kalo ditambah diktum “Menyatakan tergugat telah melakukan wan prestasi…..” n ditambah lagi diktum untuk permintaan sita jaminan atas harta-harta milik Tergugat…….karena repotnya kalo nanti menang kmd tergugat gak mau bayar maka hartanya yang diletakkan sita bisa dieksekusi kan….nah kalo gak ada harta yang disita tuh putusan jadi macan ompong dunk…..sukses ya mbak…..saya salut atas kreativitasnya…..g-luck…..

    ratutebu: ok, terimakasih tambahannya yaaa.. :)

  10. Mba’ yg punya blog,

    saya mohon saran format surat teguran untuk Developer yg sedang membangun rumah saya.

    tujuan nya bukan untuk meminta ganti rugi materil/moril, hanya bersifat teguran agar kualitas & tenggat waktu pengerjaan hasilnya baik.

    kasus nya karena pembangunan tertunda (sampai sekarang progress pembangunan +/- 20%) dan tidak sesuai spesifikasi yang dijanjikan Pengembang.

    Nama Pengembang : PT. Cigede Griya Permai, Perumahan Griya Alam Sentul, Bogor.
    KPR menggunakan Bank Niaga cab. Bogor,
    Tanggal akad KPR : 11 September 2008.

    Apakah surat teguran yg saya tujukan ke developer perlu saya tembuskan ke Bank Niaga?
    Efek bagi developer seperti apa?

    Terimakasih, ditunggu jawaban nya…

    ratutebu: boleh saja ditembuskan ke bank niaga sebagai bank yang melakukan pembiayaan..

  11. mbaa..
    mnta tlg contoh perjanjian jual – beli mobil dunkZZ..
    reply to my email yo.. thx

    ratutebu: okeh.. mobil bekas ato baru?? kalo dari show room si biasanya udah ada format standar nya.. dan ga bisa dirubah..

  12. mb tOlOnGin aQ dOnK,,,
    kiRimiN aQ cOntOh suRat guGatAn PTUN bsRta ConToHnya YaHHHH…
    PliSSSS,,,
    kiRiM ke AmaiL aQ yah…..

    ratutebu: lebih cepat kalo beli buku tentang PTUN.. ada kok contoh gugatan, bahkan ada jugah tahapan2nya.. jangan males baca.. *gerakan nasional gemar membaca*

  13. mba,, minta tlong dunk,, minta contoh surat gugatan kasus ekonomi syariah, ada ga? kirimin dunk..

    ratutebu: waaahhh.. belum pernah bikin yang kya gitu.. kalo mau nanti saiia pelajari dulu, tapi takes time ya saii.. gimana kalo japri ajah??

  14. mba.. definisi gugatan Primair dan subsidiar di Perdata apa??

    ratutebu: *jawab singkat ajah ya* primair itu ya gugatan yang utamanyah.. sama lah kaya kebutuhan hidup primer dan subsider.. nah.. blajar lagih yaaa.. :)

  15. akak tolong donk bantuin aye……….
    contoh surat gugatan putusan sah atau tidaknya anak……..?
    sebagai contoh seorang suami tidak mengakui bahwa anak yang dikandumg isterinya adalah darah dagingnya……..tolong buAAAAAAANGET………….

    ratutebu: hah?? bagaimana mungkin ada yang seperti itu.. nanti saiia riset dulu.. tolong via japri yaaa.. ke imel saiia sajah..

  16. tolong dong mba aku di buatin contoh surat gugatan ke pemda terkait informasi spektehnis pekerjaan yang kurang jelas,akibatnya pekerjaan jadi ngambang.

    ratutebu: waaah.. mesti dipelajari lebih lanjut nii.. via japri sajah yaaa..

  17. Mbak bisa minta tolong buatkan contoh surat perjanjian cerai dong, bukan contoh pengajuan cerai ke pengadilan loh… karena perceraianku ga bisa di urus di catatan sipil dan pengadilan karena dengan alasan agama kami katolik? paling gak kami ada surat perjanjian hitam di atas putih agar kelak tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan…Terima kasih…

  18. saya minta tolong gmn ya buat surat gugatan ke ekspedisi pengiriman barang yang dikirim ekspedisi barangnya tidak sesuai dengan surat jalan setelah dibuka ada barang yang hilang… kerugian +- 10 jt”

  19. sama seperti sebelumnya…. ada contoh surat gugatan PTUN ga? kalo ada, minta tolong dkirim ke e-mail aja… sebelumnya,trimakasih banyak ya…..

  20. hai apa khabar boleh kenalan dong, sy minta tolong kirim sama sy contoh persyaratan mengajukan gugatan kepengadilan niaga dan disertai surat kuasanya bisakan salam kenalan aja ya kalau boleh tau namanya dan no. tel, dan hpnya bisakan kita saling membantu.

  21. haloo.. saya mau tnya soal analisa PUTUSAN PTUN bsa ga ya??
    itu yang ada point final, individual, dan konkret..
    soalnya saya kurang mengerti.. TERIMA KASIH BANYAK

  22. ko ga komplit sih bentuk surat gugatannya, contohnya di ahir sebelum hormat kuasa kan ada kata-kata yang lainnya tolong ya di kasih contoh tersebut kayanya penting lo………

  23. mbak.tolong buatin surat cerai dong.saya menikah siri dgn seorang wanita.dan dia menginginkan bercerai,bingung nih buat formatnya..tolong banget ya..

  24. Lam kenal sebelumnya…saya andri. disini sy mau menolong saudara (perempuan) dikampung tuk membuatkan draf perjanjian cerai (swami tidak mungkir)dan hak atas asuh anak jtuh ke pihak wanita. bs minta tolong ga mba dibwatkan drafnya bsi di mail kealamat saya ( andriesurya12@gmail.com )…trimakasih sebelumnya..salam hangat

  25. mbak tolong buatin surat perjanjian cerai nikah sirih untuk kedua belah pihak…..karena kemarin orang yang menikahkan sirih sudah gak ada lagi….makanya saya mau buat surat resmi cerai yang di tanda tangani oleh kami berdua beserta saksi2……karena saya gak mau lagi dengan laki2 yang udah gak bertanggung jawab terhadap kedua anak saya selama saya menjadi istrinya saya merasa menderita yang kadang-kadang melakukan kekerasan dan selalu menggunakan narkoba…..selama saya pisah dia selalu meneror saya terus dan sering mengancam. anak pertma saya dibawa oleh dia dan dititipkan ma istri pertama dia sapa yang tahan mabk kalu diginiin terus saya ingin anak pertama saya kembali…….tolong mbk buatin dan kirim ke email saya makasi.

  26. sejak kapan mbak surat gugatan punya primair dan subsidair??
    itu bukannya surat dakwaan yg ada primair dan subsidair??
    mbak lulusan fakultas hukum universitas mana??
    tidak pernah sejarahnya surat gugatan meminta hakim untuk menghukum.
    karena kewenangan menghukum itu ntar sudah masu ke pidana.
    maaf mbak.

    • maaf mbak….komentar di atas di tulis oleh adik saya yang masih baru masuk kuliah di fakultas hukum,,yang belum memahami lebih lanjut mengenai masalah hukum.yang dia tahu dan dia pelajari masih sebatas itu saja.
      dia tadi lagi iseng buka laptop saya,main fb di laptop saya.
      saya tadi mau minta tolong ke mbak mengenai surat jawaban terhadap surat gugatan wanprestasi,dan dia sedang iseng membuka web2 yang sudah saya buka sebelumnya.
      sekali lagi maaf mbak..,tolong bantuannya dalam hal mengenai surat jawaban tersebut.

  27. kalau kasus di atas bukan kasus PTUN tapi kasus perdata (wanprestasi), karena objek dari PTUN adalah keputusan tata usaha negara(KATUN) dan perlu diketahui bahwa tergugat adalah pejabat atau lembaga tata usaha negara (pemerintah, seperti: dinas pertanian, rektor dll). satu lagi, ganti rugi di PTUN itu antara 250.000 dan max 5.000,- tkhaks……

  28. mba sya tertarik dengan blog ini,,,mba sya mau minta tolong dunk gmn y contoh gugatan tentang ekonomi syariah…pliz mba,,, ditungbgu bgt,,,
    mksh bgt sblum n ssudhnya low bsa kirim k email z!mksh mba

  29. Teman pengunjung semua, mohon maaf sekali, saya beberapa waktu terakhir jarang online karena satu dan lain hal.. jadi, kalo bisa, silahkan japri lewat imel saya sajah yaa.. :) terimakasih.. :D

  30. Right here is the right webpage for everyone who wants to understand this topic.
    You realize a whole lot its almost hard to argue with you (not that I
    really would want to…HaHa). You definitely put a brand new spin
    on a subject that’s been discussed for a long time. Excellent stuff, just excellent!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s